Cara Mengubah Video Youtube ke Teks
Tips & Trik

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks

Youtube adalah platform streaming video online yang paling banyak digunakan oleh warganet di dunia. Saat ini popularitas Youtube sama sekali belum ada yang bisa menandingi, walaupun ada beberapa situs streaming video lain yang mencobanya. Hal ini dikarenakan Youtube memiliki beberapa kelebihan-kelebihan yang yang membuat nya unggul dan telihat profesional. Semua kreator konten di Youtube dapat menggunakan layanan nya secara gratis, mulai dari upload video tanpa batas hingga monetize channel di akun Youtube mereka.

Setiap video Youtube yang Anda tonton, tentu ada suaranya bukan? Yang namanya video Youtube tidak akan menarik apabila hanya menampilkan visual saja tanpa audio. Namun pernahkan Anda berpikir untuk bisa mengubah video Youtube menjadi teks. Dapat saya lebih perjelas disini yaitu membuat rangkuman / resume dari video Youtube yang Anda tonton.

Saya rasa ini sangat diperlukan bagi Anda yang masih menimba ilmu di sekolah maupun perkuliahan. Saat ada tugas dari dosen untuk membuat resume dari video Youtube, Anda tidak perlu lagi capek-capek untuk mendengarkan video tersebut dari awal sampai akhir, lalu menuangkannya ke dalam tulisan tangan ataupun ketikan MS Word. Cukup dengan ikuti saja langkah-langkah Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks Tanpa Aplikasi yang akan saya bagikan kali ini, permasalahan Anda akan segera teratasi

Sesungguhnya ada banyak sekali Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks yang dapat Anda lakukan. Salah satunya yang pernah saya share sebelumnya yaitu menggunakan aplikasi Transcribe untuk bisa mengubah suara menjadi teks. Ternyata cara itu masih belum bisa dikatakan praktis, karena Anda akan memakan waktu mengabiskan menonton video Youtube sembari menggunakan aplikasi tersebut untuk trankripsi ke dalam bentuk teks.

Nah pada kesempatan kali ini, Anda tidak perlu lagi menonton video Youtube dari awal sampai akhir untuk bisa merubah suara di dalam video tersebut menjadi tulisan teks. Baik supaya menghemat waktu, berikut langsung saya bagikan Triknya kepada Anda.

Cara Merubah Video Youtube Menjadi Teks di Laptop dan Android

  1. Pertama silahkan Anda cari video Youtube yang ingin Anda transkrip menjadi tulisan teks. Anda bisa menggunakan aplikasi Youtube ataupun browser di Laptop Anda.
  2. Salin URL video Youtube tersebut ke dalam clipboard
    Salin URL Video Youtube
  3. Silahkan Anda buka situs berikut: Anthiago
  4. Tempel URL video yang telah Anda salin ke dalam kolom yang disediakan
    Membuat Rangkuman Resume Video Youtube
  5. Klik tombol Transkrip. Tunggu beberapa saat hingga proses transkrip video selesai
  6. Scroll ke bawah dan lihat hasilnya. Seluruh teks yang diucapkan di dalam video Youtube akan tampil secara otomatis dengan cepat tanpa ribet.
    Video Youtube ke Teks
  7. Silahkan Anda salin teks hasil transkrip video Youtube tersebut

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks yang saya bagikan kali ini dapat Anda terapkan melalui HP Android maupun Laptop. Menurut saya cara ini adalah cara merangkum video Youtube yang paling powerfull saat ini, karena dilakukan secara otomatis dan juga tanpa aplikasi tambahan. Selain video Yuotube, tools dari Anthiago ini juga bisa transkrip video dari sumber lain juga ya guys, seperti TED Talks, video wawancara, dan kelas.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

One Reply to Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Teks

  1. Ini sebenernya yg diambil subtitlenya,jadi kalo videonya gaada subtitlenya gabisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *