Blogging

7 Perbedaan Blog dan Website

Saat ini keberadaan blog dan website ternyata sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis, karena membantu sebuah brand lebih mudah dicari melalui mesin pencarian seperti Google. Namun, perlu kamu ketahui bahwa keduanya berbeda. Dan berikut penjelasan perbedaan blog dan website. 

Pengertian blog dan website

Apa itu blog?

Blog adalah sebuah halaman web informasi atau situs web yang diterbitkan di World Wide Web, dan terdiri dari konten tekstual independen serta informatif tentang subjek tertentu. 

Informasi yang dipublikasikan di blog ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik sehingga posting atau unggahan terbaru ditampilkan terlebih dahulu. 

Sederhananya, posting atau unggahan artikel tentang topik yang lebih baru muncul di bagian atas, dan yang lama muncul di bawah.

Blog adalah platform di mana orang-orang dapat berbagi pandangan mereka dan berdiskusi tentang topik tertentu.

Platform blogging adalah alat penerbit online terbaik bagi penulis untuk mempublikasikan berbagai macam artikel, ulasan produk, dan opini. 

Kamu juga dapat membagikan posting blog menggunakan situs web yang berdiri sendiri, dan media sosial.

Apa itu situs website?

Website sendiri merupakan kumpulan halaman web dan konten multimedia yang tersedia di bawah satu domain di World Wide Web. Kamu bisa dapatkan domain murah satu tahun di sini . 

Website sebagian besar di-host melalui layanan hosting yang memungkinkan halaman dan konten situs bisa diakses. Ini adalah situs internal, diakses melalui jaringan area lokal yang aman.

Layanan hosting ini akan sangat berpengaruh pada kualitas situs website. Sehingga pastikan kamu memilih hosting murah DomaiNesia.

Website biasanya akan digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda, seperti bisnis, blog pribadi, dan bahkan lembaga pemerintah untuk tujuan informasi. 

Namun, ada website untuk berbagai aplikasi untuk memberikan informasi kepada pengunjung perusahaan atau organisasi.

Perbedaan blog dan website

1. Kepentingan update

Hal pertama yang membedakan antara blog dan website adalah kepentingan update. Blog memiliki sifat yang lebih dinamis, sehingga kontennya harus di update secara rutin atau berkala. 

Sedangkan website bersifat statis, dan kamu tidak harus membuat update konten setiap harinya.

2. Jenis konten yang dibagikan

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa umumnya konten akan berisi konten artikel yang ditulis oleh satu atau bahkan lebih penulis. 

Dan pembahasan topik artikelnya pun akan berbeda-beda. Contohnya bisa berupa artikel, review hingga promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh brand.

Namun, sangat berbeda dengan website di mana akan berisi informasi tertentu secara detail tentang produk atau jasa serta profil perusahaan itu sendiri.

3. Pengelolaan

Selanjutnya adalah pengelolaan blog dan website. Blog akan dikelola oleh penulis yang bisa dilakukan sendiri atau bersama tim. Dan mereka disebut juga sebagai blogger. 

Sedangkan website, akan dikelola oleh seorang profesional atau perusahaan tertentu yang memiliki tim khusus seperti developer, web designer, dan lain-lainnya. 

4. Penggunaan bahasa 

Blog dan website juga memiliki perbedaan gaya bahasa. Blog biasanya akan menggunakan gaya bahasa yang disesuaikan dengan demografi audiens atau pengunjungnya. 

Tetapi, website biasanya menggunakan gaya bahasa formal dengan tujuan untuk mendukung citra perusahaan baik dimata audiens maupun kompetitor. 

5. Cara berkomunikasi dengan audiens

Kemudian cara berkomunikasi dengan audiens merupakan perbedaan nyata antara blog dan website

Blog akan bersifat interaktif di setiap artikelnya, ini karena audiens dapat berkomentar atau membagikannya di berbagai platform media sosial untuk dibaca orang lain..

Namun hal tersebut sangat berbeda, di mana website bersifat statis dan juga tidak menyediakan kolom komentar. 

Sehingga pengunjung yang ingin bertanya akan langsung dihubungkan dengan chatbot atau layanan pelanggan yang disediakan.

6. Fitur subscribe

Walaupun keduanya bisa menambahkan fitur subscribe tetapi ternyata memiliki fungsi berbeda. Pada website, fitur subscribe akan digunakan untuk mengirimkan newsletter berisi informasi layanan atau produk terbaru. 

Sedangkan pada blog, fitur subscribe bersangkutan mereka mendapatkan update konten terbaru sehingga tidak ketinggalan berita atau informasi yang kamu bagikan. 

7. Kategori konten

Blog dan website juga memiliki perbedaan pembagian kategori konten. Pembagian kategori pada blog lebih fokus atau disesuaikan dengan topik yang dibahas, sedangkan website mengarah pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Itulah beberapa perbedaan blog dan website seperti pembagian kategori konten, kepentingan update, jenis konten yang dibagikan, penggunaan bahasanya bahkan hingga pengelolaannya. Hal tersebut karena blog lebih bersifat dinamis, sedangkan website statis. 

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published.