Join us in Telegram

Cara DM Instagram di Laptop / PC tanpa Aplikasi

Jika Anda seorang pebisnis yang terbiasa menggunakan ponsel untuk membalas setiap DM yang masuk dari pelanggan, saya bisa bilang ini bukanlah cara paling efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan. Ukuran layar ponsel yang kecil dengan tombol huruf terlihat mini membuat Anda lamban membalas DM satu per satu yang masuk. Apalagi jika Anda sering typo saat mengetik, bisa jadi Anda akan terlihat tidak profesional sama sekali dimata pelanggan.

Untungnya, setelah Anda membaca artikel ini hal itu tidak akan terjadi lagi karena nantinya Anda bisa mengirim DM Instagram secara online dari layar yang lebih besar melalui laptop atau PC. Membalas DM akan menjadi lebih efektif dengan layar yang lebih lebar dan keyboard lebih jelas dari laptop.

Artikel ini saya bagikan karena beberapa dari Anda pasti ada yang kesulitan ketika hendak mengirim pesan DM melalui laptop, memang fitur DM di instagram for PC belum tersedia secara default. Namun sebelum saya lanjut memberi panduan kepada Anda bagaimana cara DM Instagram di laptop, saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan DM karena tidak sedikit orang yang tahu menyebutkan DM namun tidak tahu apa yang dimaksud dengan DM.

Apa itu DM Instagram?

DM merupakan sebuah singkatan dari Direct Message. Dalam bahasa Indonesia ini berarti Pesan Langsung. Di Instagram, DM adalah pesan pribadi antara satu pengguna Instagram dengan pengguna lainnya atau antara pengguna di grup. DM tidak akan muncul di feed, profil atau pada kolom pencarian. Bahkan pengikut Anda juga tidak akan melihat pesan tersebut. Hanya Anda dan orang yang sedang berkomunikasi pada Anda yang bisa melihat pesan ini.

DM dikirim langsung oleh Instagram. Anda bisa menganggap ini seperti kotak masuk email dimana semua pesan pribadi dikumpulkan. Di Instagram, Anda bisa melihat DM yang masuk dengan mengklik icon pesawat seperti gambar berikut ini.

Cara DM Instagram di Laptop

Apabila ada pesan yang masuk belum dibaca nantinya akan ada tambahan notifikasi berupa icon amplop berwarna merah dengan sebuah nomor menunjukkan ada berapa banyak pesan yang belum Anda baca.

Baca juga: Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Cara DM Instagram di Laptop tanpa Aplikasi

Dahulu untuk mengirim atau menerima DM di Instagram mungkin terlihat sulit apabila Anda melakukannya di laptop. Namun sejak tahun 2020 semua pengguna Instagram mulai bisa melakukannya.

Siapapun yang punya akun Instagram dapat mengirim atau menerima DM dengan menggunakan laptop dan ini sangat mudah dilakukan.

Berikut cara DM Instagram di laptop:

1. Buka browser favorit Anda di laptop, lalu masuk ke akun Anda di instagram.com

2. Di halaman beranda, klik icon pesan seperti pada gambar berikut ini:

3. Semua interaksi atau DM Instagram Anda akan ditampilkan di sini. DM yang belum Anda baca akan ditampilkan paling atas. Selain itu, Anda juga bisa membuat DM baru dengan cara klik tombol “Send Message” untuk mulai interaksi dengan pengguna lain.

Anda tinggal ketik nama pengguna setelah itu klik tombol Next untuk mulai melakukan interaksi dengan pengguna lain. Anda juga dapat membuat grup DM Instagram yang bisa mengirim DM hingga 32 orang. Pada dasarnya semua yang bisa dilakukan ponsel, bisa juga Anda lakukan di laptop.

4. Selain pesan teks, DM Instagram juga dapat menyertakan foto, polling, upload GIF, Story dan klip IGTV. Jadi Anda bisa berinteraksi dengan pengguna lain dengan membagikan konten melalui DM.

Untuk melakukah hal itu, arahkan ke foto, video atau IGTV yang ingin Anda bagikan secara pribadi lalu klik icon pesawat dibawah postingan. Setelah itu akan tampil sebuah pop up untuk memilih siapa yang ingin Anda kirimkan konten tersebut, setelah itu klil Send untuk mengirimkan konten tersebut ke DM.

Sekarang Anda sudah tahu cara DM Instagram di laptop. Lalu bagaimana jika Anda ingin menghapus DM Instagram di laptop?

Cara Menghapus DM Instagram

Selain mengirim dan menerima DM Instagram, Anda juga bisa menghapus DM Instagram dari laptop, berikut caranya:

  • Klik icon DM pada pada sudut kanan atas.
  • Setelah itu klik icon detail informasi (i) disebelah kanan foto profil pengguna.
  • Akan ada sebuah drop down dengan beberapa opsi diantaranya Delete Chat untuk menghapus pesan, Block untuk memblokir pengguna dan Report untuk melaporkan pengguna.
  • Klik Delete Chat untuk menghapus pesan. Ini hanya akan menghapus pesan dari sisi Anda. Namun pesan itu akan tetap terlihat pada sisi pengguna yang Anda sertakan dalam percakapan.

Sedangkan untuk menghapus DM Instagram melalui ponsel, caranya juga sangat mudah:

  • Klik icon DM pada sudut kanan atas layar ponsel Anda.
  • Jika menggunakan iOS, geser ke kiri pada pesan yang ingin Anda hapus. Sedangkan bagi pengguna Android, tab dan tahan pesan yang ingin Anda hapus. Nantinya ini akan menampilkan dua opsi. Mute untuk membisukan/tidak menampilkan notifikasi atau Delete untuk menghapus pesan.
  • Sama seperti di laptop, tindakan menghapus pesan ini hanya terlihat pada sisi Anda namun dari sisi pengguna lain pesan ini akan tetap terlihat.

Cukup mudah bukan DM Instagram di laptop tanpa aplikasi? Walaupun ada alternatif lain yang bisa juga Anda terapkan, yaitu menggunakan layanan / software tambahan, menurut saya ini lah cara yang paling praktis dan mudah. Demikian artikel cara DM Instagram di laptop kali ini, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment