Join us in Telegram

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Facebook merupakan raksasa media sosial dengan dengan 2,7 milyar pengguna setiap bulannya. Media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 ini membuat kita bisa terhubung dan berkenalan dengan orang-orang baru dengan latar belakang berbeda setiap harinya.

Namun semenjak maraknya kasus hacking atau pengambil alihan akun media sosial orang lain yang kemudian disalahgunakan untuk melakukan kejahatan membuat sejumlah orang mulai ragu menggunakan Facebook. Selain itu, media sosial ini juga pernah terkena skandal cambridge pada tahun 2018 dimana jutaan informasi pengguna Facebook diperjualbelikan tanpa sepengetahuan pemilik akun.

Alasan-alasan inilah yang mulai membuat orang ragu untuk menggunakan Facebook. Bahkan tidak sedikit pengguna yang ingin meninggalkan Facebook dan mulai mencari bagaimana cara menghapus akun Facebook secara permanen.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak orang yang ingin meninggalkan Facebook maka artikel ini sangat pas untuk Anda baca. Karena saya akan menuntun Anda bagaimana cara menghapus akun Facebook Anda secara permanen.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen
Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Sebelum Anda menghapus akun Facebook secara permanen, pertimbangkan terlebih dahulu apakah Anda sudah benar-benar yakin 100% akan meninggalkan Facebook selamanya? Karena tidak akan ada cara yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan akun Facebook setelah dihapus secara permanen dan itu berarti Anda harus memulai dari awal lagi apabila suatu saat Anda berubah pikiran dan ingin kembali menggunakan Facebook.

Proses penghapusan akun Facebook biasanya memakan waktu sekitar satu bulan sejak diajukannya penghapusan akun. Namun biasanya masih ada salinan data Anda yang dicadangkan atau log tersimpan selama 90 hari kedepan sebelum benar-benar dihapus permanen.

Menghapus Akun Facebook Permanen di HP

Untuk menghapus akun Facebook secara permanen melalui HP, ikuti langkah demi langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Facebook di HP Anda, setelah itu ketuk menu atau icon (3 bilah) pada pojok kanan bawah.

2. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan Settings & Privacy. Ketuk opsi tersebut untuk menampilkan drop down lalu pilih Settings.

3. Setelah masuk ke pengaturan, scroll ke bawah dibagian informasi akun dan pilih Account Ownership & Control.

4. Pilih opsi Deactivation and Deletion.

5. Di sini akan tampil dua opsi, Deactivate Account dan Delete Account.

6. Pilih opsi Delete Account lalu lanjutkan dengan mengetuk Continue to Deletion Account.

Setelah melakukan hal itu, sekarang akun Facebook Anda telah dihapus.

Menghapus Akun Facebook Permanen di Dekstop

Pada dasarnya proses menghapus akun Facebook melalui HP atau Dekstop (PC/Laptop) hampir sama. Namun untuk lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah demi langkah berikut ini apabila Anda menggunakan PC atau laptop.

1. Login ke akun Facebook menggunakan browser favorit Anda.

2. Klik menu berupa icon segitiga menghadap bawah lalu pilih Pengaturan & Privasi, setelah itu klik Pengaturan.

3. Pada bilah sebelah kiri klik Informasi Facebook Anda dan pilih Penonaktifan dan Penghapusan pada bilah sebelah kanan.

4. Hampir sama dengan di HP akan ada dua opsi, Nonaktifkan Akun yang bersifat sementara atau Hapus Akun yang akan menghapus akun secara permanen.

5. Pilih opsi Hapus Akun lalu klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun dibagian bawah untuk menghapus akun Facebook Anda secara permanen.

Jika ingin cara lebih cepat, Anda bisa langsung menggunakan url dibawah ini untuk menghapus akun Facebook.

https://web.facebook.com/deactivate_delete_account

Akun Facebook Anda telah dihapus dan seperti yang sudah saya katakan sebelumnya tidak akan ada cara kembali untuk memulihkan akun yang sudah benar-benar dihapus secara permanen.

Cara Backup Informasi Akun Facebook

Sebelum menghapus akun Facebook secara permanen ada baiknya melakukan backup informasi akun Facebook Anda. Untuk melakukan backup ini juga sangat mudah karena pihak Facebook memang menyediakan fitur ini mengingat tidak sedikit orang yang telah menghapus akunnya namun berubah pikiran dan ingin memulai dari awal.

Dengan melakukan backup pada akun maka akan lebih mudah nantinya apabila suatu saat Anda ingin kembali menggunakan Facebook dengan data-data yang telah tersedia di file backup informasi akun Facebook Anda.

Backup Informasi Akun Facebook di HP

Berikut cara melakukan backup informasi akun Facebook apabila Anda menggunakan HP:

1. Buka aplikasi Facebook di HP, setelah itu ketuk menu atau icon (3 bilah) pada pojok kanan bawah.

2. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan Settings & Privacy. Ketuk opsi tersebut untuk menampilkan drop down lalu pilih Settings.

3. Setelah masuk ke pengaturan, scroll ke bawah dibagian informasi akun dan pilih Download Your Information.

4. Setelah melakukan itu maka otomatis sistem akan mendownload informasi akun Facebook Anda ke hp.

Backup Informasi Akun Facebook di Dekstop

Apabila Anda menggunakan Dekstop, berikut cara backup informasi akun Facebook:

1. Login ke akun Facebook menggunakan browser favorit Anda.

2. Klik menu berupa icon segitiga menghadap bawah lalu pilih Pengaturan & Privasi, setelah itu klik Pengaturan.

3. Pada bilah sebelah kiri klik Informasi Facebook Anda dan pilih Download Your Information pada bilah sebelah kanan.

Selesai, Anda sudah berhasil melakukan backup untuk informasi akun Facebook yang bisa Anda gunakan suatu saat apabila kembali ingin menggunakan media sosial Facebook.

Sebagai informasi, ada beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan pengguna seputar masalah menghapus akun Facebook, berikut pertanyaan-pertanyaan itu:

Apa Perbedaan Menonaktifkan dan Menghapus Akun Facebook?

Perbedaan menonaktifkan dan menghapus akun Facebook terletak pada fleksibilitas. Menonaktifkan berarti Anda bisa kembali sewaktu waktu menggunakan akun Facebook Anda lagi kapan pun. Sedangkan menghapus akun merupakan tindakan permanen untuk tidak akan lagi menggunakan akun Facebook tersebut.

Apa yang Terjadi Ketika Menonaktifkan Akun Facebook?

Saat menonaktifkan akun, linimasa Anda termasuk kiriman, foto, daftar teman, dan informasi tentang Anda akan disembunyikan dan orang lain tidak akan dapat mencari akun Anda. Namun, beberapa informasi, seperti pesan yang pernah Anda kirim akan tetap terlihat.

Apa yang Terjadi Ketika Menghapus Akun Facebook?

Menghapus akun berarti Anda tidak akan lagi dapat memperoleh kembali akses setelah akun dihapus dan semua yang terkait dengan pengguna akan dihapus secara permanen. Untuk alasan ini, Facebook menunda penghapusan selama beberapa hari setelah permintaan dibuat untuk mengantisipasi apabila Anda berubah pikiran. Diperlukan waktu hingga 90 hari setelah akun Anda dihapus agar semua data Anda yang disimpan di sistem cadangan Facebook dihapus sepenuhnya.

Demikian artikel cara menghapus akun Facebook secara permanen. Pilihan ada pada Anda untuk menghapus atau hanya menonaktifkan akun Facebook Anda sementara. Selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Comment