Join us in Telegram

Cara Upload IGTV di Instagram Lebih dari 1 Menit

Instagram sebagai salah satu media sosial paling populer telah lama mendukung konten video. Namun sayangnya platform ini tidak memberi banyak pilihan seperti Facebook atau Youtube dan salah satu batasan terbesar pada konten video di Instagram adalah masalah durasi video yang dapat di upload. Anda tidak dapat mengupload atau memposting video yang berdurasi lebih dari 60 detik di feed Instagram.

Karena situasi yang tidak menguntungkan terhadap pengguna itu maka pada tahun 2018 Instagram meresponnya dengan meluncurkan IGTV, sebuah platform baru untuk berbagi video yang berdurasi panjang secara vertikal.

Mungkin Anda salah apabila mengira IGTV tidak dapat mengupload video berdurasi di atas 1 menit karena durasi maksimal video pada IGTV saat ini adalah 60 menit. Sengaja saya memberi judul Cara Upload IGTV di Instagram Lebih dari 1 Menit pada artikel ini sebagai bahan koreksi terhadap kesalahan informasi yang Anda terima.

Karena Anda telah sampai ke artikel ini dan masih kurang informasi seputar platform IGTV ini jadi sebagai tuan rumah yang baik tentunya saya akan memperkenalkan Anda lebih jauh tentang IGTV.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Apa itu IGTV?

IGTV adalah sebuah fitur dalam aplikasi Instagram yang memungkinkan video berdurasi panjang dapat di unggah dan dibagikan di Instagram. Awalnya IGTV ini diperuntukkan bagi pengguna smartphone.

Itu kenapa di paragraf sebelumnya saya mengatakan bahwa pada awal peluncuran IGTV, platform ini hanya mendukung video vertikal. Namun, pada Mei 2019 Instagram menambahkan fitur baru pada IGTV yang mulai dapat mendukung video secara horizontal atau landscape.

Kelebihan IGTV

Kelebihan IGTV dibandingkan dengan feed atau story pada Instagram yang paling menonjol tentunya adalah durasi videonya lebih panjang. Seperti yang Anda tahu, video pada feed Instagram dibatasi hanya 1 menit dan Instagram Story hanya 15 detik.

Selain itu, ada beberapa kelebihan lain dari IGTV salah satunya tanpa iklan. Anda tidak akan menemukan iklan yang ditampilkan pada konten di IGTV baik itu sebelum, selama atau sesudah memutar video yang akan membuat nyaman pengguna untuk membuka video di IGTV.

Cara Upload IGTV di Instagram

Cara Upload IGTV di Instagram

Apabila Anda ingin mulai menggunakan IGTV maka saya akan memberi panduan pada Anda bagaimana cara upload IGTV di Instagram. Namun sebelum itu, pastikan video yang Anda buat sudah sesuai dengan durasi yang telah ditentukan oleh IGTV yakni minimal 15 detik dan maximal hingga 60 menit tergantung dari akun Instagram Anda.

Di awal-awal sebaiknya gunakan video yang berdurasi dibawah 15 menit. Untuk lebih jelasnya masalah spesifikasi video ini saya akan menjelaskannya pada bagian akhir artikel ini.

Anda dapat membagikan video di IGTV melalui aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV khusus. Namun pada dasarnya kedua aplikasi ini hampir sama dalam hal pengalaman pengguna. Berikut cara posting video di IGTV:

1. Unggah Video Anda

Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda lalu masuk ke IGTV dengan cara klik IGTV pada sudut kiri atas layar ponsel Anda. Pada halaman utama IGTV klik tanda (+) yang akan membuka galeri pada ponsel Anda untuk memilih video yang akan di upload. Perhatikan, video apa pun yang durasinya tidak sesuai dengan ketentuan IGTV akan berwarna abu-abu dan itu artinya Anda tidak bisa mengupload video tersebut di IGTV.

2. Judul dan Deskripsi

Apabila sudah memilih video sesuai dengan ketentuan yang dapat di upload di IGTV, tambahkan judul dan deskripsi tentang video Anda. Nantinya judul tersebut akan tampil pada bagian atas video IGTV Anda setelah diposting. Klik judul tersebut untuk membuat deskripsi pada video Anda.

3. Pengaturan Video

Apabila Anda ingin video IGTV tampil pada feed Instagram Anda juga maka aktifkan Post a Preview. Setelah itu maka otomatis menit pertama video IGTV Anda akan tampil di profil dan feed di Instagram Anda dengan sebuah tautan yang mengarahkan pemirsa atau follower Anda menuju ke video lengkap Anda di IGTV. Namun ingat, opsi ini hanya tersedia untuk video yang berdurasi lebih dari 1 menit yang Anda upload.

Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan Show on Facebook untuk menbagikan video Anda ke halaman Facebook.

4. Posting Video

Setelah selesai mengatur video, klik Posting untuk menerbitkan video IGTV Anda. Setelah diterbitkan maka follower Anda dapat menyukai, mengomentari atau membagikan IGTV yang Anda upload.

Spesifikasi Video

Untuk menambah informasi Anda maka saya akan jelaskan secara detail tentang durasi dan format video yang dapat Anda upload di IGTV.

Format Video IGTV

  • Format video MP4
  • Vertikal (9:16) atau Horizontal (16:9)
  • Video persegi akan dipangkas ke pemutar vertikal atau horizontal dan sebagian akan terpotong secara otomatis.
  • Batas ukuran video 650 MB untuk video dibawah 10 menit.
  • Batas ukuran 3,6 MB untuk video hingga 1 jam.
  • Kecepatan frame video minimal 30/detik.
  • Resolusi minimal 720 pixel.

Durasi Video IGTV

  • Durasi video minimal 15 detik.
  • Durasi maksimal bervariasi hingga 60 menit tergantung akun yang digunakan.

Foto Sampul

Untuk foto sampul atau cover video yang disarankan adalah 420 x 654 pixel.

Oke, sampai di sini pasti Anda sudah paham bagaimana cara upload IGTV di Instagram dan tidak perlu lagi mencari informasi bagaimana cara upload IGTV di Instagram lebih dari 1 menit. Apabila Anda mengalami kendala selama proses mengupload video di IGTV silahkan beritahu saya pada kolom komentar.

Bagikan:

Leave a Comment