Join us in Telegram

Cara Mengganti DNS di PC / Laptop

Cara mengganti DNS pribadi di laptop Windows 10 berbeda dengan mengganti alamat DNS di HP Android. Di Android versi 9 ke atas fitur private DNS disediakan secara langsung di menu Pengaturan HP. Langkah-langkahnya sendiri sudah pernah saya bagikan pada artikel Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi.

Sebenarnya apa sih alasan seseorang mengganti DNS di Laptop maupun HP? Kelebihan apa yang diberikan dengan mengganti alamat DNS tersebut? Apabila pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di benak Anda, maka saat ini Anda berada di halaman yang tepat karena saya akan mengulas habis itu terlebih dahulu.

Apa itu DNS dan fungsinya?

DNS singkatan dari Domain Name Server yang merupakan suatu sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Jadi, untuk membuka situs tertentu, sesungguhnya Anda perlu mengetikkan IP Address website yang ingin dituju.

Cara ini cukup merepotkan. Sebab, ini artinya, Anda perlu punya daftar lengkap IP Address website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual. DNS adalah sistem yang meringkas pekerjaan ini untuk Anda.

Saat ini Anda hanya tinggal mengingat nama domain dan memasukkannya ke address bar browser seperti Google Chrome misalnya. DNS ini kemudian akan menerjemahkan domain tersebut ke dalam IP Address.

Saya beri contoh disini, misalnya Anda ingin membuka situs Google. Alih-alih menulis 172.217.0.142 ke dalam address bar, tentu Anda tinggal memasukkan alamat Google.com di address bar. Seperti itulah cara kerja DNS server.

Manfaat dan Kelebihan DNS Pribadi

DNS memiliki beberapa kelebihan / keunggulan yang dapat memberikan maanfaat positif kepada penggunanya saat mengganti DNS di Laptop dengan DNS Pribadi. Walaupun banyak pro dan kontra terkait hal ini, namun saya menjamin data Anda akan aman saat merubah DNS Laptop nantinya.

1. Performa

Layanan-layanan DNS publik yang lainnya biasanya tidak mendukung input maupun output dan caching dengan volume tinggi. Disamping itu, kebanyakan server DNS juga tidak bisa menyeimbangkan beban diantara server-server mereka.

Dalam hal ini, DNS Pribadi memiliki kelebihan karena menggunakan cache dan lalu lintas dengan skala besar sehingga bisa meningkatkan performa saat menggunakan koneksi internet

2. Keamanan

Menggunakan DNS publik memang membuat Laptop Anda menjadi rentan terkena berbagai jenis serangan virus komputer. Serangan ini dapat meracuni cache name server, kemudian si pengguna bisa diarahkan menuju situs yang berbahaya. Selain itu, DNS publik juga memiliki resiko untuk disalahgunakan dengan meluncurkan serangan DDoS pada sistem lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir apabila menggunakan DNS Pribadi, karena DNS ini bisa memutuskan untuk tidak menyelesaikan proses ke domain tertentu apabila memang tidak diperlukan. Maka, dapat dipastikan bahwa DNS Pribadi memberi proteksi yang lebih aman dibandingkan dengan DNS lain.

3. Ketepatan

DNS Pribadi dapat memberikan ketepatan sesuai dengan standar DNS. Misalnya, apabila Anda melakukan salah ketik nama domain atau mengetikkan domain yang tidak terdaftar, DNS ini bisa menjawab dengan pesan kesalahan yang menyatakan domain yang Anda tuju tersebut tidak bisa diakses.

4. Keluwesan

Kelebihan yang terakhir saat Anda menggunakan DNS Pribadi saat berinternet melalui Laptop maupun HP, Anda dapat dengan leluasa membuka alamat-alamat situs yang diblokir. Acuan dalam hal ini tidak hanya situs dewasa ya guys, melainkan beberapa situs lain yang bermanfaat seperti forum Reddit misalnya. Apabila Anda tidak menggunakan DNS pribadi, tentu yang akan muncul nanti halaman Internet Positif.

Cara Mengganti DNS Pribadi di Laptop

Bagi Anda yang masih penasaran bagaimana cara merubah alamat DNS di PC, berikut saya bagikan tutorial lengkapnya cara mengganti DNS di Laptop dengan DNS Pribadi. DNS pribadi yang saya contohkan disini yaitu DNS Cloudflare ya guys dengan alamat 1.1.1.1.

  1. Pertama silahkan hubungkan Laptop Anda dengan koneksi Wifi yang tersedia
  2. Buka program Control Panel melalui menu Start di pojok kiri bawah Windows 10
    Control Panel dari Start Menu
  3. Berikutnya pilih Network and Internet > Network and Sharing Center
  4. Klik nama jaringan Wifi yang sudah terhubung di Laptop
    Nama Jaringan Wifi
  5. Pilih opsi “Properties“, maka akan muncul jendela baru
    Wifi Properties
  6. Silahkan Anda klik 2x pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)
  7. Sorot pada kotak pengaturan ke-dua, pilih opsi Use the following DNS server addresses:
  8. Lakukan pengaturan sebagai berikut:
    Mengganti DNS di Laptop
    Preferred DNS server: 1.1.1.1
    Alternate DNS server: 1.0.0.1
  9. Simpan pengaturan tadi dengan menekan tombol OK > OK > Close
  10. Restart koneksi jaringan Wifi di laptop Anda.

Selamat Anda saat ini sudah berhasil mengganti DNS di laptop, silahkan Anda coba pengaturan DNS Pribadi tersebut untuk membuka beberapa alamat situs yang sebelumnya diblokir oleh KomInfo. Dengan cara ini, Anda sekarang bisa bilang “say good bye” to halaman Internet Positif. Untuk DNS Pribadi lainnya yang bisa digunakan nanti akan saya update di lain kesempatan ya guys.

Bagikan:

Leave a Comment