Cara Optimasi SEO On Page
Blogging

Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page Terbaru

Cara Optimasi SEO On Page Terbaru – Untuk meningkatkan visibilitas suatu situs / website di mata mesin pencari, Anda perlu melakukan beberapa langkah-langkah optimasi. Apabila formula optimasi yang Anda lakukan itu tepat dan benar sesuai dengan alogaritma Search Engine dalam menempatkan rangking suatu website atau blog, maka tak menutup kemungkinan konten Anda mendapatkan tempat terbaik di posisi SERP (Search Engine Result Page). Namun bagi Anda para blogger, pasti sudah tahu sendiri bagaimana alogaritma mesin pencari terutama Google yang selalu berubah-ubah setiap waktu dalam memberikan posisi ranking terhadap halaman website dalam indeks hasil pencarian. Yang jelas saat ini robot spider yang senantiasa melakukan crawling terhadap situs kita sudah bisa bertindak layaknya manusia yang mempunyai pemikiran jenius dalam menganalisa kualitas suatu halaman website.

Banyak faktor yang digunakan oleh Google dalam menempatkan posisi konten Anda. Ada faktor yang berasal dari dalam situs itu sendiri atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SEO On Page dan ada pula faktor yang berasal dari luar situs yang disebut dengan SEO Off Page. Pada kesempatan kali ini, admin akan mengupas habis perihal SEO On Page. Sesuai dengan janji admin pada postingan sebelumnya Cara Optimasi SEO Off Page beberapa hari lalu. Anda harus melakukan optimasi yang berimbang antara SEO On Page dan SEO Off Page, karena akan percuma apabila Anda hanya melakukan optimasi SEO On Page, sementara SEO Off Page nya Anda telantarkan / tidak melakukan langkah-langkah optimasi apapun.

Sebelum Anda melakukan optimasi SEO Off Page, alangkah baiknya Anda terlebih dahulu melakukan optimasi SEO On Page. Ini diibaratkan seperti barang jualan, sebelum Anda menjual barang, sebaiknya Anda memperhatikan kualitas barang nya terlebih dahulu. Barang yang saya maksud disini yaitu konten / artikel Anda, marketnya yaitu Mesin Pencari, dan pembelinya tidak lain adalah netizen (pengguna Internet). SEO On Page lebih menitikberatkan elemen-elemen tertentu yang ada di dalam konten / halaman website. Anda harus benar-benar bisa memahami dan mengambil langkah yang tepat untuk melakukan optimasi elemen-elemen tersebut. Elemen dasar dalam suatu konten akan admin bahas tuntas dalam postingan ini, jadi silahkan Anda simak baik-baik.

Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page Terbaru

Apa itu SEO On Page?

SEO On Page adalah langkah optimasi yang dilakukan terhadap suatu halaman website dengan memperhatikan elemen-elemen yang ada di halaman tersebut. Tidak hanya kualitas konten yang secara kasat mata dalam bentuk teks saja yang diperhatikan, justru kualitas konten yang tak kasat mata lebih dititikberatkan pada SEO On Page ini.

Praktik optimasi SEO On Page harus benar-benar Anda lakukan dengan tepat karena ini sebagai pondasi dasar dalam membangun authority (tingkat kepercayaan) website Anda dimata Mesin Pencari. Maka muncullah istilah DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Semakin tinggi tingkat kepercayaan Google terhadap situs Anda, maka semakin tinggi pula peluang Anda mendapatkan posisi yang bagus di SERP.

Cara Optimasi SEO On Page

Sampailah pada pokok bahasan kita kali ini yaitu bagaimana langkah-langkah optimasi SEO On Page untuk website Anda. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa di dalam SEO On Page terdapat beberapa elemen-elemen yang perlu diperhatikan dan dilakukan optimasi semaksimal mungkin. Kali ini ini admin akan menjelaskan secara detail kepada Anda perihal elemen-elemen / faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi SEO On Page atau dapat kita jadikan sebagai pedoman dalam menentukan langkah optimasi SEO On Page yang tepat untuk website kita.

Perhatikan URL

Optimasi URL SEO On Page
Optimasi URL SEO On Page

URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator. Apabila pengunjung ingin melihat konten Anda, maka mereka harus memasukan Alamat URL dengan benar terlebih dahulu di address bar browser. Langkah awal SEO On Page dapat Anda lakukan dengan optimasi URL terlebih dahulu.

Panjang URL

Walaupun tampak sepele, elemen ini tidak boleh Anda abaikan. Anda harus bisa memastikan bahwa struktur URL yang ada di halaman website sudah SEO-friendly dengan mesin pencari. Pertanyaan selanjutnya bagaimana bentuk URL yang SEO-friendly? Menurut Backlinko, URL yang pendek mempunyai ranking yang lebih baik dibandingkan dengan URL yang panjang. Panjang URL ideal yaitu berkisaran 50 – 60 karakter. Ranking website Anda tidak akan optimal jika panjang URL lebih dari jumlah karakter tersebut.

URL Mengandung Keyword

Langkah optimasi URL selanjutnya yaitu dengan menyelipkan keyword / kata kunci di dalam URL halaman website Anda. Ini juga mempermudah pengunjung situs Anda untuk mengidentifikasi sekiranya topik apa yang akan dibahas pada halaman tersebut. Keyword yang Anda masukkan ke dalam URL tidak usah terlalu banyak, cukup 5-6 kata kunci saja. Hal ini juga untuk mematuhi aturan panjang URL yang ideal. Jadi silahkan Anda buang dari URL, kata yang tidak Anda jadikan sebagai keyword.

URL Relevan & Mudah Dibaca

Silahkan Anda gunakan URL yang relevan dengan topik yang dibahas dalam halaman website. Hindari penggunaan URL yang tidak sinkron dengan topik yang Anda bahas. Selain itu juga, silahkan gunakan URL yang mudah dibaca. Hindari penggunaan URL default yang melampirkan ID posting sebagai URL konten Anda.

Perhatikan Judul Halaman

Optimasi Judul SEO On Page
Optimasi Judul Halaman SEO On Page

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan Optimasi Judul Halaman yang ada di website Anda. Judul halaman memudahkan netizen mengetahui topik yang akan dibahas. Judul halaman dapat Anda lihat di tab browser ketika membuka halaman website.

Panjang Judul

Pastikan judul halaman yang anda buat berkisaran 20-60 karakter dan jumlah kaya berkisaran 5-10 kata. Judul terlalu pendek menjadi tidak menarik. Jangan membuat judul yang terlalu panjang, karena tidak semua judul akan ditampilkan oleh mesin pancari. Judul juga jangan terlalu pendek karena, selain mengurangi persaingan, judul pendek juga kurang menarik perhatian pembaca.

Judul Mengandung Keyword

Sama halnya seperti URL, judul halaman yang Anda buat juga harus mengandung keyword (kata kunci). Pastikan Anda menyelipkan beberapa keyword di dalam judul. Jangan memasukan semua keyword ke dalam judul, beri 1-4 kata tambahan yang tidak menjadi keyword Anda. Contoh Anda ingin menembak keyword Optimasi SEO On Page, maka buatlah judul dengan menambahkan beberapa kata, contoh Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page Terbaru.

Judul Menggunakan Tag H1

Dilihat dari sisi HTML code, alangkah lebih baiknya Anda memasukan Judul di dalam Tag H1. Sebagai contoh struktur HTML yang SEO Friendly untuk judul konten: <h1>Judul Artikel Anda</h1>

Judul yang Menarik

Buatlah judul yang semenarik mungkin dengan tetap berpedoman beberapa keyword ada di judul. Jangan membuat judul yang terlalu kaku / terlalu mainstream dengan hanya memasukkan keyword pokoknya saja tanpa menambahkan beberapa kata tambahan yang unik dan menarik. Anda juga dapat menambahkan Angka di dalam juduk sebagai petunjuk jumlah poin yang akan dibahas dalam topik konten Anda. Contoh: 8 Cara Optimasi SEO On Page Terbaru 2021.

Kualitas Konten

Optimasi Konten SEO On Page
Optimasi Konten SEO On Page

Tak dapat dipungkiri mesin pencari terutama Google sangat menyukai konten yang isinya berkualitas. Artikel / konten yang Anda buat diharapkan mampu memberikan kepuasan tersendiri terhadap kebutuhan netizen. Entah itu kebutuhan solusi atas permasalahan yang dihadapi, kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat, dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Untuk itu Anda harus benar-benar bisa membuat konten yang berkualitas, tidak hanya memasukkan keyword namun tidak ada inti yang dibahas sesuai dengan judul konten. Jangan menggunakan teknik klikbait yang tidak sesuai dengan konten, karena itu sama sekali tidak disukai oleh pengunjung dan juga mesin penacari. Berikut beberapa kriteria konten yang berkualitas.

Heading dan Sub-Heading

Heading dan subheading berfungsi untuk membagi konten Anda menjadi beberapa bagian. Secara sederhana, heading dan subheading adalah bab dan subbab pada sebuah buku. Heading dan subheading, akan memudahkan pengunjung untuk menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan. Selain itu, heading dan subheading juga membantu mesin pencari untuk memahami topik yang dibahas pada konten Anda. Heading memudahkan Googlebot untuk melakukan crawling di konten dan melihatnya sebagai pokok bahasan konten.

Anda dapat memaksimalkan penggunaan Heading 1 sampai Heading 6. Heading 1 biasanya sudah otomatis digunakan sebagai judul. Jadi Anda bisa manfaatkan Heading 2 sampai dengan Heading 6. Namun, biasanya Anda hanya memerlukan sampai Heading 4. Di setiap heading tersebut, sebaiknya masukkan focus keyword atau turunannya.

Sertakan Keyword pada 100 Karakter Pertama

Dalam membuat konten artikel, sebaiknya Anda menyisipkan beberapa keyword di dalam 100 karakter pertama. Mengapa demikian? Karena di dalam halaman hasil pencarian mesin pencari, 100 karakter pertama inilah yang akan tampil di layar. Jadi Anda harus benar-benar memaksimalkan space tersebut untuk menyelipkan keyword yang ingin ditembak. Buat 100 karakter pertama ini dengan unik, jangan sampai 100 karakter pertama konten Anda sama dengan konten pada halaman website lain. Hal itu bisa menyebabkan artikel Anda dipandang sebagai duplicate konten sehingga akan berdampak buruk pada posisi SERP.

Sertakan Media yang Relevan

Apabila Anda disuruh memilih konten yang dilengkapi dengan gambar dan video dengan konten yang hanya menampilkan teks saja, tentu pasti Anda akan memilih opsi yang pertama. Begitu juga mesin pencari, lebih menyukai konten yang didukung dengan media gambar maupun video. Karena dapat memberikan kejelasan terhadap topik yang dibahas dapat meningkatkan visibilitas website Anda. Selain itu juga, penyertaan dapat membuat konten Anda lebih menarik untuk dibaca. Perlu Anda ingat juga gambar maupun video yang diselipkan harus relevan ya dengan topik bahasan.

Outbond Link dan Internal Link

Outbond link adalah link yang tertuju ke halaman website lain yang memiliki relevansi dengan konten yang dibuat. Hal ini merupakan kebalikan dari backlink yang merupakan link dari website lain yang tertuju ke halaman website kita. Anda tidak boleh pelit ya dalam memberikan outbond link, setidaknya dalam konten Anda terdapat satu sampai dua outbond link yang relevan dengan topik bahasan dalam konten Anda. Dalam pemberian outbond link, yang perlu Anda perhatikan disini authority website yang akan dituju. Beri lah backlink kepada situs yang sudah memiliki kredibelitas dan visibilitas yang baik di mata search engine.

Internal link adalah link yang tertuju ke halaman lain di suatu website yang sama. Internal link harus mampu menunjukkan korelasi (hubungan) antar konten yang satu dengan yang lainnya. Silahkan manfaatkan konten di website Anda yang memiliki keterkaitan topik bahasan, baik itu kesamaan dalam tags maupun kategori (label). Intenal link ini juga membantu bot mesin pencari menganalisa keterkaitan konten-konten yang ada di website Anda.

Optimasi Gambar

Optimasi Gambar SEO On Page
Optimasi Gambar SEO On Page

Langkah optimasi SEO On Page selanjutnya yaitu optimasi Gambar. Apabila Anda hanya menambahkan gambar begitu saja tanpa melakukan optimasi maka itu adalah suatu kesalahan. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terhadap gambar yang dilampirkan, antara lain.

Nama File Gambar

Beri nama gambar yang Anda lampirkan sedeskriptif mungkin, tidak terlalu panjang juga. Anda dapat menyisipkan beberapa keyword yang ditembak pada nama file gambar. Nama file gambar ini akan membantu crawling bot mesin pencari dalam menentukan topik bahasan Anda. Jangan gunakan nama file seperti, “01052021.jpg”, “image(1).jpeg”, “Screenshot001.png” dan lainnya.

Ukuran Gambar

Perhatikan juga ukuran gambar yang Anda tampilkan pada website. Jangan menampilkan gambar dengan ukuran pixels yang besar, karena itu akan memberatkan loading website Anda. Loading website yang berat sangat tidak disukai Google. Saya menyarankan ukuran gambar yang Anda lampirkan tidak lebih dari 800px ya. Anda dapat menggunakan alat kompresi gambar untuk menurunkan resolusi gambar yang terlalu besar.

Atribut Alt

Atribut Alt walaupun terlihat sepele memiliki peranan yang sangat penting dalam optimasi SEO On Page. Atribut ALT gambar menjelaskan bahwa apa isi dari gambar tersebut. Karena yang namanya Google Bot tidak melihat gambar secara real untuk menafsirkan maksud dan isi gambar, melainkan melalui atribut ALT ini. Buat Atribut Alternatif dengan singkat, jelas, dan padat, jangan bertele-tele, panjang, dan tidak jelas.

Optimasi Keyword

Optimasi Keyword SEO On Page
Optimasi Keyword SEO On Page

Tak dapat dipungkiri bahwa keyword (kata kunci) memiliki pengaruh yang besar terhadap sebuah website, karena itu diperlukan optimasi keyword yang tepat yang berhubungan langsung dengan mesin pencari (Search Engine). Umumnya mekanisme penggunaan mesin pencari (Search Engine) oleh netizen selalu berhubungan dengan keyword. Mengapa demikian? karena semua pengguna internet menggunakan kata kunci / keyword ini dalam pencarian mereka di mesin pencari dan mesin pencari tersebut akan menampilkan hasil analisis berdasarkan relevansi keyword dari seluruh website yang sudah diindeks mesin pencari. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk optimasi keyword dalam website, antara lain.

Gunakan Long Tail Keyword

Apa itu Long Tail Keyword? Long tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword. Long tail keyword biasanya lebih spesifik, tertarget, dan tingkat persaingan kata kunci yang digunakan pada mesin pencarian juga kecil. Kebanyakan orang berasumsi bahwa long tail keyword itu pasti panjang dan terdiri dari tiga kata atau lebih. Padahal tidak selalu seperti itu, long tail keyword bisa saja hanya terdiri dari dua kata asal memang spesifik dan tingkat persaingannya rendah. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan Long Tail Keyword.

  • Tingkat persaingan yang rendah, sehingga memberi peluang website Anda mendapatkan posisi yang bagus di SERP
  • Memiliki nilai lebih bagi pembaca, karena informasi yang mereka dapatkan Akan lebih spesifik, tidak dalam gambaran umumnya saja
  • Mendatangkan banyak traffic organik dari Search Engine

Untuk mencari Long Tail Keyword yang paling mudah Anda dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google seperti Penelusuran terkait dan fitur Google Auto Complete.

Gunakan LSI Keyword

LSI Keyword tidak jauh berbeda dengan Long Tail Keyword. LSI (Latent Semantic Indexing) keyword adalah keyword yang berhubungan dengan keyword utama. Penggunaan LSI berguna untuk memberitahu mesin pencari tentang apa yang menjadi topik bahasan dalam suatu halaman website. Misalnya ketika Anda menulis artikel yang membahas tentang “SEO On Page”, dan ketika orang lain melakukan pencarian hanya dengan mengetikkan kata kunci “SEO On Page”, maka mesin pencari akan menampilkan berbagai informasi berhubungan dengan SEO On Page. Bisa saja informasi tersebut tidak sesuai dengan informasi yang kamu butuhkan, karena SEO On Page memiliki cakupan yang luas. Maka dari itu, ketika menulis artikel yang membahas tentang SEO On Page, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan keyword yang berhubungan dengan SEO On Page secara lebih spesifik. Seperti “Optimasi Keyword dalam SEO On Page”, “Cara Riset Keyword”, dan yang lainnya. Anda dapat memanfaatkan layanan LSI Graph untuk membantu Anda menemukan LSI Keyword yang ingin ditargetkan.

Keyword Mapping

Keyword mapping adalah proses pemetaan kata kunci di dalam konten website agar lebih SEO Friendly, mulai dari keyword utama ke keyword pendukung lainnya. Dalam artian lain, Anda mengatur kata kunci yang menjadi pokok bahasan utama terlebih dahulu, kemudian baru menambahkan keyword-keyword pendukung lainnya terkait bahasan tersebut. Pemetaan keyword yang tepat dalam sebuah konten yaitu tersebar secara merata di setiap paragraf konten. Misalnya dalam konten Anda terdiri dari 10 paragraf, maka keyword mapping yang baik yaitu dengan menempatkan kata kunci utama dan pendukung di setiap paragrafnya, paragraf 1, 2, 3 dan seterusnya. Perlu Anda ingat juga jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci dalam sebuah paragraf ya, itu sangat tidak baik. Buatlah konten senatural mungkin dengan tetap memperhatikan kata kunci yang ditargetkan.

Optimasi Meta Tags

Optimasi Meta Tags SEO On Page
Optimasi Meta Tags SEO On Page

Meta tags dapat memberikan informasi kepada mesin pencari tentang halaman sebuah website. Beberapa meta tags lainnya dapat meninstruksikan robot atau spider tentang apa yang seharusnya dilakukan terhadap halaman website Anda. Suatu halaman website dapat saja dibuat tanpa menggunakan meta tags, namun untuk mengoptimalkan kinerja suatu search engine, Anda perlu melakukan optimasi terhadap Meta Tags juga. Tersedia beberapa instruksi meta tags, namun untuk cukup penting dalam kaitannya dengan konten adalah tags tittle, keyword, decription. Serta yang jarang digunakan namun penting, yaitu tag robot. Disamping itu tag seperti author, distribution dan lain-lain tidak terlalu diperhatikan.

Meta Title Tag

Google maupun search engine lainnya memiliki penekanan pada penggunaan judul ini. Judul paling tidak harus mewakili satu atau dua kata kunci yang ditargetkan. Suatu gagasan yang cukup baik apabila masing-masing halaman hanya terdiri dari satu atau dua kata kunci (karena dengan tiga kata kunci sudah cukup banyak). Melakukan percobaan dengan memasukkan banyak kata kunci malah memperlemah posisi halaman tersebut. Lebih baik menambah satu halaman lagi untuk memperkuat kata kunci menjadi target anda.

Meta Description Tag

Meta Discription tag ini adalah suatu cara memberitahu search engine dalam menampilkan secara singkat serta esensi dari suatu website. Pada saat anda melihat daftar suatu halaman website yang ditampilkan dari pencarian melalui search engine, posisinya berada pada baris kedua atau setelah title halaman web. Meta tag ini sangat penting karena bisa digunakan sebagai magnet atau daya pikat terhadap pengguna internet melalui kalimat awal pada konten. Jika mendapat deskripsi pada halaman situs anda, maka search engine akan pergi menuju ke halaman bersangkutan, lalu mencari text yang memiliki kedekatan terhadap kata kunci yang digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa description tag ini bukanlah suatu faktor yang kuat pada kebanyakan algoritma yang dipakai oleh search engine, namun memiliki pengaruh yang cukup hebat untuk mengarahkan pencari informasi agar tertarik menuju halaman website Anda.

Meta Keyword Tag

Meta keryword tag digunakan untuk menuntun search engine melalui kemampuan meta yang disampaikan pada suatu halaman situs. Bagian ini penting bagi Anda dan search engine, karena search engine akan memasukan halaman tersebut ditempatkan pada index mereka, search engine akan mengacu pada keyword ini. Begitu juga dalam posisi penempatan. Semakin tepat kata kunci digunakan dan tepat dalam penempatan, maka akan mempertinggi peringkat penampilan pada daftar indeks hasil pencairan.

Gunakan Tema Responsif

Tema Responsif SEO On Page
Tema Responsif SEO On Page

Tema yang responsif akan secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran layar pengguna. Artinya, website Anda akan terlihat sama bagusnya di ponsel, tablet, dan perangkat desktop. Sekitar 51,5% lalu lintas internet global ada di perangkat seluler. Itu berarti setengah dari pengguna Anda akan mengakses situs web Anda menggunakan perangkat seluler. Jika situs web Anda tidak sesuai dengan layar mereka atau terlihat jelek di perangkat mereka, maka otomatis mereka akan segera pergi. Mereka mungkin tidak akan pernah menemukan website Anda lagi. Inilah mengapa Anda harus selalu menggunakan tema yang responsif untuk semua situs web Anda. Tema responsif meningkatkan pengalaman pengguna dan juga memiliki keuntungan SEO (pengoptimalan mesin telusur) yang signifikan. Mesin telusur seperti Google memberi peringkat situs web ramah seluler lebih tinggi dalam penelusuran seluler, yang mendatangkan lebih banyak traffic ke situs Anda. Anda dapat mencari template tema responsif secara gratis di luaran sana. Namun apabila Anda ingin tampilan website terlihat lebih profesional, silahkan beli saja template yang premium, harga bervariasi mulai dari $5 – $60 USD.

Kecepatan Loading Website

Optimasi Pagespeed SEO On Page
Optimasi Pagespeed SEO On Page

Kecepatan website adalah waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman website secara keseluruhan. Setidaknya halaman inilah yang dilihat oleh pengunjung website. Kecepatan sangat penting untuk sebuah situs web karena itu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi Google dalam menempatkan halaman website dalam indeksnya. Pada saat proses loading website, sesungguhnya ada tiga proses yang terjadi, yaitu:

  • Proses mengirimkan file-file halaman website yang diakses dari server ke web browser.
  • Proses web browser merespons pengiriman file.
  • Proses mengolah dan memuat halaman website di web browser.

Dari ketiga proses tersebut, yang digunakan sebagai patokan kecepatan website adalah saat halaman dimuat di browser. Oleh karena itu, kecepatan inilah yang harus Anda perhatikan. Apakah Kecepatan Halaman Mempengaruhi SEO? Jawaban sederhananya adalah bahwa kecepatan halaman memang memengaruhi SEO. Kecepatan halaman adalah faktor penting dalam penentuan peringkat website, sebuah fakta yang bahkan dikenal lebih baik sejak Pembaruan Kecepatan Algoritma Google. Namun, kecepatan juga dapat memengaruhi peringkat secara tidak langsung, dengan meningkatkan rasio pentalan dan mengurangi waktu tunggu.

Seiring berjalannya waktu, Google telah mengambil tindakan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan situs web dengan menyediakan seperangkat alat untuk pengembang dan webmaster. Salah satu alat tersebut adalah Google PageSpeed Insights. Silahkan Anda gunakan layanan tersebut, lakukan analisa terhadap hasilnya, kemudian ambil tindakan untuk mengurangi loading speed website Anda.

Demikianlah tips SEO yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Panduan Lengkap Optimasi SEO On Page Terbaru ini benar-benar harus Anda perhatikan secara mendetail dan mempraktekannya langsung pada situs website Anda. Memang sangat banyak elemen-elemen yang mempengaruhi SEO On Page, namun jangan Anda pernah menyerah, lakukanlah langkah optimasi semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga sesuai dengan harapan Anda, tidak lain dan tidak bukan pasti ingin menjadi Nomor 1 di Google bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *