Join us in Telegram

[Voice to Text] Cara Mengubah Suara Menjadi Tulisan

Cara Mengubah Suara Menjadi Tulisan – Pernahkan Anda berpikir untuk mengerjakan tugas kuliah dengan cara yang lebih mudah. Ketika Anda menemukan sebuah buku, dan terdapat beberapa kutipan yang Anda rasa menarik untuk disimpan ke dalam bentuk teks, apa yang Anda lakukan. Untuk menyalin tulisan di buku tersebut jelas tidak bisa, karena buku media offline yang dicetak di lembaran kertas. Namun sesungguhnya Anda tetap bisa mengutip kalimat yang menarik tersebut dengan cara membacakan kalimat per kalimat menggunakan aplikasi yang akan admin bagikan kali ini. Menurut saya ini sangat berguna bagi Anda seorang pelajar atau mahasiswa ingin mempermudah pekerjaan ketika diberikan tugas oleh guru atau dosen.

Ini sebenarnya memanfaatkan layanan Speech to Text yang mana fiturnya sudah tertanam di Smartphone yang Anda pegang. Layanan ini disematkan di Pengaturan Bahasa dan Masukan yaitu Pengetikan Google Voice. Sebenarnya Anda sendiri mungkin secara tidak sadar pernah menggunakan fitur ini. Yaps, ketika anda menggunakan Google Assistant di HP, kemudian mengatakan apapun yang ingin Anda ketahui, ingin Anda cari di Google. Mekanisme kerja Aplikasi satu ini kurang lebih seperti itu. Namun lebih praktis dan bisa record voice yang panjang sekalipun. Saya sudah mencoba beberapa Aplikasi sejenis yang terdapat di Play Store, tapi tidak Anda yang seefektif dan seefisien Aplikasi ini. Penasaran apa nama Aplikasinya? Bagaimana penampakannya? Berikut langsung saja saya bagikan Cara Mengubah Suara Menjadi Tulisan langsung melalu gadget handphone Anda.

Aplikasi Transcribe

Live Transcribe & Sound Notifications adalah nama Aplikasinya atau apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Transkripsi Instan & Notifikasi Suara. Kreator dari Aplikasi ini adalah Research at Google. Sebenarnya aplikasi ini dibuat untuk membantu orang yang memiliki gangguan pendengaran untuk bisa mengerti percakapan orang-orang yang ingin berkomunikasi dengan dia. Namun karena fungsi dan manfaatnya yang sangat penting, aplikasi ini sekarang lebih banyak dimanfaatkan oleh kaum pelajar untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Cara kerja aplikasi ini yaitu mentranskripsi suara / percakapan secara real time, kemudian mengubahnya ke dalam bentuk teks. Perlu Anda ingat aplikasi ini memerlukan izin penggunaan mikrofon untuk bisa mentranskripsi suara di sekitar Anda ketika aplikasi ini digunakan. Lakukan setting ke Bahasa Indonesia dulu ya sebelum menggunakannya, itu pun kalau tulisan yang Anda baca Bahasa Indonesia. Kalau mau menggunakan Bahasa lain, bisa saja. Aplikasi ini mendukung banyak Bahasa di dunia. Berikut adalah contoh Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Voice to Text.

Aplikasi Voice to Text

Nah itu dia ulasan sedikit tentang Aplikasi Voice to Text yang terbaik untuk saat ini. Pengguna smartphone android silahkan langsung ke Play Store ya untuk mendownload aplikasinya. Untuk pengguna iOS ada aplikasi sejenis yang fungsi dan kegunaannya sama, yaitu mentranslate suara menjadi teks.

Bagikan:

Leave a Comment