Cara Merubah Desktop Windows menjadi Keren
Tutorial

Cara Merubah Tampilan Desktop Windows 10 Menjadi Keren

Cara Mempercantik Tampilan Desktop Windows 10 – Desktop adalah halaman layar Laptop pertama yang Anda lihat ketika menghidupkan Laptop. Biasanya di dalam desktop, tentunya Anda akan melihat taskbar di bagian bawah layar dan icon software-software yang telah terinstall di Laptop Anda. Bahkan saya rasa banyak juga ada file-file sampah yang berserakan di tampilan desktop yang belum Anda bersihkan.

Melihat tampilan dekstop Windows ibarat first impression kita melihat kepribadian seseorang. Desktop yang terlihat menarik dan keren tentunya mencerminkan pemilik Laptop yang bersih, teratur, dan rapih, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bisa Cara Merubah Tampilan Desktop Windows 10 Menjadi Keren agar Anda dan orang lain yang melihatnya merasa adem dan nyaman.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang bagaimana cara mempercantik tampilan Windows dengan mudah tanpa ribet dan ga pake lama. Cara yang saya bagikan ini tidak hanya sekedar mengganti background desktop dan mengganti warna panel-panel / icon-icon yang ada pada tampilan desktop Windows, melainkan merombak tampilan desktop Laptop secara keseluruhan namun dengan tanpa memberatkan kinerja Laptop.

Untuk mengubah tampilan desktop Laptop agar lebih keren dan menarik, tentunya Anda harus bisa memilih aplikasi mempercantik desktop Windows yang terbaik. Karena sepengetahuan saya terdapat cukup banyak software kustomisasi desktop, mulai dari yang file size / ukurannya yang kecil sampai dengan ukurannya yang besar yang bisa membuat kinerja Laptop Anda menjadi berat.

Aplikasi yang cukup populer digunakan untuk merubah tampilan desktop Windows seperti Fences dan TaskbarX. Namun kali ini saya tidak akan membahas tutorial menggunakan software tersebut karean saya akan mengulas habis tentang Cara Mempercantik Desktop dengan Rainmeter. Menurut saya pribadi Rainmeter lah yang layak dinobatkan sebagai aplikasi terbaik dalam merombak tampilan desktop Laptop.

Apa itu Rainmeter?

Rainmeter adalah software Windows Customization yang dikembangkan oleh Rainmeter Team untuk menyesuaikan tampilan desktop Windows Anda. Software ini ini dirancang khusus untuk dapat dijalankan pada sistem operasi Windows. Anda dapat mengoperasikan Rainmeter pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan yang terbaru Windows 10, serta berjalan pada sistem dengan ukuran layar 32 bit atau 64 bit. Sementara perihal instalasi, software ini dapat diinstall secara biasa maupun secara portabel.

Rainmeter dapat mempercantik dan merubah tampilan desktop Laptop Anda dengan berbagai pilihan skin menarik dan applet serta menampilkannya di desktop anda. Skin-skin yang tersedia pada Rainmeter ini sangat bervariasi dan akan menyajikan berbagai fitur dan informasi yang berguna bagi user, seperti informasi sumber daya sistem, seperti memori atau daya baterai yang tersisa atau juga informasi data stream online anda, seperti email, RSS feed dan prakiraan cuaca.

Disamping itu, skin pada Rainmeter juga dapat merekam catatan dan to-do list anda (daftar tugas yang harus dilakukan). Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi favorit, mengontrol media player dan semuanya terbundel dalam tampilan interface yang menarik. Anda juga dapat menyusun ulang dan melakukan penyesuaian tampilan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Skin Rainmeter & Dukungan Komunitas

Yang paling menarik dan paling saya sukai dari Rainmeter ini yaitu tersedianya ribuan skin yang dirancang oleh komunitas besar, yaitu komunitas dari pengguna Rainmeter yang sampai saat ini terus berkembang dan bertambah banyak. Dalam komunitas ini Anda dapat mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan. Rainmeter merupakan software Open Source yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GNU GPL v2.

Hal ini membuka peluang atau kesempatan bagi Anda yang ingin berpartisipasi menuangkan kreativitas dalam pengembangan software ini. Rainmeter memungkinkan Anda untuk membuat dan memodifikasi sendiri skin yang diinginkan dengan cara yang mudah tanpa ribet. Software ini juga menyajikan panduan dan tutorial yang akan memudahkan anda dalam melakukan modifikasi skin serta mengakses fitur-fitur lainnya.

Cara Mempercantik Desktop dengan Rainmeter

  1. Pertama tama silahkan Anda download peralatannya terlebih dahulu berikut di bawah
    > Download Rainmeter for Windows
    > Download Raimeter Skin – Omnimo 10
  2. Sembunyikan icon yang ada pada tampilan desktop Anda saat ini dengan cara klik kanan > “View” > nonaktifkan “Show desktop icons
    Menyembunyikan Icon Desktop
  3. Sembunyikan taskbar di layar dengan cara klik kanan pada Taskbar > Taskbar settings > aktifkan “Automatically hide the taskbar from desktop mode“. Dengan pengaturan ini Taskbar hanya akan muncul pada saat kursor mouse mengarah ke bagian bawah desktop
    Menyembunyikan Taskbar
  4. Install Rainmeter seperti biasanya, setelah selesai sembunyikan seluruh widget yang tampil di desktop dengan cara klik kanan satu per satu > “Unload Skin
  5. Install Skin Rainmeter Omnimo 10 melalui file “omnino.rmskin” yang ada di dalam arsip
    Cara Mempercantik Tampilan Desktop
  6. Untuk bahasa pilih saja “English
    Cara Mengubah Tampilan Desktop Agar Menarik
  7. Selanjutnya tekan saja tombol “Next
    Cara Merubah Tampilan Desktop Keren
  8. Tunggu beberapa saat sampai Wallpaper dan Skin dimuat sempurna pada tampilan desktop Anda.
Cara Merubah Desktop Windows menjadi Keren
Desktop Windows Keren

Silahkan Anda berkreasi mempercantik tampilan desktop Windows dengan melakukan pengaturan pada Omnimo UI (User Interface) dengan cara klik icon “+” di pojok kanan atas.

Baik demikianlah Cara Merubah Tampilan Desktop Windows 10 agar Lebih Menarik, cukup mudah bukan? Cara ini begitu simpel dan sangat mudah untuk Anda praktekkan. Walaupun ukuran file install Rainmeter tidak lebih dari 3 MB, namun dapat Anda lihat sendiri bukan bagaimana hasilnya. Ini baru satu skin yang saya bagikan, apabila Anda menyukai nanti akan saya bagikan skin Rainmeter lainnya yang keren-keren. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *