Cara Membuat Rangkuman Materi PPT Powerpoint

Cara Membuat Rangkuman Materi PPT

Apakah Anda ingin merangkum materi pembelajaran dari slide PPT Powerpoint dengan cepat? Bagi Anda seorang siswa ataupun mahasiswa mungkin sering mendapatkan tugas untuk membuat resume dari PPT yang diajarkan oleh dosen.

Apabila Anda melakukan cara manual dengan melakukan copy paste teks kalimat satu persatu, lalu menempelnya di Word, tentu itu akan sangat memakan waktu Anda, kalau jumlah halaman di slide PPT nya sedikit mungkin tidak terlalu dipermasalahkan ya. Namun, bagaimana jika jumlah halaman PPT mencapai puluhan lembar? Hmmm, urat saraf jari Anda mungkin akan putus, hahaha.

Di masa pandemi seperti saat ini, walaupun kegiatan perkuliahan lebih sering dilaksanakan secara daring (online) via zoom meeting, yang namanya tugas sangat tidak mungkin Anda sebagai siswa tidak dibebankan oleh guru / dosen. Dan tugas yang paling sering diberikan saat ini yaitu merangkum / membuat resume materi pembelajaran yang telah disampaikan melalui PPT PowerPoint.

Yang membuat kita sebagai mahasiswa semakin geram lagi yaitu ketika tugas yang diberikan harus dikerjakan dengan tulisan tangan. Ini mah benar-benar menyiksa sekali kan guys? Tapi tenang saja, selama ada bot nulis telegram, urusan perihal tulis-menulis dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Karena ketikan di komputer nanti bisa Anda ubah menjadi tulisan font yang mirip seperti tulisan tangan.

Kembali lagi ke topik bahasan kita kali ini Cara Merangkum Materi PPT Powerpoint. Cara ini sesungguhnya sangat mudah dan praktis. Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan maupun bantuan layanan situs untuk mengerjakannya, tidak seperti merangkum video Youtube yang memerlukan bantuan pihak ketiga.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk disimak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Rangkuman PPT Powerpoint

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu siapkan materi PPT Powerpoint yang ingin dirangkum
  2. Buka file PPT tersebut dengan PowerPoint
  3. Setelah materi terbuka, klik tab menu “View“, lalu di bagian Presentations View pilih “Outline View
    Merangkum Materi PPT 01
  4. Tunggu beberapa saat sampai tampilan PPT berubah, akan muncul menu baru di bagian kiri lembar kerja PowerPoint
    Merangkum Materi PPT 02
  5. Silahkan Anda salin seluruh materi tersebut dengan menekan tombol “CTRL + A” lalu “CTRL + C
    Merangkum Materi Slide PPT
  6. Selanjutnya Anda buka Ms Word, buka lembar kerja baru
  7. Tempelkan seluruh materi yang telah Anda copy tadi dengan menekam tombol “CTRL + V
    Meringkas Materi PPT di Word
  8. Rapikan hasil materi yang telah Anda rangkum tersebut, mulai dari jenis font, ukuran font, spasi, line spacing dan lain-lain

Walaupun trik ini bergitu simple, namun ada kekurangannya yaitu materi teks yang disematkan di dalam shape box tidak akan tampil di dalam Outline View

Baik demikianlah Cara Cepat Membuat Rangkuman Materi PPT Powerpoint, cukup mudah bukan? Saya yakin ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda yang yang sering mendapatkan tugas untuk merangkum materi pembelajaran. Apabila Anda ada cara yang lebih simple atau bahkan lebih powerfull lagi, silahkan berbagi melalui kolom komentar ya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *