Join us in Telegram

Cara Share PPT Powerpoint di Zoom Meeting

Apakah Anda pernah mendapatkan tugas untuk presentasi slide PPT menggunakan aplikasi Zoom Meeting? Presentasi powerpoint secara daring berbeda dengan presentasi secara konvensional. Jika biasanya Anda membuat PPT slide presentasi, lalu menghubungkan dengan LCD Proyektor di ruang kelas, di masa pandemi seperti saat ini Anda harus bisa Menampilkan PPT di Zoom Meeting baik melalui HP maupun Laptop.

Share PPT Powerpoint di Zoom sesungguhnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. JIka Anda jeli dan sering mencoba berbagai fitur yang dimiliki oleh aplikasi Zoom, saya rasa Anda akan menemukan jawabannya sendiri. Untuk bisa menampilkan PPT di Zoom, Anda dapat menggunakan fitur Share Screen yang tersedia di menu tampilan awal pada saat Anda membuat link zoom meeting.

Sebelum Anda menampilkan PPT di Zoom, yang jelas hal pertama kali yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan slide PPT nya ya guys. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk membuat slide presentasi mungkin bisa download PPT di Slideshare terlebih dahulu untuk mendapatkan inspirasi dan ide-ide dalam pembuatan slide presentasi PPT.

Cara Share PPT Powerpoint di Zoom Meeting dapat Anda lakukan melalui HP maupun Laptop yang Anda miliki. Disini saya mencantumkan opsi pilihan untuk HP dikarenakan pasti tidak semua dari Anda memiliki Laptop ya guys. Menampilkan PPT di zoom lewat HP tentu ada kelemahannya, Anda tidak dapat leluasa menyampaikan materi yang ada di slide presentasi. Kalau Anda pakai laptop, jelas layarnya besar, user interface nya juga simple dan mudah untuk digunakan.

Cara Menampilkan PPT Zoom Meeting di Laptop

Hal pertama yang akan saya sampaikan kepada Anda yaitu bagaiamana cara share PPT di aplikasi Zoom Meeting menggunakan Laptop. Sebelumnya pastikan Anda sudah mendaftar dan menginstall Zoom Meeting untuk PC ya guys. Silahkan Anda klik tautan tersebut untuk bisa download aplikasi Zoom for PC.

Share PPT Power Point di Laptop bisa Anda lakukan melalui 2 fitur, yang pertama yaitu menggunakan fitur Share Screen untuk menampilkan apa saja yang tampil di layar Laptop Anda kepada seluruh peserta Zoom, dan yang kedua menggunakan fitur Powerpoint as Virtual Background untuk menampilkan slide PPT sebagai background latar belakang Anda. Disini saya akan membagikan opsi kedua ya guys, karena lebih cocok saja menurut saya.

  1. Pertama buka aplikasi Zoom di Laptop Anda
  2. Pilih opsi “New Meeting” untuk membuat pertemuan baru. Disini Anda bisa mengaktifkan kamera depan dan audio nya juga
  3. Lalu klik opsi “Share Screen” yang ada di menu bagian bawah, lalu pilih tab “Advanced” > “PowerPoint as Virtual Background
    Cara Share PPT Zoom di Laptop
  4. Klik tombol “Share“di pojok kanan bawah
  5. Silahkan Anda cari direktori penyimpanan file PPT yang ingin ditampilkan, lalu pilih “Open“. Tunggu beberapa saat sampai Zoom memuat seluruh halaman yang ada di slide PPT Powerpoint
    Cara Menampilkan PPT Zoom di Laptop
  6. Selamat PPT Anda sudah bisa tampil dan dilihat oleh seluruh peserta Zoom Meeting
    Cara Presentasi Powerpoint di Zoom

Cara Menampilkan PPT di Aplikasi Zoom lewat HP

Share PPT Zoom lewat HP berbeda dengan Laptop ya guys. Anda tidak akan menemukan opsi Powerpoint as Virtual Background disana. Anda bisa menampilkan slide presentasi melalui 2 cara juga, yang pertama menggunakan Share Screen dan yang kedua menggunakan Share Document. Kalau disini saya lebih menyarankan Anda menggunakan opsi yang pertama, walaupun apa yang tampil di layar akan dilihat oleh seluruh peserta Zoom.

Mengapa saya tidak merekomendasikan Anda menggunakan opsi Share Document? Itu dikarenakan fitur tersebut di HP tidak bisa digunakan untuk berbagi file PPT, hanya bisa berbagi dokumen dalam bentuk Image dan juga PDF. Walaupun PPT bisa diubah ke PDF secara online, namun tentu itu saya rasa akan menguras cukup waktu Anda. Baik berikut saya bagikan Cara Menampilkan PPT di Aplikasi Zoom lewat HP dengan menggunakan fitur Share Document.

  1. Pertama silahkan Anda buka file PPT terlebih dahulu menggunakan aplikasi Office yang Anda miliki, bisa menggunakan Office Suite atau WPS Office (saya lebih memilih WPS Office)
  2. Minimize file PPT yang telah Anda buka tersebut, lalu buka aplikasi Zoom Meeting
  3. Buat pertemuan baru dengan cara memilih “New Meeting” > “Start a Meeting
  4. Pilih menu “Share” yang ada dibagian bawah, lalu pilih “Screen” > “Mulai Sekarang
  5. Buka kembali aplikasi Office Anda, lalu putar Slide PPT Powerpoint dalam posisi landscape ya guys
  6. Untuk berhenti berbagi pilih opsi “Stop Share
Cara Share PPT Zoom HP
Cara Share PPT DI Zoom lewat HP

Demikianlah Cara Menampilkan PPT Powerpoint Zoom di HP & Laptop yang dapat saya bagikan, cukup mudah sih, hahaha. Kelemahan jika Anda share PPT di Zoom lewat HP yaitu Anda tidak bisa menampilkan wajahnya sekaligus. Walaupun Anda sudah mengaktifkan “Start Video” di aplikasi Zoom Meeting, namun wajah Anda tetap tidak akan dilihat oleh peserta pada saat Anda mempresentasikan slide PPT Powerpoint. Maka dari itu saya menyarankan Anda untuk menggunakan laptop ya untuk menampilkan PPT lewat Zoom Meeting.

Bagikan:

Leave a Comment