Join us in Telegram

Cara Membuat Link WA Menuju Chat Langsung

Di tengah persaingan bisnis seperti saat ini, meningkatkan layanan pelanggan menjadi salah satu strategi untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Apalagi perilaku pelanggan saat ini yang ingin serba instan menuntut Anda benar-benar prima dalam memberi layanan terhadap pelanggan.

Salah satu yang bisa Anda gunakan untuk memberi layanan prima kepada pelanggan adalah layanan pesan instan WhatsApp. Saat ini ada lebih dari 10 juta orang menggunakan WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan. Anda bisa menggunakan fitur link WA menuju chat langsung yang akan cepat membuat Anda terhubung kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Tentu pertanyaan Anda, apa itu link WA menuju chat langsung? Bagaimana cara membuat link WA menuju chat langsung ini? Tenang, dalam artikel ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu link WA menuju chat langsung, cara membuatnya dan bagaimana menerapkannya untuk hasil terbaik.

Apa itu Link WA Menuju Chat Langsung?

Link Wa menuju chat langsung adalah sebuah tautan yang memungkinkan Anda langsung bisa mengobrol/berkomunikasi dengan seseorang atau pelanggan Anda di WhatsApp hanya dengan satu kali klik.

Singkatnya, setelah mengklik tautan tersebut maka Anda akan langsung di arahkan ke obrolan WhatsApp baik itu di smartphone maupun WhatsApp web dengan catatan Anda juga sudah mendaftar akun WhatsApp dan aplikasinya terinstall di smartphone Anda.

Manfaat dari link WA ini adalah Anda atau pelanggan tidak perlu sama sekali untuk menyimpan nomor apapun di smartphone.

Kenapa Menggunakan Link WA Menuju Chat Langsung?

Banyak alasan kenapa Anda perlu menggunakan link WA yang langsung menuju ke chat, berikut beberapa alasannya:

  • Pelanggan tidak perlu menyimpan kontak Anda sebelum mereka menghubungi Anda melalui link WA.
  • Hanya dengan satu kali klik bisa langsung menghubungkan Anda dengan pelanggan di obrolan WhatsApp.
  • Link WA dapat Anda gunakan sebagai hyperlink, kode QR barcode Whatasapp atau dapat Anda integrasikan dengan sebuah gambar/GIF.
  • Anda bisa menyisipkan link WA ke dalam banner untuk membuat konversi penjualan yang lebih besar di web Anda.

Selain itu tentunya masih banyak lagi manfaat menggunakan link WA ini yang nantinya bisa Anda gali sendiri.

Cara Membuat Link WA Menuju Chat Langsung

Cara Membuat Link WA

Setidaknya ada tiga cara membuat link WhatsApp menuju chat langsung. Cara pertama bisa disebut dengan cara manual yakni dengan memasukkan nomor telepon dan pesan ke dalam format tertentu. Yang kedua, membuatnya di aplikasi WhatsApp bisnis. Terakhir, menggunakan bantuan pihak ketiga atau biasa disebut link maker.

Membuat Link WA Menuju Chat Langsung Secara Manual

Untuk membuat link WA menuju chat langsung tanpa pesan khusus maka formatnya seperti ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=

Contoh:
Nomor hp Anda: 089611111111
Kode Panggilan Indonesia: +62
Maka link WA dibuat: https://api.whatsapp.com/send?phone=6289611111111

Anda tidak perlu menyertakan tanda “+” ke dalam format link WA dan angka pertama “0” pada nomor hp Anda. Coba saja Anda klik link tersebut maka akan mengarahkan Anda langsung ke obrolan WhatsApp.

Jika Anda ingin menambahkan beberapa kata maka perlu sedikit penyesuaian. Contohnya, Anda ingin menambahkan kata “Apa kabar?” dalam link WA maka format link WA nantinya seperti ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6289611111111&text=Apa%20kabar?

Untuk menambahkan spasi atau jarak antar kata gunakan %20

Membuat Link WA Menuju Chat Langsung Melalui WhatsApp Bisnis

Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis maka untuk membuat link WA menuju chat langsung akan lebih mudah karena di dalam aplikasi ini sudah tersedia fitur tersebut. Link WA ini nantinya memiliki ID unik yang sudah ditautkan ke akun WhatsApp bisnis Anda.

Untuk membuat link WA menuju chat langsung dari aplikasi WhatsApp bisnis, buka aplikasi WhatsApp Bisnis > Business Tools > Short Link. Setelah itu Anda tinggal copy shot link yang telah disediakan. Anda juga bebas menambahkan beberapa kata. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

Membuat Link WA Menuju Chat Langsung dengan Link Maker

Pada dasarnya cara membuat link wa menuju chat langsung dengan menggunakan bantuan pihak ketiga (Link Maker) ini paling mudah.

Pertama, akses situs berikut ini: create.wa.link

Scroll ke bawah hingga Anda menemukan teks “Create your link here”. Isi nomor hp dan kata yang ingin Anda masukkan dalam link WA. Anda bisa melakukan preview seperti apa hasilnya link WA Anda nantinya, setelah itu klik Generate my wa.link untuk membuat link WA menuju chat langsung.

Nantinya Anda bisa copy link WA yang dihasilkan dari WhatsApp link maker tersebut atau mendownload kode QR yang dihasilkan.

Cara Terbaik Menerapkan Link WA

Cara terbaik menerapkan link WA ini tentunya di sebuah website. Anda bisa menyisipkan link WA ini pada landing page untuk menghasilkan konversi yang lebih baik. Apalagi jika Anda menyisipkannya di sebuah banner dengan materi iklan yang bagus maka tentu ini bisa menghasilkan lebih banyak konversi.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan link WA ini di media sosial seperti instagram atau pada postingan Anda di Facebook.

Oke, demikian artikel cara membuat link WA menuju chat langsung yang bisa langsung diterapkan dalam bisnis Anda.

Bagikan:

Leave a Comment