Cara Mengatasi Download Pending di Play Store
Tips & Trik

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Bagi Anda pengguna HP Android, pasti pernah mengalami download tertunda di Play Store. Pada saat Anda hendak mendownload game dan aplikasi HP, lalu menekan tombol download, progress downloading file malah tidak berlangsung. Anda klik Batalkan lalu klik Download lagi, tetap sama saja tidak ada perubahan. Sebenarnya apa sih yang terjadi sama HP Anda? Kok bisa ketika mau download aplikasi, malah pending terus proses downloadnya.

Berdasarkan analisa admin perihal proses download file yang tertunda di Play Store tersebut, dapat admin simpulkan ada beberapa penyebabnya, antara lain:

  • Koneksi internet Anda sedang tidak bagus, yang pertama yaitu mungkin saja koneksi jaringan internet yang Anda gunakan itu tidak baik. Sinyal yang didapatkan bukan 4G misalnya, ataupun Anda sedang kehabisan kuota internet. Jadi sebelum Anda download file di Play Store, pastikan dulu jaringan koneksi Anda dalam keadaaan baik dan juga kuota ready ya guys, supaya tidak mengalami masalah Download Pending (Tertunda)
  • Terdapat Aplikasi / Game yang sedang diupdate, kemudian penyebab kedua mungkin saja Ada beberapa aplikasi maupun game yang terupdate secara otomatis melalui Play Store. Hal ini mungkin saja terjadi karena karena pengaturan default di Play Store adalah update otomatis aplikasi melalui Wi-Fi saja. Hal inilah yang menyebabkan ketika HP Android Anda mendapatkan koneksi jaringan Wi-Fi yang baik, akan melalukan proses update secara otomatis. Pada saat proses itu berlangsung, tak jarang proses download file Anda pun akan menjadi tertunda.
  • Kapasitas memori tidak mencukupi, nah ini dia penyebab yang menurut saya akan sering dijumpai di smartphone yang mempunyai kapasitas memori internal yang kecil. Semakin ke depan kapasitas memori sangat penting untuk menunjung kinerja ponsel smartphone. Perhatikan benar-benar kapasitas memori internal yang tersisa di HP Anda, jangan sampai permasalahan tersebut bisa membuat download tertunda di Play Store ya guys.

Itulah beberapa penyebab umum yang membuat download tertunda di Play Store. Setelah mengetahui penyebabnya, kali ini admin akan memberikan solusi kepada Anda semua yang belum mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store HP Android. Sebelumnya silahkan Anda lakukan analisa pribadi terlebih dahlu ya, karena permasalahan download pending antara HP satu dengan yang lainnya belum tentu sama.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Mengatasi Download Pending di Play Store dengan Reset Koneksi

Reset koneksi yang saya maksud disini, yaitu melakukan pengaturan ulang terhadap koneksi jaringan Internet yang Anda gunakan, baik menggunakan Data Seluler maupun jaringan WiFi Indihome. Bagaimana caranya melakukan reset koneksi? Caranya sangat gampang Anda tinggal mengubah koneksi ke Mode Pesawat terlebih dahulu, lalu menonaktifkan kembali Mode Pesawat. Tunggu beberapa saat sampai koneksi jaringan yang Anda gunakan benar-benar sudah tersambung dengan baik. Indikator baik disini bisa koneksi Data Selular Anda mendapatkan 4G+ dan koneksi jaringan Wi-Fi Anda sinyal nya kuat (5 bar). Setelah itu silahkan Anda coba lagi melakukan proses download kembali terhadap aplikasi yang sebelumnya terjadi download tertunda di Play Store.

Download Pending di Playstore 01
On – Off Mode Pesawat

Mengatasi Download Pending di Play Store dengan Clear Cache

Apa itu Cache? Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang di HP Android Anda dan data tersebut tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Apabila Anda tidak pernah menggunakan aplikasi optimizer pembersih ataupun menghapus data cache secara manual, maka dapat dipastikan data cache di HP Anda sudah menumpuk. Menumpuknya cache terkadang bisa bisa menurunkan kinerja aplikasi tersebut, termasuk bisa membuat download tertunda di Play Store. Untuk menghapus cache aplikasi Play Store Anda, silahkan ikuti langkah berikut:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Aplikasi
  • Ketik dan cari aplikasi yang bernama “Google Play Store
  • Pilih aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi Penyimpanan
  • Pilih Hapus Tembolok
Download Tertunda di Playstore 01
Download Pending di Playstore 03

Mengatasi Download Pending di Play Store dengan Update Versi Terbaru

Download yang tertunda di Play Store mungkin saja dikarenakan versi Play Store yang Anda gunakan masih tergolong versi lama. Jadi untuk mengatasi permasalahan tersebut silahkan lakukan update Play Store ke versi yang lebih baru terlebih dahulu.

  • Pilih ikon hamburger yang terdapat pada pojok kiri atas.
  • Pilih menu Setelan, lalu geser layar ke bawah hingga menemukan bagian Versi Play Store.
  • Untuk memperbarui, Anda tinggal ketuk beberapa kali bagian Versi Play Store hingga muncul pilihan update.

Mengatasi Download Pending di Play Store dengan dengan Preferensi Jaringan

Terjadinya download pending pada Google Play Store Anda mungkin juga disebabkan karena salah dalam melalukan pengaturan Preferensi Jaringan. Pengaturan ini memberikan opsi kepada Anda hendak download aplikasi melalui jaringan apa. Apabila Anda sedang menggunakan koneksi Data Seluler, namun di pengaturan ini Anda memilih Melalui Wi-Fi saja tentu itu akan menimbulkan permasalahan yang bisa membuat download file tertunda. Berikut cara melakukan pengaturan Preferensi Jaringan di Play Store.

  • Buka Play Store, klik icon user di pojok kanan atas
  • Pilih opsi Setelan > Preferensi Jaringan
  • Pada opsi Preferensi download aplikasi, silahkan Anda pilih Melalui jaringan apapun
  • Lalu klik Selesai
Download Tertunda di Playstore 04
Download Pending di Playstore 05

Mengatasi Download Pending di Play Store dengan Restart Ponsel

Apabila Anda sudah melalukan beberapa cara yang sudah admin rekomendasikan, namun masalah download pending masih belum bisa teratasi. Maka solusi terakhir silahkan Anda lakukan restart perangkat Android ya guys. Arti reboot adalah memulai ulang atau menyalakan ulang sistem HP Android. Tetapi berbeda dengan reset, reboot ini dilakukan dengan cepat tanpa menghapus seluruh data yang ada di perangkat. Selain itu, melakukan reboot pada HP juga akan menutup semua aplikasi yang berjalan pada saat itu. Kemudian perangkat HP akan menyala kembali dalam kondisi sistem yang masih kosong dengan semua aplikasi tertutup. Sehingga kondisi HP akan menjadi lebih fresh dan prima.

Gimana guys, cukup mudah bukan Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store? Intinya tidak ada yang bisa mengetahui pasti apa penyebab download pending yang terjadi di HP Anda, selain diri Anda sendiri yang menggunakan smartphone tersebut. Silahkan lakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahu kira-kira apa yang menyebabkan proses download di Play Store HP Anda menjadi tertunda. Setelah itu baru Anda lakukan salah satu dari 5 cara yang telah admin rekomendasikan di atas. Semoga bermanfaat ya guys.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *