Cara Agar Lolos Uji Turnitin
Tips & Trik

Apa itu Turnitin? Cara Agar Lolos Uji Turnitin

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui Apa itu Turnitin? Pada saat Anda mengumpulkan karya tulis seperti skripsi, tesis, maupun disertasi maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh dosen yaitu menguji originalitas atau keaslian daripada tulisan yang telah Anda buat. Kegiatan pengujian inilah yang dinamakan dengan Uji Turnitin.

Untuk bisa menguji keaslian tulisan Anda, maka data karya tulis Anda akan dibandingkan / dicocokan dengan data karya tulis orang lain yang telah disimpan di dalam satu database besar. Jadi untuk bisa lolos dari Turnitin Anda harus benar-benar menulis dengan hasil ketikan sendiri. Boleh saja copy paste, namun harus ditulis kembali dengan bahasa sendiri, atau dikenal dengan istilah Parafrase.

Contoh Uji Turnitin
Contoh Uji Turnitin

Apa itu Turnitin?

Turnitin adalah sebuah program yang digunakan untuk menguji keaslian karya tulis, karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan disertasi. Program Turnitin ini mempunyai database atau arsip dokumen yang sangat lengkap. Tidak hanya dosen, Turnitin juga bisa digunakan oleh guru, instruktur, tutor, siswa, dan mahasiswa maupun peneliti yang akan membuat / menyusun suatu karya tulis ilmiah.

Adapun beberapa tujuan dari program Turnitin ini, yaitu: menampilkan, mencocokkan, dan menyajikan berapa banyak kata, kalimat, paragraf yang diambil dari database, arsip dokumen karya orang lain. Seorang dosen biasanya memiliki standar terkait nilai yang didapat dari program uji Turnitin. Apabila standar penilaian tersebut tidak melebihi nilai yang ditentukan, maka skripsi Anda dapat dikatakan berhasil lolos uji Turnitin karena telah berhasil melewati standar nilai dari program turnitin yang ditentukan dosen.

Di dalam uji Turnitin ini, hal yang paling penting untuk memulai dan menyiapkan sebuah karya tulis adalah keaslian karya tulis Anda itu sendiri. Topik boleh sama, namun judul tentu harus bervariasi dan berbeda, termasuk juga objek penelitiannya. Penulis dapat dapat saja mengutip dengan menautkan informasi sumber dari berbagai sumber dalam karya tulis. Hal ini tidak termasuk di dalam kategori menjiplak atau plagiarisme, karena penulis pun akan mencantunkam sumber tersebut di dalam daftar pustaka.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana Cara Agar Lulus Uji Turnitin. Yang akan saya berikan berupa tips yang benar-benar sesuai dengan prosedur dan yang kedua yaitu trik cara mudahnya untuk bisa lolos uji Turnitin. Silahkan Anda simak baik-baik uraian admin berikut ini ya guys.

Tips Agar Lolos Cek Turnitin

Jangan Copy Paste

Tips Lolos Cek Turnitin yang pertama adalah jangan copy paste tulisan orang lain. Anda harus bisa membiasakan diri untuk tidak menyalin teks secara utuh karya orang lain. Karena ini sangat beresiko, tidak hanya berakibat pada tidak lolos uji Turnitin, lebih jauh lagi berdampak pada tumpulnya kemampuan dan keterampilan menulis Anda. Ditambah lagi tingkat akurasi pengecekan Turnitin sangat akurat, kalau Anda masih nekat copy paste, dapat dipastikan angka turnitin karya tulismu akan tinggi.

Mencantumkan Sumber

Tips Lolos Cek Turnitin yang kedua adalah jangan menulis pendapat orang lain tapi membuatnya seolah-olah itu argumen kita sendiri. Hal ini tentu kurang beretika, untuk itu penting untuk Anda tahu bagaimana metode penulisan ilmiah yang baik, mulai dari pemilihan sampai penulisan sumber darimana informasi tersebut diperoleh. Dalam penulisan karya tulis ilmiah pada dasarnya tidak ada karya yang benar-benar orisinil. Karya tulis ilmiah dibangun oleh lebih banyak teori yang sudah ada, sehingga penting untuk mencantukan sumber pendapat yang digunakan dalam penulisan karya tulis Anda.

Hindari Pemakaian Dokumen Legal

Yang saya maksdu Dokumen Legal disini yaitu Undang-Undang, Ketetapan Presiden, Peraturan Menteri, Peraturan Pemerintah. Dokumen-dokumen tersebut redaksi dan maknanya tidak dapat diubah. Pencantuman atau pengutipan dari dokumen ini cenderung memiliki persentase kemiripan yang tinggi, maka dari itu tips untuk lolos uji Turnitin ketiga, kalau tidak terpaksa sebaiknya hindari penggunaan sumber dari dokumen legal seperti ini.

Gunakan Teknik Parafrase

Apa itu Paraprase? Parafrase adalah pengungkapan kembali suatu tuturan bahasa ke dalam bentuk bahasa lain tanpa mengubah pengertian. Pengungkapan kembali tersebut bertujuan untuk menjelaskan makna yang tersembunyi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, parafrase adalah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi. Penjelasan perhal parafrase sudah pernah saya posting pada artikel sebelumnya di Cara Agar Tidak Ketahuan Copy Paste.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam membuat parafrasa dari sebuah bacaan. Untuk membuat parafrasa lisan, langkah-langkahnya adalah membaca informasi secara cermat, mencatat kalimat inti, mengembangkan kalimat inti menjadi pokok pikiran, menyampaikan pokok pikiran dalam bentuk uraian lisan dengan kalimat sendiri. Gunakanlah sinonim, ungkapan yang sepadan, mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung, mengubah kalimat aktif menjadi kalimat tidak aktif, serta menggunakan kata ganti orang ketiga untuk narasi jika kesulitan menguraikan.

Cara Mudah Lolos Uji Turnitin

  • Pertama-tama, silahkan Anda buka karya tulis ilmiah (skripsi) Anda melalui Microsoft Word, kemudian blok semua teks dengan menekan tombol Ctrl+A
  • Lalu pilih tab menu Home > Replace. Maka akan muncul jendela Find and Replace
  • Tempatkan kursor pada bagian Find what lalu tekan spasi satu kali di keyboard. Lalu di bagian Replace with tekan spasi satu kali di keyboard dan tambahkan huruf i dan jika sudah klik More untuk membuka pengaturan lanjutan
  • Jika pengaturan lanjutannya sudah terbuka silahkan klik Format lalu pilih Font…
  • Maka jendela Font Color akan terbuka. Silahkan ke bagian Font Color lalu ganti warnanya menjadi putih. Jika sudah, tekan tombol OK
  • Selanjutnya di jendela Find and Replace, klik Replace All untuk menerapkannya ke seluruh file dokumen
    Cara Mudah Lolos Turnitin
  • Jika ada pemberitahuan muncul, tekan tombol OK

Baik demikianlah penjelasann lengkap saya perihal Apa itu Turnitin? Cara Agar Lolos Uji Turnitin. Apabila Anda takut-takut menggunakan cara mudahnya, maka saya sarankan Anda untuk mengikuti Tips Agar Lulus Cek Turnitin nya saja ya guys. Untuk antisipasi nanti apabila ketahuan dosen menggunakan trik ganti spasi dengan spasi + huruf i berwarna putih untuk lolos uji Turnitin.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *