Join us in Telegram

Cara Mengirim Foto di Whatsapp tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Mengirim Foto di Whatsapp Agar Tidak Pecah – Whatsapp adalah aplikasi chatting No. 1 yang paling banyak digunakan di Indonesia saat ini, disusul berikutnya dengan Telegram. Hal yang membuat Whatsapp begitu diminati oleh para chatter yaitu penampilan dan aksesibilitasnya yang begitu mudah digunakan, karena tampilannya yang sederhana dan menu fitur yang praktis.

Saat Anda sudah mendaftar di Whatsapp, menggunakan aplikasi chatting tersebut untuk mengirim pesan antar orang maupun komunitas grup bukan. Selain dalam bentuk teks pesan, Whatsapp juga mendukung pengiriman pesan via Voice Note. Untuk menginformasikan sesuatu secara visual juga WA menyediakan file lampiran yang dapat Anda gunakan untuk mengirim foto / gambar yang tersimpan di memori HP Anda maupun langsung take a picture langsung melalui kamera Whatsapp.

Mengirim foto di Whatsapp adalah hal lumrah yang biasanya dilakukan oleh pengguna WA. Namun pernahkah Anda memperhatikan bahwa foto yang Anda kirim dengan foto yang diterima oleh penerima pesan itu kualitas gambar fotonya berbeda? Misalnya Anda mengirim foto WA dengan kualitas HQ (High Quality), namun gambar foto yang diterima eh jadinya malah Low Quality dengan kata lain foto yang diterima kualitas menurun / gambar pecah.

Bagi Anda yang hany menggunakan foto WA tersebut hanya untuk dilihat, tidak untuk diupload kembali ke media sosial Instagram misalnya. Mungkin hal itu tidak menjadi masalah ya bagi Anda. Namun bagaimana jika Anda yang gemar upload foto di Instagram karena mungkin Anda sseorang public figure, hahaha. Tentu ini akan menjadi masalah besar, karena saat mengupload foto tentunya kita ingin menampilkan kualitas foto yang bagus.

Begitulah ceritanya mengapa Anda harus mengetahui Cara Mengirim Foto di Whatsapp tanpa Mengurangi Kualitas. Setiap foto yang Anda kirim secara normal melalui menu icon foto di Whatsapp akan mengalami kompresi gambar secara otomatis, sehingga foto yang awalnya mungkin berukuran 5-10 MB, dikompresi oleh WA menyebabkan perubahan size foto menjadi tidak lebih dari 500 kB. Inilah yang menyebabkan Anda mengirim foto WA menjadi pecah saat diterima oleh penerima pesan.

Sebenarnya ada beberapa Cara Mengirim Foto di Whatsapp tanpa Mengurangi Kualitas yang dapat Anda lakukan. Seperti misalnya memanfaatkan layanan Google Drive ataupun menjadikan arsip terlebih dahulu file foto yang ingin dikirim. Namun, cara yang akan saya bagikan kali ini Anda dapat mengirim foto di Whatsapp dengn memilih langsung foto yang ingin dikirim. Kuncinya disini yaitu Mengirim Foto Lewat Dokumen WA. Bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengirim Foto di Whatsapp dalam Bentuk Dokumen

  1. Siapkan objek gambar foto yang ingin Anda kirim. Sebagai contoh disini saya menggunakan foto anjing kesayangan saya.
  2. Perhatikan dan ingat letak direktori penyimpanan foto tersebut
    Mengirim Foto WA dengan Kualitas Bagus
  3. Buka aplikasi Whatsapp, pilih icon “Lampiran” > lalu pilih “Dokumen” > pilih opsi “Lihat dokumen lain…
    Kirim Foto WA tanpa Mengurangi Kualitas
  4. Silahkan Anda cari direktori tempat penyimpanan foto pada langkah 2 tadi
  5. Pilih foto yang ingin Anda kirim dengan kualitas bagus
    Cara Mengirim Foto WA agar Tidak Pecah
  6. Saat muncul jendela pengiriman foto, pilih “Kirim
  7. Tunggu beberapa saat hingga foto terkirim dengan kualitas yang bagus. Dapat Anda lihat disini saya mengirim foto dengan ukuran mencapai 18 MB.
    Cara Mengirim Foto lewat Dokumen WA

Demikianlah Tutorial Whatsapp yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga Cara Mengirim Foto di Whatsapp dalam Bentuk Dokumen dapat bermanfaat bagi Anda. Saya ingatkan lagi selain melalui mengirim via dokumen WA, agar hasil foto tidak pecah Anda juga dapat mengirim file arsip “ZIP” ya guys, yang mana di dalamnya sudah dimasukkan file fotonya. Dan juga Anda bisa memanfaatkan layanan Google Drive untuk bisa mengirim foto WA tanpa mengurangi kualitas.

Bagikan:

Leave a Comment