Join us in Telegram

[Motivasi] Cara Mengatasi Rasa Sedih dan Putus Asa

Cara Mengatasi Rasa Sedih dan Putus Asa – Apakah Anda pernah merasakan kesedihan, kegalauan, hilang gairah hidup? Sebagai manusia yang terlahir di dunia ini dengan insting cipta, rasa, dan karsanya, hal tersebut merupakan hal wajar dialami. Kali ini Caileak berusaha memberikan motivasi kepada Anda yang berada di kondisi buruk itu. Apa yang sedang Anda doakan pasti Tuhan kerjakan, percayalah semua akan indah menurut rencana-Nya dan waktu-Nya. Karena setiap orang pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya, seperti kesedihan, kekecewaan, kehilangan orang yang dicintai, kesulitan penyakit yang belum terobati, difitnah, dihina, dikhianati saat di mana orang yang sudah Anda bantu ternyata dia hanya memanfaatkan Anda, jika Anda sudah melalui masa-masa sulit itu, saat ini juga saya ingin berkata semua akan baik-baik saja, Anda baik-baik saja walaupun kita berbeda, tapi saya pernah mengalami masa sulit itu, kesedihan itu, kepahitan itu, dan saya tahu rasanya ketika pertama kali mendengar kabar buruk itu, kaget lalu tidak terima, masih belum siap untuk menerima apa yang telah terjadi. Bukan begitu yang Anda rasakan?

Nggak mungkin lah masa sih dia tega. Nggak, nggak kayaknya, ini nggak benar sungguh tidak bisa dipercaya. Itulah realita, kadang tidak semua terjadi sesuai yang kita harapkan, tapi sebenarnya justru rasa pahit itulah yang menyadarkan diri kita. Saya juga tahu rasanya ketika kita marah-marah terhadap keadaan, marah kepada diri kita sendiri, kenapa kita membiarkan ini terjadi, kenapa aku dengan gampangnya begitu percaya, kenapa selama ini aku tidak pernah melihat kesalahan saya. Rasa marah, kesal, sedih adalah luapan emosi yang wajar, tapi ingat jangan sesekali Anda terperangkap terbelenggu di dalam keadaan seperti itu.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah sadar dan yakin lah bahwa apa yang terjadi pada diri Anda bukanlah sebuah hukuman tapi sebuah kesempatan. Tuhan sedang memegang kendali atas dirimu, membawamu ke suatu tempat yang lebih baik, Tuhan biarkan yang buruk hilang karena tidak lama lagi yang lebih baik akan datang, Tuhan sedang mempersiapkan mu menguatkan mu membentuk mu. Kemudian Tuhan mulai menyadarkan kita untuk bisa melihat ke depan, menjadikan ini sebagai pembelajaran, ya walaupun memang tidak mudah, namanya juga manusia, tapi saat ini saya ingin mengingatkan Anda sama seperti saya mengingatkan diri saya sendiri. Ketika kita berada dalam kesulitan seperti itu, Anda hanya punya dua pilihan, yaitu menyerah dan membiarkan hal tersebut menghancurkan mu atau bangkit dan menjadikannya sebuah pelajaran yang membuatmu tumbuh semakin dewasa lagi. Sebab siklus kehidupan ini, apapun yang sudah terjadi di kehidupan ini, tidak bisa Anda kendalikan dan tidak bisa Anda ubah. Terimalah terimalah dengan tangan terbuka terimalah dengan ikhlas, itu adalah hal yang terbaik Tuhan berikan kepada Anda.

Maafkan juga orang-orang yang sudah melukaimu dan yang paling penting juga dirimu tidak perlu mengeluh tentang apa yang salah. Yang hilang akan digantikan, yang sakit akan dipulihkan, yang diambil kembalikan yang berkurang akan ditambahkan, yang salah akan diluruskan, jadi jangan biarkan dirimu larut dalam kesedihan itu, jangan biarkan Anda terperangkap di lembah kelam itu, tetaplah tegar sabar tetaplah tersenyum dengan ketulusan, tetaplah bersyukur di saat sulit sekalipun, tetaplah percaya walaupun kamu belum bisa melihat segalanya, tetaplah setia walaupun kamu tahu ini bukan saat yang mudah, apapun yang sedang kamu doakan sedang Tuhan kerjakan. Percayalah semua akan indah menurut rencana-Nya dan waktu-Nya dan saya yakin selalu sama seperti saya kamu pun pasti akan baik-baik saja.

Baik itulah secuap Motivasi yang bisa admin bagikan, karena jujur saya sendiri pernah merasakan kesedihan dan keputusasaan. Intinya Anda harus bisa bangkit, jangan menyendiri terus, berdiam diri, tidak melakukan apa-apa karena itu tidak akan membatalkan sesuatu yang telah terjadi. Segera lah Move-On dari keadaan itu. Tuhan mempunyai rencana yang indah untuk diri Anda di masa depan.

Bagikan:

Leave a Comment