Join us in Telegram

Cara Upload GIF ke Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini dengan 1 miliar lebih pengguna yang rata-rata di dominasi oleh kaum muda. Instagram mengalami perkembangan seperti saat ini tidak lepas dari peran Facebook yang mengakuisisi Instagram pada tahun 2012 dengan transaksi 1 milliar dollar AS pada saat itu. Apalagi semenjak terhubungnya kedua media sosial ini secara tidak langsung membuat Instagram kian populer.

Selain peran Facebook yang membuat Instagram makin populer, pada dasarnya media sosial ini memang luar biasa keren dimana Anda dapat langsung berbagi apa yang saat ini Anda lakukan dalam bentuk video maupun gambar kepada orang lain (Follower) dari seluruh dunia.

Namun sayangnya hingga kini tidak ada petunjuk atau panduan resmi cara upload GIF ke Instagram Stories maupun Instagram Feed dari pihak developer layaknya seperti di Facebook dan Twitter membuat sebagian penggunanya kebingungan. Padahal GIF merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna media sosial diberbagai platform lain.

Apa itu GIF?

Sebelum lanjut memberi panduan cara upload GIF di Instagram saya akan sedikit menjelaskan apa itu GIF dan digunakan untuk apa fitur tersebut.

GIF (Graphical Interchange Format) adalah sebuah format gambar yang ditemukan oleh Steve Wilhite pada tahun 1987. Steve Wilhite merupakan seorang penulis/pengembang software asal USA yang saat itu sedang mencari cara untuk menganimasikan gambar dalam bentuk ukuran file terkecil. Singkatnya, GIF merupakan serangkaian gambar atau video tanpa suara yang akan terus berulang dan tidak mengharuskan seseorang untuk menekan tombol untuk memutarnya.

Baca Juga: Cara Membuat Stiker WA dari Video GIF

GIF biasanya digunakan oleh orang untuk menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan maksud mendapat perhatian. Belakangan GIF menjadi sangat populer untuk berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan menyisipkan gambar atau video yang lucu dalam sebuah GIF.

Cara Upload GIF ke Instagram Stories / Feed / Post

Cara Upload GIF di Instagram

Untuk mengupload GIF di Instagram tidak serumit apa yang Anda bayangkan, bahkan saya bisa bilang ini merupakan hal mudah. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuat GIF. Oleh karena itu hanya dalam beberapa langkah nantinya Anda sudah bisa membuat dan upload GIF di Instagram.

Berikut cara upload GIF di Instagram hanya dalam beberapa langkah:

1. Install Aplikasi GIPHY

Sebelum sampai ke cara upload GIF di Instagram, hal pertama yang Anda lakukan adalah menginstall aplikasi GIPHY. Aplikasi ini diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2020 dan telah di download lebih dari 50 juta kali di Play Store. Aplikasi ini merupakan sebuah library yang di dalamnya terdapat ribuan GIF dan stiker siap pakai untuk digunakan yang dapat Anda sortir sesuai kategori. Jadi Anda tidak perlu buang-buang waktu untuk membuat GIF dari nol. Namun apabila Anda ingin membuat GIF sendiri, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat GIF.

GIPHY tersedia dalam bentuk dektop dan aplikasi yang bisa Anda download di Play Store maupun AppStore apabila Anda menggunakan iOS. Jika ingin menggunakan versi dekstopnya, Anda bisa langsung website resminya giphy.com

2. Daftar atau Masuk dengan Facebook

Setelah menginstall aplikasi GIPHY di hp Anda, login ke aplikasi GIPHY menggunakan Facebook Anda. Dengan menghubungkan Facebook ke aplikasi GIPHY akan memudahkan Anda saat akan mengupload GIF langsung ke Instagram atau Facebook.

Walaupun Anda juga tetap bisa masuk menggunakan email namun tetap disarankan menggunakan Facebook untuk login.

3. Cari GIF yang ingin Anda Upload

Jika sudah login ke aplikasi GIPHY, Anda dapat mencari atau menelusuri GIF terbaru atau populer yang digunakan orang-orang di beranda aplikasi ini. Anda juga dapat mencari GIF dengan memasukkan kata kunci tertentu pada pencarian di aplikasi ini.

Pilih kata kunci berdasarkan aktivitas, suasana hati, acara TV atau karakter populer untuk mencari GIF yang sesuai kebutuhan Anda. Jika sudah menemukan GIF yang paling sesuai, Anda bisa langsung mengupload GIF tersebut langsung di Instagram atau membagikannya ke Facebook, Facebook Messenger, WhatsApp, Twitter, Snapchat, dll.

4. Upload GIF di Instagram

Untuk mengupload GIF di Instagram, berikut caranya:

  • Klik GIF yang ingin Anda upload, setelah itu pilih icon pesawat kertas yang berada dibawah GIF.
  • Setelah mengetuk icon tersebut, nantinya akan membuka pilihan berbagi di mesia sosia. Klik icon instagram yang akan membuka akun Instagram Anda secara otomatis.
  • Pada tahap ini Anda diberi dua opsi, menambahkan GIF pada feed Instagram atau menambahkan GIF pada story di Instagram Anda.
  • Jika memilih Feed, maka GIPHY akan memposting GIF dengan format mp4 berdurasi 15 detik ke Feed Instagram Anda.
  • Jika memilih Story, maka GIPHY akan memasukkan GIF dengan format mp4 berdurasi 15 detik ke halaman pembuatan Story di Instagram Anda.

Sekarang Anda sudah bisa mengupload GIF di Instagram dan pastinya cukup mudah melakukan hal itu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Demikian artikel cara upload GIF di Instagram kali ini. Apabila menemui kendala, Anda bisa memberitahukan ke saya melalui kolom komentar.

Bagikan:

Leave a Comment