Cara Mengatasi Ghost Touch
Tips & Trik

Cara Mengatasi Ghost Touch pada Layar HP

Pada saat Anda sedang memainkan HP, pernahkah Anda mengalami suatu kondisi dimana layar di HP Anda bergerak sendiri? Itulah yang dinamakan Ghost Touch. Saya paling tidak suka mengalami layar bergerak sendiri pada saat mengetik pesan, apalagi kalau sudah bermain game. Hmmm mengirim pesan kosong pendek saja bisa lama bener lho guys kalau Ghost Touch ini Anda alami di ponsel pribadi.

Ghost Touch biasanya ditandai dengan berkurangnya responsibilitas / sensitifitas layar HP Anda. Gejala ini dapat berawal ketika Anda mengetuk huruf di keypad, sekali namun hasilnya tidak tampil di layar. Anda perlu melakukan berkali-kali untuk bisa menekan apapun yang ada di layar ponsel. Selain itu biasanya juga ditandai dengan ketiknormalan pada beberapa bagian di layar, misalnya tidak bisa klik layar di bagian pojok kiri bawah.

Ghost Touch pada layar HP benar-benar dapat mengganggu aktivitas Anda dalam pemakaian smartphone. Ghost Touch pada layar dapat terjadi di merk HP apapun, seperti Xiaomi, Samsung J2 Prime, Poco X3 Pro, Oppo, Asus, Vivo, bahkan iPhone juga bisa mengalaminya. Terjadinya Ghost Touch biasanya diawali dengan pemakaian yang tidak normal dilakukan oleh pengguna HP tersebut sehingga menyebabkan sedikit kerusakan pada casis layar HP Anda, misalnya aktivitas charging yang terlalu lama, aktivitas ngegame tanpa diberi jeda istirahat yang menyebabkan layar HP Anda menjadi panas.

Untuk mengatasi ghost touch pada layar HP, ada baiknya Anda mengetahui penyebab akar permasalahannya terlebih dahulu. Karena penyebab Ghost Touch antara satu HP dengan HP lainnya belum tentu sama. Berikut admin berikan ulasan perihal penyebab dan bagaimana cara mengatasi Ghost Touch pada layar HP. Jadi lakukan cara berikut terlebih dahulu ya sebelum Anda benar-benar memperbaiki HP ke tempat service HP.

Apa itu Ghost Touch?

Ghost Touch jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti “Sentuhan Hantu” ya guys. Dari sana Anda dapat menafsirkan bahwa Ghost Touch adalah suatu kondisi di mana layar ponsel Anda bergerak dengan sendirinya meskipun tidak menyentuhnya. Ghost Touch dianggap tidak merepotkan apabila tidak mengganggu aktivitas pemakaian HP Anda, namun kebanyakan Ghost Touch pasti sangat mengganggu.

Biasanya Ghost Touch pada layar HP dapat membuat beberapa sistem menjadi error dan tidak dapat dijalankan. Permasalahan Ghost Touch ini tidak terjadi begitu saja (tiba-tiba), namun Ghost Touch terjadi dikarenakan beberap faktor, bisa berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal seperti cara pemakaian HP Anda dan juga mungkin saja HP sempat terjatuh yang menyebabkan menurunnya sensitivitas layar HP.

Cara Mengatasi Ghost Touch pada Layar HP Begerak Sendiri

Cara Mengatasi Ghost Touch pada Layar HP

Restart HP

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Ghost Touch yaitu dengan melakukan restart perangkat HP. Yang dimaksud dengan restart HP itu adalah mematikan HP, lalu menghidupkannya kembali. Ini bertujuan untuk merefresh HP Anda yang melakukan begitu banyak kegiatan multitasking yang menyimpan banyak cache menyebabkan HP lelet. Restart adalah langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan di HP, termasuk Ghost Touch di dalamnya.

Bersihkan / Ganti Pelindung Layar

Pada saat Anda membeli HP biasanya telah dipasang apa itu yang dinamakan Pelindung Layar atau biasa disebut Touchscreen Protector. Pelindung layar pun ada berbagai jenis macamnya, ada namanya tempered glass hingga yang terbaru saat ini hydrogel. Apabila Anda sudah memakai pelindung layar selama bertahun-tahun, saya rasa Anda perlu mengeceknya apakah pelindung layar tersebut masih layak untuk digunakan.

Layak yang saya maksud disini yaitu tidak mengganggu sensitivitas layar HP Anda yang mungkin saja dapat menyebabkan terjadinya Ghost Touch. Karena saya sendiri pernah mengalami error pada touchscreen yang disebabkan karena pelindung layar. Apabila pelindung masih baru mungkin cukup dengan membersihkannya saja menggunakan minyak kayu putih, apabila sudah lama saya menyarankan Anda untuk menggantinya ya guys dengan yang baru.

Periksa Charger HP

Ghost Touch juga bisa terjadi karena Charger HP yang tidak sesuai lho guys. Melalukan charging pada HP dengan menggunakan Charger yang memiliki tegangan output lebih tinggi dibandingkan daya terimanya mengakibatkan baterai tidak bisa menampung daya tegangan dari charger tersebut. Nah hal inilah yang bisa menjadi penyebab mengapa Ghost Touch terjadi pada layar HP Anda.

Oleh karena itu, penting bgai Anda untuk menggunakan Charger Original bawaan pabrik untuk melakukan pengisian terhadap daya baterai. Jangan sesekali Anda menggunakan Charger yang tidak sesuai dengan input output tegangan HP Anda, karena selain dapat menyebabkan layar panas, itu juga dapat merusak baterai HP Anda.

Atur Ulang Kalibrasi Layar

Selanjutnya yaitu dengan mengatur ulang kalibrasi layar untuk mengatasi Ghost Touch. Bagi Anda yang bertanya bagaimana cara mengatur ulang kalibrasi layar, tenang guys caranya gampang kok, karena Anda akan dibantu dengan sebuah aplikasi yang bernama “Kalibrasi Layar Sentuh”.

Silahkan Anda buka Playstore, lalu cari dan install aplikasi “Kalibrasi Layar Sentuh”. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti instruksi-instruksi yang ada pada aplikasi tersebut hingga proses kalibrasi selesai. Jika proses kalibrasi layar berhasil, maka aplikasi tersebut akan menampilkan nilai hasil kalibrasi.

Lakukan Factory Reset

Apabila Anda telah melakukan beberapa langkah yang telah saya sampaikan di atas, namun permasalahan Ghost Touch belum juga teratasi, langkah terakhir yaitu dengan melakukan Factory Reset. Ini bertujuan untuk mengembalikan pengaturan HP Anda ke pengaturan pabrik, selain itu data-data yang ada di HP Anda juga akan terhapus semuanya. Jadi sebelum melakukan hal ini, backup terlebih dahulu ya guys data di HP Anda.

Baik demikianlah 5 Cara Mengatasi Ghost Touch pada Layar HP Begerak Sendiri yang dapat saya bagika. Berdasarkan analisa saya apabila kerusakan pada layar HP Anda tidak fatal, maka salah satu dari 5 langkah tersebut pasti bisa mengatasi permasalahan Ghost Touch. Namun apabila kerusakan pada layar HP dikategorikan sangat fatal, maka jangan berpikir panjang untuk membawa ke tempat service HP ya guys atau ambil garansi HP Anda supaya diperbaiki langsung di pabriknya. Karena kerusakan pada hardware solusinya ya harus mengganti hardware tersebut dengan yang baru.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *