Cara Install Play Store di Huawei
Tips & Trik

Cara Install Play Store di Huawei Matepad, Mate 30, P30, P40 Pro

Huawei merupakan salah satu produsen smartphone terbaik asal China yang seringkali menawarkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Namun sayangnya belakangan ini ponsel-ponsel flagship buatan Huawei hadir tanpa Google Play Store dan Google Play Service karena imbas dari perang dagang Amerika vs China.

Huawei dan sejumlah vendor smartphone asal China dimasukkan ke dalam daftar hitam entity list oleh pemerintah Amerika pada masa pemerintahan Donald Trump. Mereka tidak diizinkan untuk berbisnis dengan perusahaan asal Amerika serikat, salah satunya adalah Google yang berlaku hingga hari ini.

Oleh sebab itu Anda tidak akan menemukan layanan Google di smartphone keluaran Huawei saat ini terutama yang termasuk ke dalam HarmonyOS 2.0, seperti pada Huawei Matepad, Huawei Mate 30, Huawei P30 Pro, Huawei P40 Pro, dan lainnya. Namun jangan khawatir karena ada solusi yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan layanan dari Google, terutama layanan Google Play Store di Huawei dengan memanfaatkan trik berikut ini.

Cara Install Play Store di Huawei Series Tertentu

Google Play Store

Ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk menginstall Play Store di Huawei Series tertentu seperti Huawei Matepad, Mate 30, P30, P40 Pro, dan lainnya. Namun perlu Anda ingat tidak semua metode akan berjalan mulus seperti yang Anda harapkan.

Jika masih ingin mencobanya, berikut metode yang bisa Anda coba satu per satu.

1. Googlefier

Untuk menginstall Play Store di Huawei P30 Pro yang pertama perlu Anda lakukan adalah menginstall Google Mobile Service (GMS) pada perangkat Huawei P30 Pro menggunakan Googlefier. Dengan menggunakan Google Play Service maka nantinya Huawei P30 Pro akan bekerja normal seperti smartphone Android lainnya dan Anda dapat memasang produk dari Google lainnya.

Googlefier merupakan sebuah GMS installer tidak resmi yang dibuat oleh salah satu member xda-developers dengan nick name bender_007 untuk membantu para pengguna ponsel Huawei yang ingin menggunakan produk Google di hp mereka.

Sebelum menggunakan Googlefier ini pastikan Huawei P30 Pro Anda menggunakan ROM EMUI 10, karena installer GMS ini tidak akan berfungsi normal di EMUI 11. Jika terlanjur menggunakan ROM EMUI 11, Anda perlu melakukan roll back atau kembali menggunakan EMUI 10.

Berikut cara roll back dari EMUI 11 ke EMUI 10.

  • Pastikan ada koneksi internet dan mulai cadangkan data pada ponsel Anda sebelum melakukan roll back karena proses ini akan menghapus semua data.
  • Download dan install software Huawei HiSuite di PC atau laptop Anda (Tersedia untuk Windows dan Mac) dan jalankan aplikasi ini di PC.
  • Beri izin koneksi USB melalui HDB pada ponsel Huawei Anda dengan cara masuk ke Pengaturan > Keamanan > Pengaturan Lainnya > Lalu aktifkan HDB.
  • Hubungkan ponsel Anda dengan PC melalui kabel USB.
  • Pilih “Transfer File” dan berikan izin yang diminta.
  • HiSuite nantinya akan meminta kode verifikasi untuk mengonfirmasi sinkronisasi yang akan tampil di layar perangkat Huawei Anda setelah menyambungkan ponsel dengan PC.
  • Pada jendela utama HiSuite klik tombol “Perbarui”, setelah itu klik tombol “Beralih ke versi lain”.
  • Klik “Pulihkan” lalu pilih “Roll Back”, untuk mengembalikan EMUI versi 10
  • Tunggu proses ini 20 – 45 menit tergantung dari koneksi internet Anda.
  • Jika proses selesai, ponsel Anda akan otomatis restart dan kembali menggunakan EMUI 10.

Setelah kembali ke EMUI 10 Anda bisa mulai menginstall Google Mobile Service menggunakan Googlefier.

Download Googlefier di forum xda-developers lalu install aplikasinya seperti biasa. Selama proses instalasi berlangsung Googlefier akan mengembalikan aplikasi cadangan dan memulihkan LZPlay (Metode instalasi GMS sebelumnya). Setelah itu, Googlefier akan menginstall layanan dasar di perangkat Anda agar bisa menggunakan Google Play Store dan aplikasi Google lainnya.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar berikut ini.

Googlefier

Seluruh prosesnya hanya berjalan 4-7 menit apabila Anda mengikuti instuksinya dengan benar.

2. Dual Space

Selain menggunakan Googlefier, ada metode yang lebih mudah bisa Anda coba untuk menggunakan produk Google di smartphone Huawei P30 Pro Anda.

Cara install Play Store di Huawei P30 Pro ini dengan menggunakan Dual Space – GMS APK.

Catatan: Gunakan versi 3.2.7 atau versi lebih baru, karena aplikasi ini tidak akan bekerja jika Anda menggunakan versi yang lebih rendah.

Dual Space merupakan aplikasi virtual yang di dalamnya sudah terdapat atau tertanam Google Play Store. Jadi dengan menggunakan aplikasi Dual Space ini secara tidak langsung Anda akan dapat menginstall dan menggunakan produk Google seperti Gmail, Youtube, Maps dan lain-lain sama seperti smartphone Android pada umumnya.

Untuk menggunakan Dual Space pada perangkat Huawei P30 Pro, Anda cukup mengikuti langkah demi langkah berikut ini:

  • Download dan install terlebih dahulu aplikasi Dual Space.
  • Setelah itu buka aplikasi Dual Space dan masukkan akun Google Anda.
  • Jika sudah memasukkan akun Google, Anda tinggal menginstall aplikasi Google yang Anda butuhkan.

Secara keseluruhan, menggunakan metode kedua ini lebih mudah karena Anda tidak perlu melakukan roll back pada ponsel apabila menggunakan EMUI 11.

Oke, sekian artikel Cara Install Play Store di Huawei Matepad, Mate 30, P30, P40 Pro. Semoga bermanfaat ya bagi Anda yang memiliki kendala tidak bisa install Play Store di Huawei series tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *