Cara Membuat Tab Kategori / Topik di Google News

Cara Membuat Kategori di Google News

Bagi Anda yang sudah diapprove oleh Google News mungkin ada beberapa hal yang sesungguhnya bukan suatu permasalahan yang berarti sih yang menyangkut di pikiran Anda. Salah satunya yaitu bagaimana cara menambakan label topik di menu tab Google News situs Anda. Karena secara default Anda hanya akan menemukan daftar artikel yang telah terpublish saja tanpa adanya menu kategori yang dapat mempermudah pengunjung untuk mengklasifikasi konten di situs Anda.

Tab Kategori / Topik juga selain mempercantik tampilan halaman Google News Anda, ini juga membantu mempercepat proses pengindeksan dan memperkuat backlink artikel yang berada di masing-masing kategori website Anda. Karena saya pribadi merasakan betapa dahsyatnya efek dari Google News terutama dalam mempercepat indeks artikel yang dipublikasi ya guys. Hanya dalam hitungan menit artikel yang baru saja saya posting langsung terindeks di mesin pencari Google.

Oiya sebelum berangkat lebih jauh lagi, Tab Kategori / Topik di Google News yang saya maksud seperti yang ada pada gambar berikut ya guys.

Label Kategori Google News
Label Kategori Google News

Pada saat Anda pertama kali daftar situs di Google News, biasanya Anda hanya menambahkan RSS Feed halaman beranda saja bukan. Misalnya https://caileak.com/feed. Sesungguhnya dengan saya berikan petunjuk seperti itu pasti ada beberapa dari Anda yang langsung cun. Apa ya itu, hahahaha. Yaps, kuncinya adalah url RSS Feed halaman beranda dan kategori situs Anda.

RSS feed adalah sebuah file berformat XML yang digunakan untuk sebuah situs web atau blog yang digunakan untuk membaca konten dari sebuah website tanpa perlu membuka website tersebut di browser. RSS Feed yang biasanya Anda ketahui hanyalah Feed dari halaman beranda saja seperti yang sudah saya contohkan di atas, padahal kategori di situs Anda juga memiliki RSS Feed.

Berikut beberapa contoh RSS Feed dari kategori situs Anda.

  • https://caileak.com/category/tips-trik/feed
  • https://caileak.com/category/tutorial/feed
  • https://caileak.com/category/blogging/feed

Yang perlu Anda lakukan disini yaitu mengumpulkan RSS Feed kategori / topik yang ingin Anda tampilkan di Tab menu halaman Google News. Apabila Anda memiliki banyak kategori saya menyarankan hanya menambahkan 5 kategori utama saja ya guys. Jika Anda menggunakan sub-kategori mending tidak usah ditambahkan ke dalam Tab menu.

Cara Menambahkan Label Topik di Google News

  1. Silahkan Anda buka dan login ke akun Publisher Center
  2. Pilih kotak menu Google News > lalu pilih Edit
  3. Pilih tab Content settings yang berada di sebelah kanan tab General
    Content Settings Gnews
  4. Pada menu Sections, silahkan Anda klik button “+ New section” > lalu pilih Feed
  5. Lengkapi kolom menu yang tampil, mulai dari Section title, RSS Feed URL, dan View access setting ke Anyone. Lalu klik tombol Add
    Add Feed Gnews
  6. Lakukan hal yang sama dengan kategori / topik lain yang ingin Anda tambahkan
  7. Lakukan Refresh pada halaman feed yang telah Anda tambahkan tadi agar konten yang ada di dalam kategori menjadi terupdate
    Refresh Gnews
  8. Jika dirasa sudah cukup, silahkan simpan pengaturan Anda dengan klik tombol Save di pojok kanan atas

Baik itulah Cara Membuat Tab Kategori / Topik di Google News semoga bermanfaat bagi Anda yang belum mengetahui caranya ya. Oiya sekedar curhatan saja guys, saya sangat senang situs bisa diterima oleh Google News hanya dengan waktu 2 (dua) hari. Namun ada hal yang membuat saya tidak merasa puas, yaitu pencarian situs tidak muncul pada Tab Berita / News Google. Setelah saya mencoba mencari jawabannya mengapa situs tidak muncul di Tab Berita padahal sudah diterima oleh Google News. Jawabannya adalah karena adanya perubahan kebijakan Google pada bulan Desember 2019. Situs yang berhasil diterima sebelum Desember 2019 bagiamana pun isi kontennya tetap bisa tampil pada Tab Berita mesin pencari Google, sedangkan bagi mereka yang diterima tahun 2020 ke atas, artikel tidak akan muncul di Tab Berita, hanya muncul di halaman resmi Google News.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X