Cara Inspect Element di Chrome Android
Tutorial

Cara Inspect Element di Chrome Android

Bagi Anda seorang blogger mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa yang dimaksud dengan “Inspect Element” dan tahu fungsi dan kegunaannya untuk apa berikut cara menggunakan Inspect Element. Namun saya yakin semua kegiatan tersebut pasti Anda lakukan lewat browser Google Chrome di Laptop. Percayakah Anda bahwa Chrome Android bisa melakukan itu juga tanpa aplikasi tambahan sekalipun?

Sekedar memberikan informasi tambahan, pada dasarnya Inspect Element merupakan salah satu fitur Developers tool yang terdapat di browser Anda yang memungkinkan Anda untuk mengubah dan mengedit tampilan website langsung dari browser Anda. Editing yang Anda lakukan tersebut nantinya hanya berlaku di peramban browser yang Anda gunakan, bukan mengubah tampilan website secara live, kalau ini mah hacker namanya, hahaha.

Di Google Chrome versi PC Anda dapat dengan mudah menggunakan Inspect Element tersebut, cukup dengan menekan tombol shortcut F12, maka jendela akan muncul jendela tampilan Developers tool dibagian kanan layar laptop. Disini akan tampil berbagai tab menu, mulai dari Elements. Console, Sources, Network, Performance, Memory yang mana setiap menu ini memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing untuk menampilkan halaman website.

Saya sendiri sering melakukan Inspect Element di Chrome untuk melakukan pembelajaran perihal CSS dan HTML. Padahal melalui menu Console ini sangat banyak hal yang bisa dilakukan yang bisa membuat Anda terkagum-kagum salah satunya yang pernah saya bagikan yaitu bisa digunakan untuk Konfirmasi Pertemanan di Facebook Otomatis Sekaligus. Berikut adalah beberapa manfaat dari fitur Inspect Element ini.

  1. Tempat belajar CSS dan HTML
  2. Menguji tampilan responsif website
  3. Mengukur kecepatan website
  4. Debugging javascript
  5. Sebagai alat audit website
  6. Mengambil gambar screenshot
  7. Mengukur performa memori dan CPU

Kembali lagi ke topik awal kita yaitu Cara Inspect Element di Chrome HP Android. Cara yang akan saya sampaikan kali ini sama sekali tidak memerlukan aplikasi tambahan dan bukan juga Cara Melihat Source Code Web di Android yang dengan hanya menambahkan kode “view-source:” saja di depan alamat situs website. Ini murni sama halnya seperti Inspect Element di Google Chrome PC. Penasaran bagaimana caranya, yuk simak tutorial berikut.

Cara Inspect Element di Chrome HP Android tanpa Aplikasi

  1. Pertama-tama, silahkan Anda salin kode javascript berikut di bawah.
javascript:(function () { var script = document.createElement('script'); script.src="//cdn.jsdelivr.net/npm/eruda"; document.body.appendChild(script); script.onload = function () { eruda.init() } })();
  1. Buat bookmark baru di browser Chrome Anda, pada kolom alamat pastekan kode javascript tersebut. Beri nama bookmark Inspect Element saja.
    Bookmark Javascript di Chrome Android
  2. Buka situs website yang ingin Anda Inspect Element nya
  3. Setelah terbuka, kunjungi Bookmark baru yang Anda buat dengan mengetik “Inspect Element”
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul icon “Developers tool” di pojok kanan bawah. Silahkan klik saja icon tersebut untuk membuka Inspect Element
  5. Selesai. Selamat bereksperimen.
Cara Inspect Element Chrome Android
Cara Inspect Element di Chrome Android

Demikianlah Cara Inspect Element di Chrome Android tanpa Aplikasi, cukup mudah bukan. Fitur Inspect Element antara Chrome PC dan Chrome Android sama sekali tidak ada perbedaan. Semua script yang bisa diterapkan di versi dekstop bisa juga Anda terapkan di versi mobile dengan hanya bermodalkan Google Chrome HP Android. Gimana guys, percaya kan sekarang Inspect Element bisa dilakukan juga di Android tanpa aplikasi tambahan juga lho. Selamat mencoba.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *