Pengertian, Jenis, dan Fungsi Backlink
Blogging

Pengertian, Jenis-jenis, Fungsi, dan Cara Mendapatkan Backlink

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian backlink, jenis-jenis backlink, dan apa fungsi dari backlink. Pada pembahasan artikel sebelumnya sesungguhnya admin sudah pernah membahas sedikit perihal backlink, dapat Anda baca sendiri pada artikel Cara Optimasi SEO Off Page. Disana sana admin menjelaskan secara gambaran umumnya saja, karena kalau kita ingin memahami betul arti backlink tersebut, perlu tampaknya dibuatkan sub-bahasan yang mengulas tentang Backlink.

Istilah atau makna backlink adalah istilah yang tak asing lagi oleh para blogger dan orang orang yang memiliki website. Backlink sendiri merupakan bahasa Inggris, yang berati link yang kembali atau link keluar. Backlink yang bisa bermanfaat untuk merangking website ini adalah salah satu hal paling penting dalam dunia SEO, yang menjadi bagian dari SEO Off Page. Banyaknya backlink membuat orang orang terkadang bingung, apa saja sih sebenarnya backlink yang bagus dan berkualitas?

Backlink sendiri ada 3 jenis yaitu backlink dofollow, backlink nofollow, dan backlink komentar. Untuk backlink dofollow sendiri merupakan backlink yang berpengaruh untuk merangking situs website. Tetapi, apabila terlalu berlebihan juga tidak baik karena bisa dianggap spam. Namun robot crawler mengindeks backlink ini di webmaster. Berbeda dengan backlink nofollow yang terkadang kurang powerfull, kalau bahasa ahli SEO “kurang nendang”. Sebenarnya beberapa tahun ini backlink nofollow mulai berperan dengan baik, juga dapat membuat terangking walaupun tak seapik backlink dofollow.

Untuk backlink komentar sendiri jenisnya adalah kita berkomentar di website orang. Tetapi website tersebut harus membuka kolom komentarnya. Yang membuat kita bisa menaruh link di website mereka dan mendapatkan backlink secara mudah. Tapi Anda tahu sendiri bagaimana blogger zaman now sudah sangat jarang memperbolehkan URL Link di dalam nama maupun komentar yang akan dikirim. Kalaupun boleh biasanya backlink komentar kebanyakan bersifat nofollow. Hal inilah yang terkadang membuat kita harus bisa memutar otak lihat situasi. Adapun beberapa manfaat backlink yang wajib anda ketahui

Manfaat Backlink Untuk Website

1. Membuat Website Terangking

Tentunya faktor utamanya adalah membuat website terangking apabila website masih tidak di halaman pertama. Kita bisa memaksimalkan backlink agar bisa di halaman pertama dengan cara menggunakan backlink. Dengan menggunakan backlink secara baik dan benar tentunya, kita bisa mendapatkan banyak visitor dengan dari backlink.

2. Membuat Website Anda Terindeks

Website dapat dibuat menjadi terindeks dan juga menjadi keren apabila diberikan backlink. Dengan cara mengklik “site:url_situs” pada kolom mesin pencari, maka akan terlihat apakah swebsite Anda sudah terindeks atau belum? Backlink juga dapat memengaruhi kecepatan indeks suatu website. Oleh karena itu gunakan backlink agar website cepat terindeks.

3. Mendapat Visitor 

Visitor dan traffic yang banyak didapatkan dengan mudah apabila blog tersebut sudah diberikan backlink. Dengan catatan backlink tersebut berkualitas yang membuat website menjadi terangking dan beberapa artikel menjadi masuk ke halaman pertama. Dan kita tak bisa memberikan backlink yang over karena menyebabkan website yang bisa terkena algoritma google.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setelah membahas manfaat backlink kita juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelumnya. Berikut ini akan kami bagikan tips dan triknya bagaimana mendapatkan backlink berkualitas.

Guest Post

Guest post adalah salah satu cara mendapatkan backlink yang mudah. Beberapa blogger menerapkan guest post agar bisa mendapatkan backlink secara cuma cuma dari website tersebut. Dengan cara menyiapkan artikel dan mempublikasikan artikel di website tersebut, kita sudah bisa menikmati backlink dofollow dari guest post. Guest post sendiri ada yang gratis maupun berbayar. Dalam memilih guest post yang wajib Anda perhatikan adalah visitornya dan juga tentang rangkingnya di website yang mencakup nilai DA dan PA. Dengan begitu kita bisa mendapatkan backlink berkualitas dari guest post tersebut. Dalam pratik dunia SEO, guest post ini lebih dikenal dengan sebutan Contextual Backlink.

Teknik Footprint

Teknik footprint merupakan metode dimana kita bisa mendapatkan backlink secara cuma-cuma dengan cara menuliskan keyword saja. Keywords tersebut sesuai target keyword Anda misalnya teknologi, kesehatan, wisata, resep, bisnis dan yang lain. Kita bisa mendapatkan tempat backlink berkualitas baik di forum, sosial bookmarking, website pendidikan dan yang lainnya. Beberapa orang sudah melupakan teknik ini, padahal faktanya teknik footprint ini sangat bagus sebenarnya untuk backlink pada website kita.

Baik demikianlah penjelasan admin perihal Apa itu Backlink? Pengertian, Jenis, dan Fungsinya. Jujur admin juga masih dalam tahap pembelajaran, apabila dalam penyampaian ada kekeliruan atau kesalahan mohon dimaklumi. Mari kita sharing saling berbagi ilmu tentang Backlink. Yang jelas untuk mendapatkan posisi yang bagus di SERP, Anda benar-benar harus lebih fokus ke bagian SEO Off Page yang satu ini, yaitu Backlink. Sekian terima kasih.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *