Pengertian dan Fungsi Office Button
Berita & Informasi

Office Button: Pengertian dan Fungsinya di MS Word

Berbicara tentang Pengertian dan Fungsi Office Button ini mengingatkan saya pada pelajaran Teknologi Informasi sewaktu masih duduk di bangku SMA. Karena kala itu Microsoft Office Word yang digunakan adalah MS. Word 2007.

Saya sangat ingat bagaimana gambar / logo Office Button kala itu. Sebagai orang awam ya saya hanya menganggap itu hanyalah sebuah button yang apabila Anda klik akan tampil beberapa opsi-opsi khusus yang dapat digunakan untuk membantu proses pembuatan dokumen di lembar kerja.

Baca Juga: Cara Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia di MS Word

Sekedar informasi, Office Button ini hanya tersedia di MS. Word 2007 ya guys. Apabila Anda mencarinya di versi setelah itu, baik 2010, 2013, 2016, dan yang terbaru 2019, sudah jelas Office Button ini tidak ada.

Tidak adanya Office Button bukan berarti fitur dan fungsi yang di dalamnya hilang, di versi setelahnya, Office Button ini digantikan dengan menu “File”. Jadi apapun yang dulu Anda temukan di Office Button Ms. Word 2007 akan Anda dapatkan juga di versi terbarunya.

Baik kembali lagi ke topik bahasan kita kali ini yang akan membahas “Office Button: Pengertian dan Fungsinya di MS Word“. Kita kembali flashback menggunakan Word 2007, selanjutnya saya akan jelaskan secara lengkap dan jelas.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Manual di Ms Word

Apa itu Office Button?

Apa itu Office Button
Office Button terletak di pojok kiri atas

Office Button adalah sebuah tombol button khusus yang terletak di sebelah pojok kiri atas yang terdiri dari 9 fitur utama yang dapat digunakan untuk membantu operasional Microsoft Office 2007.

9 (sembilan) fitur utama yang saya maksud disini yaitu pengaturan-pengaturan yang sering digunakan oleh pengguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan dan editing file dokumen.

Opsi-opsi yang dibutuhkan seperti misalnya opsi membuat dokumen baru, membuka arsip dokumen lama, menyimpan dokumen, mencetak dokumen yang sudah selesai dibuat, dan lainnya.

Walaupun dari sembilan fitur ini sudah ada dari deretan menu di Ms. Word, namun Office Button ini juga digunakan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu tertentu dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Cara Mengatur Margin 4433 di Word

Fungsi Office Button

Fungsi Office Button
Fungsi-fungsi Office Button

New

Fitur ini berada di urutan 1 dari Office Button yang berfungsi untuk membuat dokumen kosong baru pada lembar kerja Word. Fitur ini juga dapat diakses melalui tombol shortcut keyboard CTRL + N.

Open

Fitur ini berada di urutan 2 dari Office Button yang berfungsi untuk membuka arsip dokumen yang sudah pernah dibuat pada lembar kerja Word. Selain itu jugga dapat membuka dokumen Word dari hasil unduhan yang tersimpan di direktori penyimpanan Laptop / PC. Fitur ini dapat diakses melalui tombol shortcut keyboard CTRL + O.

Save

Fitur ini berada di urutan 3 dari Office Button yang berfungsi untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai dikerjakan ke dalam direktori penyimpanan. Fitur ini juga dapat diakses melalui tombol shortcut keyboard CTRL + S.

Save As

Fitur ini berada di urutan 4 dari Office Button yang sesungguhnya fungsinya tidak jauh berbeda dengan fitur Save, hanya saja apabila Anda menggunakan fitur Save As, maka file dokumen yang Anda simpan tidak akan menimpa file lama setelah Anda melakukan editing (perubahan). Jadi, Anda akan menyimpan file tersebut dengan nama file yang baru.

Print

Fitur ini berada di urutan 5 dari Office Button yang berfungsi untuk mencetak dokumen lembar kerja yang sudah selesai dibuat. Di dalam opsi ini Anda terlebih dahulu memilih printer yang ingin digunakan untuk mencetak. Pastikan driver printer yang dituju sudah terpasang di komputer Anda. Fitur ini dapat diakses melalui tombol shortcut keyboard CTRL + P.

Prepare

Fitur ini berada di urutan 6 dari Office Button yang berfungsi untuk mempersiapkan dokumen sebelum didistribusikan. Disini Anda dapat melakukan pengaturan seperti menambahkan author, title dan juga dapat menambahkan password pada dokumen.

Send

Fitur ini berada di urutan 7 dari Office Button yang berfungsi untuk mengirim dokumen yang telah selesai dibuat. Anda dapat mengirim file tersebut melalui 2 (dua) opsi yaitu e-mail dan internet fax.

Publish

Fitur ini berada di urutan 8 dari Office Button yang berfungsi untuk mempublikasikan dokumen yang telah dibuat ke berbagai media. Terdapat tiga media yang didukung, seperti Blog, Document Management, dan Create Document Workspace.

Close

Fitur ini berada di urutan 9 dari Office Button yang berfungsi untuk menutup lembar kerja yang sedang dikerjakan / tampil di layar.

Baik demikianlan penjelasan tentang Pengertian dan Fungsi Office Button di Ms. Word semoga bermanfaat bagi Anda yang masih pemula belum mengerti fungsi-fungsi yang ada di Office Button. Namun saya rasa, yang wajib Anda ketahui ya hanya beberapa fungsi saja, seperti New, Open, Save, Print.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *