Cara Menghubungkan Wifi Tersembunyi / Hidden

Cara Menyambungkan Wifi Tersembunyi

Hidden network adalah istilah yang digunakan untuk nama jaringan wifi yang disembunyikan. Wifi yang biasanya Anda lihat di daftar list Wifi aktif adalah wifi yang bersifat terbuka alias bisa dilihat oleh siapa saja. Padahal Anda bisa sembunyikan nama Wifi tersebut lho.

Menyembunyikan SSID / nama Wifi itu bertujuan untuk mengurangi pencurian bandwidth oleh orang lain yang sebelumnya sudah mengetahui password Wifi Anda. Jika Anda berlangganan Wifi bulanan dari salah satu ISP, kemudian banyak yang menggunakan jaringan Wifi tersebut, maka hal itu dapat membuat koneksi internet Anda menjadi lelet.

Inilah yang dihindari oleh pemilik Wifi yang pelit, hahaha. Mereka kemudian menyiasatinya dengan membuat jaringan Wifi tidak terlihat untuk publik alias tersembunyi. Jika Anda ingin connect ke Wifi yang dihidden tersebut, mau tidak mau Anda harus menanyakan secara personal face to face kepada pemilik Wifi, apa nama Wifi dan password yang digunakan untuk menghubungkan ke Wifi yang disembunyikan.

Jika Anda pengguna HP iPhone dan beberapa smartphone Android mungkin ada yang belum mengetahui bagaimana cara menyambungkan koneksi hidden Wifi. Normalnya Anda hanya perlu memilih opsi “Tambahkan Jaringan” lalu memasukan nama SSID dan password Wifi, lalu Simpan. Tunggu beberapa saat hingga Wifi yang disembunyikan berhasil tersambung. Namun ternyata beberapa HP Android yang saya coba memiliki masalah / kendala pada saat mencoba connect ke Hidden Network.

Mau tahu letak kesalahannya dimana? Simak artikel berikut sampai habis ya guys. Yang jelas kalau menghubungkan Wifi tersembunyi di HP iPhone rata-rata tidak mengalami masalah kok. Yang terkendala biasanya HP vivo, oppo, nubia red magic.

Cara Menyambungkan Wifi yang Disembunyikan di Android

  1. Pertama pastikan Anda sudah memiliki data SSID dan password dari Hidden Network ya guys
  2. Kemudian buka Pengaturan HP Anda
  3. Pilih Jaringan & Internet > Wifi, lalu pilih opsi “Tambahkan jaringan
  4. Pada kolom Nama jaringan, silahkan Anda masukkan SSID
  5. Pada kolom Keamanan, silahkan Anda pilih WPA/WP2 PSK
  6. Pada kolom Sandi, silahkan Anda masukkan password wifi yang disembunyikan
  7. Selanjutnya inilah yang biasanya menyebabkan beberapa HP Android gagal terkoneksi ke Hidden Network. Silahkan Anda buka “Opsi lanjutan
  8. Gulir ke bagian paling bawah. Pada opsi Jaringan tersembunyi, silahkan pilih Ya
  9. Lalu klik tombol “Simpan
  10. Tunggu beberapa saat hingga Wifi yang disembunyikan berhasil tersambung di HP Anda
Cara Connect Wifi Tersembunyi di HP Android
Cara Menyambungkan Wifi Tersembunyi di HP

Baik demikianlah Cara Menghubungkan Wifi Tersembunyi / Hidden di beberapa HP Android yang sering gagal atau tidak bisa tersambung di Hidden Network. Saya sendiri pernah mengalamj hal tersebut di HP gaming saya yaitu Nubia Red Magic. Berkali-kali saya coba koneksi ke Wifi tersembunyi namun tidak bjsa connect. Padahal di HP iPhone saya bisa dengan sekali percobaan saja untuk terhubung ke jaringan Wifi tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *