Join us in Telegram

Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online

Apakah Anda pernah mendengarkan suara dosen via Zoom Meeting lalu ingin merekam suara tersebut menjadi teks secara online langsung melalui laptop Anda? Trik ini sebenarnya sudah lama ingin saya bagikan kepada Anda, namun karena masih banyak hal lain yang perlu diingat, saya kelupaan.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah berbagi kepada Anda perihal cara meringkas video Youtube ke teks, trik yang akan saya sampaikan kali ini juga bisa Anda jadikan alternatif lain untuk bisa mengubah suara video Youtube menjadi teks secara otomatis. Namun Anda disini perlu menunggu video berputar dari awal sampai selesai untuk mentranskripsi suara tersebut secara keseluruhan.

Bagi Anda pengguna HP, mungkin bisa membaca Cara Mengubah Suara Menjadi Tulisan, karena cara yang akan saya bagikan kali ini dikhususkan bagi Anda pengguna Laptop. Dengan menggunakan beberapa tools bantuan Web Speech Api dan juga browser Chrome termasuk di dalamnya. Tidak hanya merekam suara dosen ke dalam bentuk teks, cara ini juga mampu mengubah audio apapun itu yang Anda putar melalui laptop, termasuk video Youtube juga seperti yang sudah saya sampaikan.

Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online yang admin bagikan ini cukup mudah untuk dipraktekkan, dengan hanya bermodalkan Laptop dan Chrome Anda sudah bisa melakukannya. Teknisnya sendiri suara dalam bentuk lagu, video, rekaman dan lain-lain akan Anda putar seperti biasa menggunakan media player apapun itu di Laptop Anda. Kemudian tools tambahan akan mentranskripsi suara tadi untuk diubah ke dalam bentuk teks.

Bagaimana kalau suara di sekitar kita berisik? Apa nanti file hasil transkripsi suara masih terdengar jelas? Anda jangan panik dulu ya guys. Disini juga saya telah menyediakan solusinya dengan bantuan Software tambahan yang bernama Virtual Audio Cable. Dengan software ini audio yang Anda putar di Laptop tidak akan terganggu dengan suara-suara dari lingkungan luar sekitar Anda.

Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online dengan Google Chrome

  1. Pertama-tama silahkan Anda download dan install terlebih dahulu Software berikut di Laptop Anda: Virtual Audio Cable
  2. Setelah terinstall, klik kanan icon “Sound” di pojok kanan bawah menu taskbar Laptop Anda
  3. Pilih Open Sound Settings
    Cara Mengubah Suara Menjadi Teks 01
  4. Pada menu Choose your output device, silahkan Anda ganti Speakers menjadi Line 1 (Virtual Audio Cable)
    Cara Mengubah Suara Menjadi Teks 02
  5. Buka browser Chrome, lalu kunjungi halaman berikut: Web Speech Api, lalu ubah pengaturan Bahasa menjadi Bahasa Indonesia (jika suara yang ingin Anda transkripsi menggunakan Bahasa Indonesia)
    Cara Mengubah Suara Menjadi Teks 03
  6. Cari dan putar file rekaman suara / audio Anda. Anda bisa memutar suara dosen melalui Zoom Meeting di Laptop, suara rekaman audio, suara rekaman Youtube dan lain-lain
  7. Buka kembali Google Chrome, di halaman Web Speech Api tadi silahkan Anda klik icon “Microphone” untuk memulai proses transkripsi suara menjadi teks
    Cara Mengubah Suara Menjadi Teks 04
  8. Tunggu proses pemutaran rekaman selesai sampai semua suara berhasil diubah menjadi teks
  9. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol “Copy and Paste” untuk menyalin teks tersebut
    Cara Mengubah Suara Menjadi Teks 05

Gimana guys menurut Anda Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop yang telah saya bagikan di atas, sangat mudah bukan? Selain menggunakan tools Web Speech Api, Anda juga bisa mengubah suara menjadi teks menggunakan layanan dari Google langsung lho, yaps melalui Google Docs. Bagaimana caranya? Tenang nanti akan saya update pada postingan berikutnya ya. See you guys, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment