Join us in Telegram

Cara Mengatur Margin 4433 di Word

Margin 4433 adalah margin standar yang digunakan untuk penulisan karya tulis seperti makalah, proposal, skripsi, jurnal, dan lain-lain. Sebenarnya apa sih Margin itu? Seberapa penting dalam pembuatan karya tulis, dan bagaimana cara mengatur margin 4433 di Microsoft Word. Pada kali ini admin akan membahas tuntas untuk Anda semua belum paham mengubah margin.

Margin adalah batas tepi dari lembar kerja penulisan yang Anda buat. Di dalam lembar kerja Word, terdapat 4 margin, yaitu margin kiri, margin atas, margin kanan, dan margin bawah. Secara default margin ini tidak diatur ke 4433, jadi untuk mengatur ukuran margin baru Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian pengaturan di melalui menu Custom Margin.

Margin dalam penulisan makalah / skripsi sangatlah penting, ini untuk mengatur kerapian dan kesejajaran tulisan yang Anda buat. Selain itu juga margin kiri perlu diperhatikan untuk pembatasan penjilidan. Untuk menghasilkan karya tulis yang rapi, selain menghindari spasi berantakan di Word, Anda juga harus mengatur marginnya. Bagi Anda yang masih belum paham yang mana dinamakan margin, berikut saya berikan contohnya.

Contoh Margin 4433
Contoh Margin 4433

Margin 4433 yang saya maksud disini, yaitu margin kiri 4 cm, margin atas 4 cm, margin kanan 4 cm, margin bawah 4 cm. Perlu Anda ingat satuan yang saya gunakan disini yaitu Centimeter ya guys, apabila Microsoft Word Anda menggunakan satuan Inches, perlu diubah dulu ke dalam bentuk Centimeters. Untuk caranya sendiri sudah pernah saya bagikan di cara menampilkan ruler di Word.

Apabila Anda ingin melewati pengubahan satuan dari Inches ke Centimeters, tidak apa-apa berarti saya yang harus menyesuaikan Anda. 4 cm itu sama dengan 1,58 inci sedangkan 3 cm itu sama dengan 1,18 inci. Jadi tinggal Anda sesuaikan saja ya dengan tutorial MS Word yang akan saya bagikan kali ini.

Cara Mengatur Margin 4433 di Word

  1. Buat lembar kerja baru di Microsoft Word
  2. Atur ukuran kertas, jenis font dan ukuran font yang ingin Anda gunakan
  3. Pilih tab menu “Layout
  4. Pilih opsi “Margin“, lalu pilih “Custom Margin“. Maka akan muncul pengaturan margin
    Custom Margin Word
  5. Isi Top: 4 cm; Left: 4 cm; Bottom: 3 cm; Right: 3 cm (Apabila Anda menggunakan satuan Centimeters, untuk Inches silahkan sesuaikan)
  6. Klik tombol “OK

Gimana guys, mudah sekali bukan Cara Mengatur Margin 4433 di Word dalam Cm & Inci? Pengaturan margin ini sangat penting Anda lakukan sebagai aturan standar dalam penulisan karya tulis seperti makalah. Selain mengatur margin, jangan lupa juga untuk mengatur ukuran kertas, jenis font, ukuran font, dan line spacingnya ya guys. Lakukan pengaturan tersebut dari awal agar Anda tidak kelabakan mengubahya di akhir.

Bagikan:

Leave a Comment