Join us in Telegram

Cara Live Streaming Youtube di Android Tanpa Subscriber

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube, platform berbagi video ini sangat populer sebagai salah satu tempat mencari hiburan gratis di internet. Dari platform ini pula banyak yang sukses menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya dari channel yang mereka kelola.

Namun sayangnya, bagi Youtuber pemula seperti Anda yang baru mulai membangun channelnya dengan niat ingin mengikuti jejak Youtuber sukses tersebut dan hanya bermodalkan hp Android sepertinya harus gigit jari. Karena Youtuber pemula dibatasi untuk melakukan beberapa hal, salah satunya live streaming Youtube di Android tanpa subscriber.

Ini salah satu masalah terbesar bagi Youtuber pemula yang tidak dibolehkan melakukan live streaming melalui Android hingga channel mereka punya 1000 subscriber.

Yap, Anda membutuhkan setidaknya 1000 subscriber di channel yang Anda bangun sebelum Youtube mengizinkan melakukan live streaming di Youtube dari Android. Hal ini tidak dibuat buat melainkan kebijakan resmi dari Youtube itu sendiri yang bisa Anda lihat pada halaman dukungan Youtube tentang batasan live streaming. Kira-kira seperti ini bahasa dari pihak Youtube:

Untuk melakukan live stream di perangkat seluler, channel Anda harus memiliki minimal 1.000 subscriber

Perlu diperhatikan bahwa batas minimum kelayakan ini tidak berlaku untuk alat live streaming lainnya. Kreator yang memiliki kurang dari 1.000 subscriber masih dapat melakukan live stream melalui komputer dan webcam. 

Ini merupakan batasan cukup besar dirasakan Youtuber pemula yang ingin melakukan live streaming di Youtube melalui hp Android mengingat dengan melakukan live streaming akan membuka kesempatan lebih besar channel yang Anda kelola lebih dikenal orang dan mendapatkan subscribe Youtube dalam waktu singkat. Apalagi sebenarnya sangat mudah melakukan streaming langsung dari Android tanpa perlu hp mahal atau peralatan studio layaknya Youtuber profesional.

Jadi, apakah ini berarti Anda tidak dapat melakukan live streaming di Youtube sebelum subscriber di channel Anda mencapai 1000?

Tidak, itulah mengapa saya menulis artikel ini karena ada cara live streaming Youtube di Android tanpa subscriber yang nantinya bisa Anda lakukan.

Cara Live Streaming Youtube di Android Tanpa Subscriber

Apabila nantinya tidak ada kendala, mestinya Anda bisa live streaming Youtube setelah belajar langkah demi langkah dalam panduan cara live streaming Youtube di Android tanpa subscriber.

Jadi jangan sampai terlewatkan satu paragraf pun, berikut caranya:

1. Aktifkan Live Streaming di Akun Youtube

Hal pertamakali yang Anda lakukan sebelum live streaming di Youtube tentunya mengaktifkan opsi live streaming Youtube di akun Anda. Untuk melakukan hal tersebut, masuk ke akun Youtube Anda dan klik “Buat” dan “Siarkan Langsung” pada menu pojok kanan atas Youtube.

Apabila ini pertamakalinya Anda melakukan live streamingdi Youtube maka Anda harus menyetujui persyaratan dan ketentuan Youtube terlebih dahulu. Setelah itu, Anda setidaknya harus menunggu 24 jam sebelum fitur live streaming diaktifkan untuk akun Anda. Jadi ikuti langkah di atas dan kembali setelah 24 jam.

2. Install Aplikasi StreamLabs di Hp

Di langkah kedua ini, buka Google Play Store di Android untuk mengunduh dan menginstall aplikasi StreamLabs di hp Anda. Aplikasi inilah yang akan kita gunakan untuk melakukan live streaming Youtube di Android.

Aplikasi StreamLabs sangat powerfull digunakan untuk melakukan live streaming karena punya berbagai fitur terbaik untuk mendukung aktivitas streaming. Setelah menginstall aplikasi ini di hp Android Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Hubungkan StreamLabs ke Akun Youtube

Setelah aplikasi StreamLabs terinstall di hp Android Anda, jalankan aplikasi tersebut. Saat membuka aplikasi ini, akan tampil beberapa opsi login dilayar hp Android Anda mulai dari Twitch, Youtube, Facebook, Custom RTMP.

Klik ikon Youtube dan masu menggunakan akun Google Anda. Ini akan memberi akses pada aplikasi StreamLabs ke akun Youtube Anda yang diperlukan untuk dapat melakukan live stream.

Setelah Anda login, aplikasi ini akan bertanya “Whats you will be using Streamlabs for?”. Karena Anda ingin live streaming Youtube maka pilih opsi “Stream yourself” untuk menggunakan kamera dan mikrofon pada hp Android Anda.

Setelah memilih opsi tersebut, otomatis aplikasi StreamLabs meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon hp Anda. Setelah memberi izin, aplikasi akan bertanya lagi dimana Anda ingin menyiarkan live streaming ini. Karena Anda ingin live streaming di Youtube, tentunya pilih ke Youtube.

Akan tampil tiga opsi yang ditawarkan aplikasi ini untuk live streaming di Youtube, diantaranya:

  1. Active event
  2. Upcoming event
  3. Create event

Pilih opsi ke 3 yaitu Create event untuk membuat live streaming baru di Youtube. Setelah itu, masukkan judul dan deskripsi live streaming Anda lalu pilih Public agar bisa dilihat oleh orang lain di Youtube nantinya.

4. Mulai Live Streaming Youtube

Untuk mulai melakukan live streaming Youtube di Android, Anda tinggal klik opsi GO LIVE pada bagian bawah aplikasi StreamLabs setelah Anda mengisi judul dan deskripsi. Hal ini akan melewati aturan 1000 subscriber sebelum dapat melakukan live streaming Youtube di Android.

Untuk mengakhiri live streaming Youtube, Anda tinggal klik STOP untuk mengakhiri live streaming.

Oke, demikian artikel cara live streaming Youtube di Android tanpa subscriber.

Bagikan:

Leave a Comment