Join us in Telegram

Cara Memperbaiki Spasi Word Terlalu Jauh, Lebar, dan Berantakan

Cara Merapikan Jarak Spasi yang Terlalu Lebar di Word – Saat sedang mengerjakan tugas sekolah, hal yang paling tidak disukai yaitu saat membuka file word namun jarak spasinya terlalu jauh / berantakan. Hal ini sering dialami bagi mereka yang mendapatkan file dokumen DOCX dari device atau sumber lain.

Ketika Anda melihat contoh beberapa tugas yang telah dikerjakan oleh teman lainnya menggunakan MS Word yang terinstall di laptop mereka. Saat Anda mencoba membukanya di MS Word Laptop Anda, tiba-tiba hasilnya tidak sama dengan versi yang tampil di laptop teman Anda.

Itu merupakan salah satu penyebab spasi berantakan yang terjadi di Word. Selain itu, mungkin saja Anda pernah mendownload file DOCX secara online melalui media Internet dengan mengetikkan “filetype:docx JUDUL TUGAS” di pencarian google.

Maka akan tampil secara otomatis beberapa kumpulan file DOCX yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan. Kelebihan cara ini dibandingkan dengan cara lain yaitu link download file DOCX bersifat direct download. Cara lain yang saya maksud seperti download file di platform sharing document ya guys, seperti download file di Scribd.

Jadi inti dari permasalahan spasi Word yang terlalu jauh / renggang ini disebabkan karena pada saat proses awal pembuatan file tidak dilakukan pada satu device komputer yang terinstall versi MS Word tertentu, seperti Word 2007, Word 2010, Word 2013 dst. Perbedaan versi inilah yang menyebabkan file DOCX apabila dibuka di MS Word di versi yang lebih tinggi dari sebelumnya membuat spasi menjadi berantakan.

Sebenarnya saya sudah pernah mengulas permasalahan ini pada artikel Cara Mengatasi Spasi Berantakan di Word. Namun itu mungkin saja tidak work apabila masalahnya jarak antar spasi terlalu lebar di Word, sekalipun di hapus lalu diberi spasi lagi itu tidak menampilkan perubahan pada jarak antar spasinya. Silahkan Anda ikuti tutorial berikut untuk memperbaiki spasi yang terlalu jauh.

Contoh Spasi Word Terlalu Jauh
Contoh Spasi Word Terlalu Jauh

Cara Merapikan Jarak Spasi yang Terlalu Lebar di Word

  1. Buka file word yang spasinya berantakan melalui MS Word di laptop Anda
  2. Pilih tab menu File > Options. Maka akan tampil jendela Word Options
  3. Pilih saja Advanced
    Opsi Advanced - Spasi Word Berantakan
  4. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan pengaturan Layout options for:
  5. Beri tanda centang pada “Don’t expend character spaces on a line that ends with SHIFT + RETURN
    Memperbaiki Word Spasi Terlau Lebar
  6. Simpan pengaturan dengan tekan tombol “OK
  7. Selamat spasi yang awalnya lebar-lebar akan kembali normal

Baik demikianlah cara mengatasi spasi word yang terlalu renggang / lebar saat Anda membuka file Word dari device lain. Perlu Anda perhatikan spasi yang terlalu jauh merupakan salah satu contoh permasalahan spasi berantakan ya. Apabila Anda mengalami permasalahan lain selain spasi terlalu lebar ini, silahkan temukan solusinya di Tutorial MS Word.

Bagikan:

Leave a Comment