Cara Menggunakan System Restore Windows 10
Tutorial

Cara Menggunakan System Restore Windows 10

Sebagai pengguna PC atau Laptop yang menggunakan Windows 10, sangat penting bagi Anda untuk tahu cara menggunakan system restore Windows 10 karena Anda tidak akan pernah tahu kapan PC Anda mendapat masalah hingga membuatnya sulit untuk digunakan lagi.

Biasanya jika itu yang terjadi, di sinilah peran system restore yang akan membantu dalam memulihkan PC atau laptop Anda dalam waktu singkat.

Namun apa sebenarnya System Restore itu? Kapan waktu yang tepat menggunakan System Restore ini?

System Restore Windows 10

System restore atau pemulihan sistem mulai diperkenalkan di Windows Me pada tahun 2000. Namun pada saat itu fitur ini seperti mengalami kegagalan atau tepatnya fitur ini belum menarik perhatian orang untuk menggunakannya.

System restore bekerja dengan membuat restore point yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan PC atau Laptop ke masa dimana PC atau Laptop bekerja dengan normal. Ini akan mengembalikan semua hal yang pernah Anda lakukan termasuk file dan pengaturan pada sistem.

Contoh sederhananya, Anda membuat restore point di PC pada tanggal 5. Tiba-tiba pada tanggal 10 PC Anda bermasalah. Agar PC dapat normal kembali maka saya pun menggunakan system restore yang akan mengembalikan PC dalam kondisi normal seperti pada tanggal 5.

Pada saat pertama kali diperkenalkan, system restore akan membuat restore point secara otomatis seminggu sekali. Pada Windows 10 restore point dibuat hanya ketika ada hal-hal krusial terjadi di PC, seperti saat Anda menginstall sebuah program, melakukan update pada Windows dan membuat pengaturan baru pada sistem. Selain itu, Anda juga dapat membuat restore point sendiri secara manual.

Namun sayangnya system restore ini tidak aktif secara otomatis, bahkan fitur ini agak sulit ditemukan karena di Windows 10 fitur ini terselip pada bagian perlindungan sistem di control panel.

Panduan ini nantinya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara mengaktifkan system restore Windows 10 dan cara menggunakan sysem restore di Windows 10 pada saat PC Anda mengalami masalah.

Cara Mengaktifkan System Restore di Windows 10

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa secara default system restore di Windows 10 tidak aktif, oleh karena itu Anda perlu mengaktifkannya secara manual.

Berikut cara mengaktifkan sysrem restore di Windows 10:

1. Pertama, ketikkan System Restore pada kotak pencarian disebelah kiri bawah lalu klik Create restore point.

Membuat Restore Point

2. Akan tampil kotak dialog yang aktif pada tab System Protection. Pada Protection Settings pastikan drive utama yang aktif biasanya C lalu klik Configure untuk membuat pengaturan.

3. Aktifkan system protection pada Restore Settings. Di sini Anda dapat mengalokasikan berapa banyak space disk yang ingin digunakan untuk menyimpan restore point nantinya. Anda juga dapat menghapus restore point yang lama jika sebelumnya Anda pernah membuatnya dengan cara klik tombol Delete pada bagian bawah.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar berikut ini:

Cara Mengaktifkan System Restore

4. Setelah dirasa sudah pas klik Apply lalu Ok untuk mengaktifkan system restore dan keluar dari jendela yang aktif.

Sekarang Windows 10 Anda akan secara otomatis membuat restore point setiap kali ada perubahan krusial yang terjadi pada PC atau Laptop Anda.

Jika Anda ingin membuat restore point pada drive yang lain, Anda bisa mengulangi langkah demi langkah di atas.

Cara Menggunakan System Restore di Windows 10

Anda sudah sukses membuat restore point, lantas bagaimana cara menggunakan system restore di Windows 10 ini?

Anggaplah saat ini Anda sedang mengalami masalah pada PC yang tidak bisa booting secara normal atau mungkin PC mengalami crash disebabkan konflik pada program yang Anda install belum lama.

Dalam situasi seperti ini, Anda bisa coba menggunakan system restore. Berikut cara menggunakan system restore di Windows 10.

1. Nyalakan atau restart PC atau Laptop Anda lalu saat booting tekan F11 atau tahan tombol shift pada keyboard saat memulai ulang sistem Anda.

Setelah melakukan hal itu, screen biru akan tampil pada monitor yang akan meminta Anda memilih opsi Troubleshoot atau Turn Off your PC. Untuk masuk ke system restore pilih Troubleshoot.

2. Apabila memilih Troubleshoot, dilayar monitor Anda akan ditampilkan Advanced options atau opsi lanjutan. Pilih opsi System Restore untuk mengembalikan restore point yang tadi pernah Anda buat sebelumnya.

Cara Menggunakan System Restore

3. Pilih akun Windows yang saat ini sedang Anda gunakan, masukkan kata sandi lalu klik lanjutkan.

Setelah melakukan itu, Windows akan menjalankan proses system restore untuk mengembalikan atau memulihkan PC/Laptop Anda dalam keadaan semula seperti saat Anda membuat restore point.

Demikian artikel dengan topik cara menggunakan system restore di Windows 10, semoga memberi manfaat bagi Anda.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *