TIPS JAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN

TIPS JAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN

caileak.com – TIPS JAGA KESEHATAN DI MUSIM HUJAN – Masa transisi adalah seperti sekarang ketika tubuh paling rentan terhadap penyakit. Influenza, batuk, sesak napas, pilek, pilek, penyakit kulit, demam berdarah dan masih banyak lagi penyakit yang biasa terjadi di musim hujan. Jika Anda memiliki penyakit, tentu saja tubuh Anda akan menjadi sakit, dan ini akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Penyakit yang terjadi pada musim hujan sangat berbahaya tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga bagi anak-anak. Menurut Kementerian Kesehatan, musim hujan merupakan peluang bagi mikroorganisme yang membuat orang sakit. Nah, masuknya mikroorganisme tersebut bisa dicegah dengan cara meningkatkan imunitas tubuh. Bagaimana cara agar tubuh tetap fit saat musim hujan tiba?

Menjaga Pola Makan

Nutrisi adalah aspek penting dari daya tahan. Kekurangan nutrisi melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memudahkan patogen untuk menyerang dan berkembang biak. Untuk asupan makanan yang cukup, Anda perlu menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi karbohidrat, lauk pauk, sayur, buah dan minuman.

Menurut Kementerian Kesehatan, frekuensi makan pagi, siang, dan malam tetap harus diperhatikan. Sarapan menjadi prioritas utama karena memenuhi 15-30% kebutuhan nutrisi harian Anda.

Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi probiotik seperti tahu, tempe, dan yogurt untuk menghindari infeksi seperti influenza dan diare.

Mengkonsumsi probiotik membantu menjaga usus Anda bekerja dengan baik bersama dengan sistem pencernaan Anda. Sementara itu, sebaiknya konsumsi minuman hangat dan vitamin C untuk menjaga stamina.

Asupan vitamin C secara teratur memastikan kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya membantu meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Seringkali orang mengabaikan konsumsi air di musim hujan, karena udara yang dingin, rasa haus berkurang, sehingga seringkali konsumsi air sangat berkurang. Namun nyatanya, kebutuhan akan kelembapan tubuh tetap sama baik di musim kemarau maupun musim penghujan. Jangan berpikir bahwa Anda hanya minum air saat haus, tetapi pikirkan bahwa semua makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda membutuhkan banyak cairan tubuh agar dapat dicerna dengan baik. Penyiraman yang cukup juga dapat meningkatkan ketahanan. Jadi, pastikan Anda minum setidaknya 1,5 liter cairan sehari. Jika Anda bosan minum air putih, minum teh hangat atau air jahe akan menghangatkan Anda.

Pastikan untuk Selalu ‘Higienis’ Setiap Hari

Di musim hujan, kuman dan bakteri lebih leluasa berkembang biak karena kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, tangan merupakan sarana paling umum masuknya kuman dan kuman ke dalam tubuh, seperti makan makanan dengan tangan atau menyentuh organ lain dengan tangan, secara tidak sadar memindahkan lebih banyak kuman dan kuman ke tubuh melalui tangan. Jadi, biasakanlah untuk selalu mencuci tangan setiap kali masuk rumah, saat menyentuh barang atau benda, sebelum dan sesudah makan, dan setelah menyentuh toilet, agar selalu menjaga kebersihan diri. Karena toilet merupakan salah satu tempat yang kaya akan bakteri. Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman dan bakteri di tangan, jadi cucilah tangan dengan sabun antiseptik untuk membunuh bakteri di tangan.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Anda juga harus memperhatikan kebersihan area tersebut. Bersihkan lingkungan di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri berkembang biak. Misalnya, pikirkan tentang mengubur atau membakar sampah, membuat lubang tempat menampung air hujan, menyumbat waduk, dan memotong cabang dan rumput yang terlalu rindang. Lingkungan yang teduh, lembab, dan kotor menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.

Segera Mandi Setelah Kehujanan

Penyakit ini mudah terjadi ketika tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, jika tubuh Anda basah akibat hujan, sebaiknya segera mandi dan keramas untuk menstabilkan suhu dingin akibat hujan. Dengan pengeringan, suhu tubuh berangsur-angsur kembali normal.

Memakai Baju Hangat/Tebal

Pakaian yang Anda kenakan saat musim hujan juga memengaruhi kesehatan Anda. Hindari pakaian tipis dan transparan, terutama di luar ruangan. Sweater atau sweater yang tebal dan hangat melindungi tubuh Anda dari udara dingin di musim hujan. Dan tentunya jangan lupa membawa payung atau jas hujan di dalam tas!

Olah raga

Olahraga itu sederhana dan mudah, tetapi memiliki banyak manfaat. Latihan fisik selama tiga puluh menit dapat mengaktifkan sel darah putih. Sel darah putih memberikan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap area tubuh yang menderita peradangan. Latihan harus dilakukan tidak hanya di luar rumah tetapi juga di dalam ruangan. Jadi meski hujan, Anda bisa berolahraga.

Perhatikan Pola Tidur

Udara segar saat musim hujan bikin ngantuk. Tapi jangan pernah mengabaikan rasa kantuk ini. Istirahat dan tidur yang cukup, tetapi jangan terlalu banyak. Tidur terlalu banyak akan melemahkan tubuh dan membuat otot menjadi kaku. Selain itu, hindari begadang atau begadang di malam hari. Tidur yang cukup dapat memulihkan stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan Anda cukup tidur di malam hari.

Berikut beberapa tips untuk meminimalisir risiko gangguan kesehatan saat musim hujan tiba. Mungkin memenuhi syarat!