Panduan Lengkap Optimasi SEO Off Page: Link Building & Backlink

Panduan Lengkap Cara Optimasi SEO Off Page

Cara Optimasi SEO Off Page dengan Mudah dan Benar – Sesuai janji saya dipostingan sebelumnya mengenai Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis SEO. Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas habis tentang Off-Page SEO. Karena menurut admin sendiri, persentase teknik SEO Off Page lebih besar dibandingkan dengan SEO On Page dalam memberikan peringkat blog / situs di mesin pencari. Tak hanya itu, di luaran sana pun terutama blog dengan builder WordPress Self-hosting sudah banyak yang menerapkan SEO On Page dengan baik. Nah, sekarang bagaimana kita bisa beradu strategi dengan blog tersebut dalam hal penerapan SEO Off Page yang baik dan benar untuk blog / situs Anda.

Sekarang kita sampai pada salah satu langkah paling penting dalam teknik SEO, yaitu teknik Off Page SEO. Inti dari Off Page SEO hanya satu, link building atau mendapatkan backlink yang menuju ke blog atau halaman-halaman di blog. Secara yang sederhana, dapat disimpulkan semakin banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah halaman, semakin tinggi pula peluang halaman tersebut untuk bertengger di posisi teratas pada halaman Mesin Pencari. Analoginya begini, jika sebuah halaman memiliki banyak backlink dari website lain, mesin pencari akan menganggap halaman tersebut penting karena direferensikan oleh banyak website.

Link Building

Jadi kegiatan Off Page SEO adalah mencari backlink sebanyak-banyaknya untuk blog serta halaman-halaman di dalamnya. Teknik ini sering juga disebut dengan teknik link building. Link building tidak hanya mengejar kuantitas, tapi juga harus memperhatikan kualitas backlink agar benar-benar bisa mengangkat otoritas blog di mata mesin pencari. Dalam dunia SEO, aktivitas link building dalam mendapatkan backlink berkualitas adalah tantangan yang paling menantang. Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan aktivitas link building:

Anchor Text dan Link Title

Hal ini berkaitan dengan optimasi dan variasi kata kunci halaman blog. Anchor text adalah teks atau tulisan yang mengandung link, atau secara sederhana saya deskripsikan sebagai nama backlink. Sedangkan link title adalah atribut berupa judul backlink yang biasanya akan muncul saat link tersebut disorot menggunakan kursor. Perhatikan anatomi sebuah link berikut ini:

<a title="Tutorial Cara Ngeblog" href="https://caileak.com/category/blogging/">Blogging</a>

Tutorial Cara Ngeblog adalah komponen link title, sedangkan anchor text-nya adalah Blogging.

Dalam kaitannya dengan link building untuk SEO, penyertaan kata kunci dalam anchor text dan link title akan mampu menaikkan tingkat rasio backlink ke halaman blog dan membantu mesin pencari dalam menentukan kata kunci halaman yang dituju. Penggunaan anchor text “Blogging” dan link title “Tutorial Cara Ngeblog” akan lebih bernilai jika dibandingkan dengan menggunakan anchor text “klik di sini” tanpa menyertakan atribut link title apapun. Variasi kata kunci dalam penggunaan anchor text dan link title juga memberikan nilai tambah pada tingkat rasio backlink, oleh karena itu Anda harus kreatif dalam mengkombinasikan penggunaan variasi kata kunci pada anchor text dan link title pada saat melakukan link building.

Dofollow vs Nofollow

Atribut nofollow pertama kali diperkenalkan oleh Google di awal tahun 2005 dengan tujuan untuk mengurangi spam links. Penambahan atribut nofollow dilakukan dengan mencantumkan kode rel=”nofollow” pada anatomi sebuah link. Contohnya:

<a rel="nofollow" href="https://caileak.com/category/blogging/">Blogging</a>

Link yang memiliki atribut nofollow sering disebut dengan istilah nofollow link, dan link yang tidak memiliki atribut nofollow disebut dengan istilah dofollow link. Dofollow link memberikan efek yang bagus di sisi SEO, itu sudah pasti. Namun para pakar SEO berbeda pendapat soal kontribusi nofollow link dalam meningkatkan posisi di mesin pencari. Ada yang bilang tidak berpengaruh, ada juga yang bilang berpengaruh walau kecil.

Kualitas Halaman Pemberi Backlink

Jika saya diberi pilihan mendapat 10 backlink atau 50 backlink, tentu saya akan memilih pilihan kedua. Tapi jika tawarannya diganti menjadi mendapat backlink dari 10 halaman berkualitas atau backlink dari 50 halaman kurang berkualitas, maka saya akan memilih pilihan pertama. Mesin pencari menerjemahkan link sebagai referensi dari sebuah halaman ke halaman lain. Tentu saja referensi dari halaman yang dinilai berkualitas akan dianggap lebih baik daripada referensi dari halaman yang kualitasnya buruk.

Relevansi (Kesesuaian)

Topik Faktor penting lainnya adalah kesesuaian topik halaman pemberi backlink dengan halaman yang dituju. Mari kita lihat ilustrasi berikut: Blog A yang memiliki topik tentang Gagdet mendapat backlink dari blog B yang memiliki topik Otomotif dan blog C yang memiliki topik tentang Android. Karena blog A dan blog C memiliki topik yang relevan, yaitu sama-sama memiliki topik tentang handphone, maka backlink dari blog C memiliki bobot yang lebih baik daripada daripada backlink dari blog B.

Lokasi Backlink

Backlink yang terletak di dalam konten atau artikel akan lebih baik dibandingkan dengan backlink yang diletakkan di sidebar atau footer, karena lebih terlihat sebagai referensi yang alami.

Link Velocity

Kualitas dan kuantitas backlink sangat penting dalam mendukung SEO, namun Anda perlu memperhatikan kecepatan pertumbuhan backlink untuk blog Anda. Jika sebuah blog atau halaman yang baru dibuat mendapat banyak sekali backlink (misalnya 10.000 backlink dalam seminggu), blog Anda akan menanggung resiko dibanned oleh mesin pencari seper ti Google karena dicurigai melakukan langkah-langkah SEO yang ilegal. Usahakan penambahan backlink terlihat alami dengan menambahkan sedikit demi sedikit terlebih dahulu (10-20 backlink sehari misalnya), lalu mulai meningkatkan akselerasinya seiring dengan perjalanan waktu.

Berburu Backlink

Para SEO Addict banyak yang berkata bahwa komposisi SEO adalah 75% Off Page SEO dan 25% On Page SEO. Bahkan ada yang lebih radikal lagi dengan menyatakan bahwa On Page SEO hanya memiliki peranan sebanyak 1% saja dan sisanya sebesar 99% ditentukan oleh jumlah backlink yang merupakan inti dari Off Page SEO. Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink dalam proses link building? Berikut saya bagikan beberapa caranya.

Menulis Artikel yang Berkualitas

Artikel berkualitas adalah inti dari sebuah dari halaman. Penulisan artikel yang berkualitas tidak hanya menjadi bagian dari On Page SEO, tetapi dapat juga mendukung Off Page SEO juga. Kita ambil contoh, Anda mempublikasikan artikel tentang cara buat filter IG dengan Spark AR Studio. Lalu ada pemilik blog lain yang merasa artikel Anda bermanfaat, mereka mungkin mereferensikan artikel Anda dengan memasang backlink di blog mereka. Atau ada pengunjung yang menyukai artikel Anda dan membagikannya di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, atau di situs social bookmark seperti Digg, Delicious, Reddit, dan lain-lain. Backlink yang Anda dapat merupakan natural backlink. Jika pengunjung menyukai artikel yang Anda publikasikan, besar kemungkinan mesin pencari juga akan menyukainya. Dan ini merupakan konsep dasar dari mesin pencari, menempatkan halaman yang memiliki konten berkualitas dan disukai pengunjung di posisi teratas di halaman pencarian.

Memberikan Fasilitas untuk Berbagi

Fasilitas berbagi yang saya maksud adalah fasilitas yang mempermudah pengunjung membagikan halaman blog yang disukainya ke situs jejaring sosial dan situs social bookmark. Caranya adalah dengan menyertakan tombol atau widget sehingga pengunjung bisa membagikan halaman tersebut dengan mudah. Situs jejaring sosial dan social bookmark seperti Facebook, Twitter, Delicious, Digg, dan lain-lain memiliki widget yang dapat dipasang di blog sehingga pengunjung bisa membagikan halaman blog ke situs-situs tersebut dengan mudah. Widget-widget tersebut sering disebut sebagai sharing widget.

Di blog ini pun dapat Anda lihat, social share button admin pasang di bawah gambar thumbnail di setiap konten / artikel. Apabila Anda menggunakan wordpress, sangat banyak plugin yang menyediakan layanan social share icon. Salah satu yang dapat Anda gunakan yaitu plugin Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons. Namun apabila Anda menggunakan platform blogging lain, silahkan Anda manfaatkan layanan AddThis.

AddThis menawarkan banyak pilihan widget yang dapat Anda gunakan di blog. Widget tersebut memungkinkan pengunjung membagi kan blog atau halaman blog ke lebih dari 300 situs social network dan social bookmarking sites. Fitur-fitur lain yang diberikan adalah adanya fasilitas Analytics yang memungkinkan Anda untuk mengetahui beragam statistik pengunjung yang membagikan halaman-halaman di blog seperti halaman mana yang paling banyak dibagikan, situs mana yang paling banyak digunakan, negara asal pengunjung, dan lain-lain.

Blog Commenting

Hampir semua blog mengaktifkan fitur komentar untuk menjalin inter aksi dengan pengunjungnya. Keberadaan fasilitas komentar juga memungkinkan sesama blogger menjalin silaturahmi dengan saling berkunjung dan memberikan komentar. Blogwalking adalah istilah untuk aktivitas mengunjungi blog-blog lain. Aktivitas ini biasanya dilakukan dengan “meninggalkan jejak” berupa komentar pada tulisan di blog yang dikunjungi.

Dalam form pengisian komentar terdapat kolom untuk mencantumkan url yang nantinya akan menjadi link pada nama pemberi komentar. Namun secara bawaan, hampir semua engine blog menggunakan atribut nofollow pada link yang terdapat pada komentar untuk mencegah maraknya komentar spam sehingga link tersebut tidak memberi kontribusi berarti pada pagerank blog pemberi komentar. Jika link pada komentar yang kita buat merupakan link dengan atribut nofollow, bagaimana bisa membantu meningkatkan pagerank? Caranya adalah dengan mencari blog dofollow dan memberi komentar di blog tersebut.

Blog dofollow adalah blog yang dimodifikasi (menggunakan plugin atau dengan menyunting tema blog) dan menghasilkan atribut bawaan nofollow sehingga pemberi komentar yang mencantumkan url-nya mendapatkan backlink. Bagaimana cara mencari blog dofollow? Biasanya blog dofollow menyediakan banner bertuliskan U Comment I Follow sebagai “pengumuman”. Cara lainnya adalah dengan mengunjungi situs / blog yang memberikan daftar blog dofollow. Tentu nanti ke depan admin akan mengupdatenya khusus untuk Anda pengunjung setia Caileak Blog.

Namun Anda perlu ingat bahwa fasilitas komentar diberikan untuk menjalin interaksi dan komunikasi, jadi jangan meninggalkan komentar yang asal-asalan dan hanya ditujukan untuk mencari backlink saja, karena selain tidak etis, pemilik blog juga tidak akan mempublikasikan komentar Anda jika dianggap asal-asalan. Berikan komentar yang sesuai dengan topik, sampaikan masukkan atau pendapat Anda mengenai topik tersebut. Jadi, selain mendapatkan backlink, Anda juga menunjukkan eksistensi Anda dan blog yang Anda miliki. Sebuah komentar yang baik juga sering menarik pengunjung lain untuk mengunjungi blog pemberi komentar, hal ini berarti membuka peluang Anda untuk mendapat pengunjung baru. Blogwalking dan berkomentar di blog orang lain dapat dijadikan sarana untuk menunjukkan keberadaan Anda dalam dunia blogosphere serta menjalin komunikasi dengan para blogger lainnya.

Bertukar Link (Link Exchange)

Link exchange merupakan langkah dasar dalam melakukan Link Building. Anda bisa mengajak sesama pemilik blog untuk bertukar link dengan blog Anda dan membangun hubungan yang saling menguntungkan. Sebagaimana yang telah kita ketahui mengenai faktor-faktor penentu kualitas sebuah backlink, penulis menyarankan Anda melakukan link exchange dengan blog yang memiliki topik yang relevan. Aktivitas link exchange tidak hanya terbatas pada bertukar link untuk ditempatkan di bagian sidebar. Anda bisa mengajak pemilik blog lain untuk bertukar artikel yang mengandung link sehingga bobot backlink yang didapat menjadi lebih berkualitas. Cara lainnya adalah dengan menggunakan strategi 3 Way Backlinks.

3 Ways Backlink

Blog Pendukung

Metode ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam mendapat backlink, yaitu dengan membuat blog pendukung dalam bentuk mini blog bagi blog utama. Untuk itu, Anda memerlukan beberapa blog baru. Anda dapat menggunakan beragam penyedia blog gratis seperti Blogger, WordPress.com, Medium, Tumblr, dan lain-lain untuk membuat blog pendukung tersebut.

Sebagai langkah awal, buatlah dua buah mini blog lalu isi dengan beberapa artikel yang masih berkaitan dengan topik blog utama Anda. Buat kedua blog tersebut saling memberi backlink dan lakukan optimasi dasar hingga keduanya diindex oleh mesin pencari. Kemudian berikan backlink dari kedua blog tersebut ke blog utama Anda.

Skema 3 Blog Pendukung

Lalu secara bertahap tambahkan blog pendukung baru sampai berjumlah minimal lima blog pendukung, dan buat kelima blog tersebut saling memberi backlink. Salah satu kelebihan metode penggunaan blog pendukung ini adalah keleluasaan Anda dalam mengontrol arus backlink ke blog utama karena semua blog tersebut milik Anda sendiri. Karena hanya digunakan sebagai blog pendukung, Anda tidak perlu terlalu sering mengisi blog A, B, C, D, dan E dengan artikel-artikel baru. Cukup satu artikel seminggu untuk masing-masing blog pendukung.

Skema 5 Blog Pendukung

Blog Directory, Forum, dan Situs Social Bookmarking

Blog Directory, Forum, dan Situs Social Bookmarking adalah tiga target yang banyak diincar oleh para pemburu backlink. Backlink dari ketiga jenis situs tersebut sering dianggap kurang berbobot dalam mendukung SEO sehingga lebih ditujukan untuk menambah kuantitas backlink saja. Kurang berbobot bukan berarti tidak berbobot kan? Menurut pendapat dan pengalaman pribadi penulis, keberadaan backlink dari ketiga jenis situs tersebut tetap dapat membantu optimasi SEO yang kita lakukan.

Blog Directory

Situs blog directory adalah situs yang memuat daftar blog berdasarkan kategori tertentu. Anda bisa mendaftarkan blog di blog directory untuk mendapat tambahan backlink. Namun Anda perlu selektif dalam memilih blog directory karena tidak semua memberlakukan sistem yang adil. Hampir semua blog directory mengharuskan Anda memasang reciprocal link atau link balik dari blog yang didaftarkan, namun terkadang di halaman mereka sendiri, mereka menerapkan redirect link untuk link yang mengarah ke blog kita. Di mata mesin pencari, redirect link tidak dihitung sebagai backlink.

Forum

Sejatinya forum adalah ajang berdiskusi online. Namun para pemburu backlink melihat peluang lain dari keberadaan forum, yaitu menanam backlink. Sebuah forum biasanya memberikan fasilitas berupa signature dan banyak diantaranya yang memperbolehkan pemasangan link di signature tersebut. Di sinilah peluang Anda dalam menanam backlink. Tapi tunggu dulu. Sebelum menanam backlink di sebuah forum, Anda perlu memperhatikan dua hal di bawah ini:

  • Thread yang terdapat di forum bisa dilihat tanpa perlu login sehingga crawler mesin pencari bisa merayapi halaman-halaman di thread tersebut.
  • Link pada signature sebaiknya berupa link.

Beberapa forum dengan kriteria tersebut di atas dapat Anda temukan di http://dofollow.info/dofollow-forums/. Hal lain yang perlu Anda ingat saat berburu backlink di forum adalah jangan terlalu agresif dalam menanam backlink. Ikuti peraturan yang ditetapkan oleh masing-masing forum. Lakukan posting minimal tiga post dalam satu hari untuk menunjukkan aktivitas Anda.

Situs Social Bookmarking

Situs Social Bookmarking memungkinkan penggunanya untuk membookmark halaman-halaman website atau blog yang dianggap menarik atau penting dan membagikannya kepada pengguna lain. Sebagian besar situs tersebut mengharuskan Anda untuk melakukan pendafataran terlebih dahulu. Setelah mendaftar, Anda dapat membookmark halaman-halaman blog dan mendapat tambahan backlink dari sana. Untuk hasil yang optimal, Anda perlu mencari situs Social Bookmarking yang tidak menggunakan atribut nofollow. Nanti admin akan update ya di postingan berikutnya, harap bersabar, hahaha.

Baik, demikianlah Panduan Lengkap Optimasi SEO Off Page: Link Building & Backlink yang dapat admin bagikan kepada Anda. Silahkan Anda kreasikan ide dan pemikiran Anda untuk menerapkan apa saja yang sudah dijelaskan secara lengkap di atas perihal Off Page SEO. Perlu Anda ingat mencari backlink berkualitas itu tidaklah mudah, bahkan ada yang sampai menguras kantong jutaan demi mendapatkan backlink berkualitas dari situs yang memiliki DA dan PA yang tinggi. Mengenai DA dan PA admin akan bahas di lain kesempatan ya. See you again.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *