Cara Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Cara Membuka Pesan Wa yang Sudah Dihapus

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan paling populer saat ini dengan 2 milliar pengguna aktif setiap bulannya. Aplikasi yang di akuisisi oleh Facebook pada tahun 2014 ini beberapa waktu lalu menambahkan beberapa fitur yang memungkinkan bagi penggunanya untuk membatalkan pengiriman pesan dalam waktu 1 jam. Pesan dapat dihapus dalam obrolan pribadi maupun grup dan ini tersedia di platform seperti Android, iOS dan Windows.

Fitur ini memang akan berguna apabila Anda melakukan kesalahan dalam ejaan atau Anda tidak sengaja salah mengirimkan pesan kepada orang lain. Namun bagaimana jika Anda ingin membaca kembali pesan yang sudah terhapus tersebut. Tentunya ada cara membuka pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Cara Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Pesan WhatsApp

Jika Anda telah menghapus pesan secara tidak sengaja dan ingin memulihkan atau membukanya kembali, Anda dapat membuka kembali pesan tersebut dengan beberapa metode.

Namun ingat, tidak ada sama sekali jaminan Anda akan 100% berhasil membuka pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Apalagi jika pesan yang ingin Anda buka tersebut sudah lama terhapus.

Berikut cara membuka pesan WhatsApp yang Sudah dihapus dengan beberapa metode:

1. Backup Obrolan

Metode pertama cara membuka pesan WhatsApp yang telah dihapus melalui bantuan backup obrolan. Secara default sistem WhatsApp akan membuat cadangan obrolan pada dini hari (Jam 2 pagi). Celah pada sistem WhatsApp ini bisa Anda gunakan untuk memulihkan pesan yang terhapus di WhatsApp.

Anda dapat mengubah frekuensi pencadangan obrolan ini menjadi harian, mingguan atau bulanan. Namun disarankan bagi Anda untuk membuat cadangan setiap hari karena Anda akan dapat memulihkan obrolan sebelum pencadangan obrolan berikutnya dibuat oleh sistem pada jam 2 dini hari.

Untuk membuka pesan WhatsApp yang sudah dihapus, berikut langkah demi langkahnya:

  • Uninstall aplikasi WhatsApp dari smartphone, kemudian unduh dan install kembali dari Google Play Store jika Anda menggunakan Android.
  • Setujui Syarat dan Ketentuan penggunaan aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya masukkan nomor hp Anda saat ini yang sedang aktif.
  • Nantinya Anda akan ditampilkan sebuah halaman dengan opsi “Pulihkan Obrolan dari Cadangan”.
  • Klik opsi pemulihan obrolan tersebut dari cadangan.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai setelah itu buka aplikasi WhatsApp

Bom WA, semua pesan WhatsApp akan dipulihkan termasuk pesan yang pernah terhapus.

2. WhatsAppRemoved+

Aplikasi WhatsRemoved+

Untuk membuka atau membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus selanjutnya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang memungkinkan bagi Anda atau si pengirim pesan untuk membuka kembali pesan yang telah dihapus. Aplikasi pihak ketiga ini bekerja dengan cara mengakses log pemberitahuan atau notifikasi dari WhatsApp yang tersimpan dalam sistem Android di hp Anda.

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang dapat membuka kembali pesan WhatsApp yang sudah terhapus adalah WhatsAppRemoved+. Aplikasi ini lumayan populer dan telah di download lebih dari 10 juta orang dengan rating 4,3. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada hp Android dan tidak bisa sama sekali digunakan pada iOS. Jadi bagi Anda yang menggunakan iOS sebaiknya cari aplikasi dengan fitur serupa dengan WhatsRemoved+ di AppStore.

Bagi pengguna Android, Anda bisa mengikuti cara membuka pesan WhatsApp yang sudah terhapus dengan bantuan WhatsRemoved berikut ini:

  1. Download dan install terlebih dahulu aplikasi WhatsRemoved+ melalui Google Play Store
  2. Setujui Syarat dan Ketentuan penggunaan aplikasi ini lalu beri izin pada aplikasi ini untuk menampilkan notifikasi
  3. Sesudah itu pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang ingin Anda buka atau membaca pesan yang telah dihapus
  4. Sekarang, setiap kali seseorang menghapus pesan yang telah dikirimkan kepada Anda, Anda akan menerima notifikasi dari aplikasi WhatsRemoved+
  5. Untuk membaca pesan yang telah dihapus, buka notifikasi pada smartphone Anda lalu klik tab DETECTED
  6. Dengan melakukan hal itu, Anda akan dapat membuka dan membaca pesan yang bahkan telah dihapus oleh si pengirim pesan di WhatsApp

Selain WhatsRemoved+, ada beberapa aplikasi serupa WhatsRemoved+ bisa Anda gunakan untuk membuka pesan WhatsApp yang telah dihapus. Namun Anda perlu memahami bahwa memberikan akses smartphone pada aplikasi ketiga akan membuka celah keamanan pada smartphone Anda. Jadi sebaiknya uninstall aplikasi pihak ketiga ini setelah Anda tidak lagi membutuhkannya dan tidak membiarkan aplikasi ini terinstall dalam jangka panjang di smartphone Anda.

Satu hal lagi yang perlu Anda tahu, setelah melakukan restart pada smartphone Anda maka log notifikasi secara default akan dihapus dari sistem Android sehingga tidak mungkin untuk membuka pesan tersebut bahkan ketika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga sekalipun.

Demikian artikel cara membuka pesan WhatsApp yang sudah dihapus, jangan lupa untuk membagikan pengalaman atau metode apa yang Anda gunakan untuk membuka pesan terhapus di WhatsApp melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X