Join us in Telegram

Mengenal Virus Komputer & Android yang Paling Berbahaya

Virus Komputer & HP Android yang Paling Berbahaya – Keamanan dan kenyamanan pada saat berselancar di internet adalah kebutuhan mutlak di era digital ini. Karena pada dasarnya, saat ini semua orang membutuhkan koneksi internet untuk melakukan berbagai kegiatan, baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk keperluan bisnis.

Selain untuk komunikasi, keperluan penggunaan internet telah berkembang luas untuk berbagai keperluan di berbagai bidang. Oleh karena itu, semua orang membutuhkan koneksi internet yang aman, cepat, serta stabil.

Namun disini yang perlu Anda waspadai yaitu ancaman serangan virus komputer yang semakin hari juga semakin berkembang pesat dan membuat resah. Semakin banyak virus-virus baru bermunculan.

Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi para developer untuk membuat antivirus yang benar-benar bisa membasmi semua virus yang menyerang komputer. Korban-korban virus pun makin hari semakin bertambah saja.

Dari tadi saya telah menyampaikan tentang virus, bahaya virus, dan korban-korban virus, tapi saya sama sekali belum menjelaskan apa sih virus itu. Saya sendiri yakin jika Anda sering mendengar tentang virus karena banyak orang yang sudah membicarakan tentang virus ini. Tetapi jangan sampai Anda membayangkan jika virus komputer ini sama dengan virus yang menyerang tubuh manusia.

Virus komputer sama sekali tidak ada hubungannya dengan virus yang menyerang tubuh manusia karena virus komputer tidak bisa menginfeksi manusia, begitu juga sebaliknya.

Apa itu Virus Komputer?

Virus komputer merupakan sebuah program atau aplikasi yang dapat menyusup pada sistem komputer yang bertujuan untuk mengubah merusak, menghapus data, dan mengganti program komputer tersebut.

Jadi, virus komputer itu hanyalah sebuah program. Sebuah program seperti Microsoft Word, Excel, Photoshop, CorelDraw, dan lain sebagainya. Bedanya virus itu program jahat, program yang merusak, program untuk mencuri dan memang diciptakan untuk tujuan yang jahat.

Siapa yang Membuat Virus?

Siapa saja bisa membuat virus. Siapa saja yang mengerti bahasa pemrograman bisa menciptakan virus karena virus dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Seseorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman sedikitpun bisa juga membuat virus. Nanti saya akan tunjukkan cara membuat virus yang mematikan tapi membuatnya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Alasan mengapa Virus dibuat?

Orang menciptakan sebuah virus bisa karena iseng, bisa juga untuk balas dendam, tujuan untuk mencuri data, karena ingin tampil keren, dan alasan lainnya.

Jadi, virus adalah sebuah program kecil yang fungsinya memang merusak. Virus komputer dapat menyebarkan dirinya sendiri di dalam sistem komputer dengan cara menggandakan diri, mengopi, mengubah, meniru program, data, dan lain sebagainya.

Apa Perbedaan Virus Komputer dengan Virus Android?

Perbedaan Virus Komputer dengan Virus HP
Virus Komputer vs Virus Android

Pada dasarnya sama saja, karena tujuan diciptakannya virus komputer dan virus android sama-sama bertujuan untuk merusak, mencuri. menghapus data, dan tujuan jahat lainnya.

Yang membedakan virus komputer dengan virus android hanyalah ekstensinya saja. Jika virus komputer adalah sebuah program yang ekstensinya adalah (.exe) sedangkan jika virus android ya ekstensinya sama seperti aplikasi android lainnya yaitu (.apk).

Perlu Anda ketahui bahwa virus komputer dan virus android ini ada yang mudah dideteksi, dan ada yang cukup sulit untuk dideteksi. Pada dasarnya, virus ini menyusup di dalam sistem, sehingga terkadang seseorang tidak akan menyadari bahwa komputer atau ponsel androidnya terkena virus.

Virus komputer dan virus android memiliki kemampuan untuk menggandakan diri sehingga memori komputer dan android yang telah terinfeksi menjadi cepat penuh kemudian tiba-tiba error, hang, loading lama, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa keburukan yang disebabkan oleh virus:

  1. Merusak sistem komputer dan android.
  2. Menjadikan laptop dan PC menjadi lelet.
  3. Menjadikan android lemot dan banyak iklannya.
  4. Merusak, menyembunyikan, dan mencuri data kita.
  5. Dan banyak lagi efek buruk lainnya.

Virus Trojan

Virus Trojan Paling Berbahaya
Virus Trojan Paling Berbahaya

Pernah menonton film Troy? Di film tersebut memperlihatkan para penyusup masuk ke dalam istana kemudian menghancurkan semuanya. Istilah Trojan Horse (Kuda Troya) berasal dari mitologi Yunani pada saat perang Troya. Dalam peperangan tersebut pasukan Yunani melawan pasukan kerajaan Troya. Pasukan Yunani telah mengepung kota Troya selama sepuluh tahun, namun karena pasukan kerajaan Troya cukup tangguh, maka pasukan Yunani sulit mengalahkannya. Akhirnya, pasukan Yunani membuat strategi yaitu dengan membuat sebuah kuda raksasa yang terbuat dari kayu.

Kuda dari kayu ini cukup unik, di dalamnya berongga sehingga dapat diisi pasukan Yunani. Pasukan Yunani pura-pura mundur dan sambil memberikan hadiah kuda kayu raksasa tersebut. Dengan bantuan seorang spionase Yunani yang bernama Sinon, penduduk kota Troya berhasil diyakinkan untuk menerima kuda kayu raksasa itu dan memasukkannya ke dalam kota. Pada malam harinya, pasukan Yunani yang berada di dalam kuda kayu keluar, kemudian membuka gerbang dan kota Troya diserang. Dengan cara tersebut kota Troya dapat dikuasai oleh Yunani. Jika penasaran dengan cerita ini maka penulis sarankan nonton film Troy.

Kisah tersebut telah mengilhami para hacker untuk menciptakan “penyusup” ke komputer orang lain yang disebut dengan Trojan Horse. Trojan pada saat ini berkaitan dengan masalah keamanan komputer yang cukup serius. Trojan dapat masuk ke komputer dengan melalui beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang dapat dipercaya di internet atau dari orang lain.

Seperti halnya virus, jumlah Trojan yang semakin lama semakin bertambah banyak, karena hacker atau pembuat program Trojan (programmer) yang selalu bereksperimen untuk mengembangkannya. Trojan tidak mempunyai masa aktif, maksudnya Trojan akan ada selamanya (bersarang) dan tidak pernah akan habis. Ada banyak hal yang dapat dikembangkan oleh programmer agar program yang dibuat tidak terdeteksi oleh unti-virus atau Trojan scanner. Programmer akan selalu bereksperimen untuk menciptakan Trojan yang unik dengan fungsi fungsi baru dengan metode enkripsi yang lebih hebat.

Secara teknis. Trojan dapat muncul di mana saja dan kapan saja, di sistem operasi dan platform mana pun. Kecepatan peredaran Trojan secepat virus. Secara umum Trojan berasal dari program-program yang didownload dari internet, terutama program gratis, keygen, crack, dan patch yang mencurigakan.

Intinya, jika sebuah komputer atau laptop sudah terinfeksi oleh Trojan dan telah dikendalikan oleh penyerangnya, maka beberapa kemungkinan dapat terjadi, antara lain:

  • menghapus file,
  • mengirim dan mengambil file,
  • menjalankan program-program aplikasi,
  • mengintip program-program yang sedang dijalankan, menutup program-program yang dijalankan,
  • melihat apa saja yang sedang diketik,
  • membuka dan menutup CD-ROM drive,
  • mengirim pesan dan mengajak untuk bicara (chat), dan
  • mematikan komputer.

Di dalam buku ini, saya tidak akan menjelaskan dan mempraktikkan cara membuat Trojan. Saya hanya mempraktikkan cara membuat virus sederhana. Jika Anda memang penasaran dan kepo cara membuat Trojan, silakan baca buku yang berjudul Kitab Hacker. Di dalam buku Kitab Hacker ini telah dijelaskan cara membuat berbagai Trojan sekaligus menjelaskan obat penawarnya. Buku Kitab Hacker juga diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo. Silahkan Anda download melalui link button di bawah.

Media Penyebaran Virus

Ada beberapa media yang biasanya sangat disukai virus beserta komplotannya untuk menyebarkan dan menggandakan dirinya, sebagai berikut:

Internet

Internet merupakan sumber informasi, banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan adanya internet. Tapi, tahukah Anda kalau internet juga merupakan media tempat virus menyebar? Banyak situs-situs di internet yang disisipi virus dan trojan.

Hindari berkunjung ke situs-situs yang berbau pornografi, situs underground, situs penyedia download APK gratis, dan lain-lain.

Pertukaran disk

Pada media yang kedua ini banyak sekali macamnya, seperti flashdisk harddisk eksternal, memory card, dan lain-lain. Mudah sekali virus menyebarkan dirinya melalui media yang kedua ini. Jadi, selalu scan dahulu jika ingin menggunakan perangkat USB seperti Flashdisk.

File Download

Semua yang gratis memang menyenangkan, apalagi yang berlabel gratis. Tapi mulai sekarang berhati-hatilah saat mendownload sesuatu di internet, karena banyak sekali file-file yang Anda download itu disisipi virus, seperti gambar, mp3, video, dan paling banyak adalah program gratisan.

E-mail Attachment

E-mail attachment merupakan file yang biasanya disisipkan ke dalam e-mail. Berhati-hatilah jika Anda sering mendapatkan attachment (file sisipan) dalam e-mail Anda.

Warnet/Lab Komputer

Teliti dan cek dahulu pada komputer warnet ataupun lab komputer. karena kebanyakan pada tempat-tempat tersebut sangat rawan virus. Bentengi selalu flashdisk atau perangkat USB Anda secara maksimal (cara membentengi perangkat USB akan dijelaskan lebih detail pada bab selanjutnya).

Program Bajakan

Sudah penulis singgung sebelumnya bahwa program berlabel gratis (bajakan) memang menyenangkan, murah, dan gampang didapatkan. Tetapi, silakan tanggung sendiri segala resikonya.

Ciri-ciri komputer yang Terkena Virus

Berikut ini ciri-ciri komputer yang biasanya telah terjangkit dan terinfeksi oleh virus

Sering Muncul Pesan Aneh

Saat kita bekerja dengan komputer, tiba-tiba muncul pesan aneh yang biasanya tidak pernah muncul sama sekali. Ini jelas sekali, tanda-tanda bahwa komputer kita kemungkinan terkena virus.

Sistem Melambat

Jika sistem komputer kita tiba-tiba melambat, maka kita harus berhati hati karena bisa jadi komputer kita terkena serangan virus.

Proses awalnya biasanya ditandai dengan melambatnya kinerja komputer. Jadi, jika suatu saat kita bekerja dengan suatu program dan program tersebut berperilaku tidak seperti biasanya, misalnya prosesnya menjadi lambat, maka kita boleh curiga, kemungkinan komputer kita terinfeksi virus.

Terdapat File-File Baru

Tiba-tiba saja kita menemukan file-file baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Apakah file itu berbentuk .exe ataupun teks biasa. Juga dengan nama sembarang ektension, misalnya doc, txt, scr, dan lain-lain. Jadi, selalu waspada terhadap file-file baru.

Muncul Kejadian Aneh

Kejadian aneh misalnya saat kita membuka program-program pengatur sistem windows, seperti regedit, msconfig, atau task manager. Tiba-tiba saja komputer menjadi macet atau restart sendiri. Padahal sebelumnya tidak pernah terjadi keanehan seperti itu. Atau tampilan desktop tiba-tiba menjadi kacau (misalnya menu Start hilang, taksbar hilang, shortcut hilang, dan lain-lain),

Pengaturan Program Berubah

Pengaturan program berubah dengan sendirinya, misalnya Folder Options pada Explorer tiba-tiba hilang.

Bagikan:

Leave a Comment