Cara Mengubah Tampilan Youtube menjadi Hitam
Tutorial

Cara Mengubah Tampilan Youtube Menjadi Hitam (Dark Mode)

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Youtube – Tahukah Anda bahwa Tema / Tampilan di Youtube itu bisa dirubah? Dalam konteks ini hanya ada 2 (dua) opsi tampilan, yaitu tema terang dan tema gelap atau biasa disebut juga dengan Dark Mode. Secara default, ketika Anda menonton video Youtube tema akan tampil dengan tampilan terang.

Sekedar informasi tambahan untuk Anda, bahwasanya Youtube telah ada sejak tahun 2005 yang sekarang merupakan salah satu anak perusahaan Google Inc. Youtube merupakan sebuah platform online yang dapat memberikan informasi berupa video-video streaming, dan juga dapat digunakan oleh warganet di seluruh belahan dunia. Di aplikasi youtube ini, Anda dapat mengunggah video apa saja dan sebanyak apapun asalkan tidak melanggar pedoman komunitas Youtube. Ada beberapa konten video yang biasa diunggah di Youtube, yaitu konten video buatan pengguna, movie film, saluran TV, video musik dan yang akhir-akhir tenar yaitu Vlog.

Kembali lagi ke topik awal kita Cara Mengubah Tampilan Youtube Menjadi Hitam. Sesungguhnya ini tidak membutuhkan trik-trik yang berlebihan ataupun menggunakan aplikasi Youtube Mod untuk melakukannya. Karena Youtube di halaman resminya memang telah menyematkan fitur ganti Tema pada saat pengguna mengakses situs Youtube. Mungkin ini tidak begitu penting bagi beberapa orang, namun saya yakin ada pro dengan dark mode Youtube pada saat mereka mengakses Youtube di daerah yang minim penerangan cahaya.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dark Mode Youtube

Pada saat Anda mengganti Tema Youtube menjadi gelap, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan. Dan saya rasa kelebihannya dark mode Youtube lebih besar manfaatnya untuk perangkat HP maupun PC. Walaupun ada beberapa juga yang kontra dengan mode gelap, namun itu tidak menjadi masalah, silahkan Anda ambil hikmah dan pembelajarannya.

Hemat Daya

Kelebihan yang pertama tentunya mode gelap Youtube akan membuat ponsel Anda hemat baterai, terutama pada smartphone dengan layar OLED. Layar OLED ini memiliki lapisan tipis yang mampu memancarkan cahayanya sendiri, sehingga saat layar menampilkan warna gelap, secara otomatis penggunaan piksel pada layar akan berkurang.

Mengaktifkan dark mode Youtube akan membuat sebagian besar piksel pada layar HP mati. Inilah yang membuat baterai HP akan menjadi lebih hemat dibandingkan jika Anda menggunakan tema terang. Meskipun demikian, hal ini tidak berlaku untuk HP yang menggunakan layar LCD, karena pencahayaan LCD terpisah dari layar, yaitu dengan bantuan lampu yang terletak di samping perangkat untuk menerangi piksel. Lampu layar tersebut akan tetap menyala walaupun layar menampilkan warna gelap, sehingga tidak akan mempengaruhi penggunaan daya.

Penglihatan Lebih Nyaman

Kelebihan yang kedua yaitu penglihatan Anda akan terasa lebih nyaman memandang tampilan dark mode Youtube. Saat berada dalam mode gelap, cahaya yang masuk ke mata akan lebih sedikit, sehingga penglihatan pun tidak terasa pedih dan cepat lelah. Terlebih lagi, dark mode juga bisa berdampak positif untuk kesehatan mata Anda.

Berdasarkan hasil riset gabungan pada 2018 yang berjudul Reading and Myopia: Contrast Polarity Matters oleh Aleman, Wang, dan Schaeffel, tampilan dark mode ini terbukti mampu menjaga penglihatan tetap sehat di tengah penggunaan ponsel dalam jangka panjang, terutama saat malam hari. Selain itu, penggunaan dark mode akan sangat membantu bagi pengidap photophobia, yaitu suatu kondisi sensitivitas berlebihan terhadap cahaya. Dengan mengaktifkan mode gelap saat menonton video di Youtube, pengidap photophobia akan menjadi lebih nyaman ketika menatap layar gadget.

Tampilan Lebih Elegan

Kelebihan yang ketiga yaitu tampilan Youtube Anda akan telihat lebih elegan dan menarik. Tampilan dark mode biasanya lebih atraktif dengan teks yang menonjol dan mudah ditangkap mata. Warna gelap dari layar juga memberikan kesan elegan jika dibandingkan dengan tampilan warna terang. Warna hitam sering dikaitkan dengan kharisma, pesona, dan keabadian. Selain dari segi estetika pemakaian, mode gelap Youtube juga bisa menonjolkan daya tariknya sendirinya.

Sulit Digunakan Membaca

Bagi beberapa orang, salah satu kekurangan dark mode Youtube yaitu sulit digunakan untuk membaca. Hal ini termasuk kekurangan dari fungsi literasi. Tampilan dark mode cukup menyusahkan untuk dipakai membaca. Sebagian besar aktivitas saat bermain gadget umumnya terpusat pada dua hal: membaca dan mengetik. Bagi beberapa orang justru mode normal atau mode terang lebih disukai untuk aktivitas literasi ketimbang dark mode.

Tampilan terang membuat seseorang bisa tetap fokus pada teks tulisan, sedangkan dark mode justru sebaliknya. Mungkin Anda akan sering merasa cepat lelah dan mengantuk ketika membaca dalam mode gelap, apalagi membaca teks yang panjang. Itu disebabkan karena Anda sudah terlalu terbiasa membaca dan menulis dengan medium kertas yang berwarna putih. Tapi jika Anda sudah membiasakan diri menggunakan dark mode, maka akan semakin terbiasa pula membaca dalam tampilan gelap ini.

Tidak Cocok Pengidap Astigmatisme

Kekurangan kedua selanjutnya yaitu Dark Mode Youtube tidak cocok untuk pengidap Astigmatisme. Mengapa demikian? Menurut salah satu hasil penelitian yang dirilis oleh University of British Columbia, dark mode cukup menyulitkan bagi para pengidap astigmatisme atau mata silinder. Selain itu, hasil riset dari Universitas Passau juga menyebutkan bahwa orang-orang cenderung lebih cepat dalam mengolah teks ketika latar yang digunakan berwarna putih.

Latar putih bisa membantu untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan penulisan supaya lebih cepat. Mode gelap sebenarnya sudah ada jauh sebelum light mode hadir. Sebelum komputer modern muncul pada periode 1960 – 1980, tampilan komputer pada saat itu masih berlatar hitam. Monitor yang digunakan pada zaman itu adalah CRT monokrom dengan fosfor yang menampilkan teks berwarna putih atau hijau. Tampilan grafis user-interface berwarna putih baru muncul pada masa XEROX Parc Alto. Tampilan latar mulai berubah menjadi putih terang dengan tulisan hitam seperti halnya perangkat PC yang Anda kenal saat ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Youtube di Android

  1. Pertama-tama silahkan Anda buka Aplikasi Youtube yang sudah terinstall di HP Android
  2. Ketuk icon Akun Youtube Anda di pojok kanan atas
  3. Selanjutnya pilih opsi Setelan > Umum. Maka akan tampil beberapa pengaturan umum di aplikasi Youtube
  4. Pada opsi “Tema Gelap” silahkan gulir ke kanan toggle switch button untuk mengaktifkan Dark Mode
  5. Tunggu beberapa saat maka tampilan Youtube akan berubah menjadi hitam secara otomatis
Cara Mengubah Tampilan Youtube di HP
Dark Mode Youtube di Android

Cara Mengubah Tampilan Youtube Menjadi Hitam di PC

  1. Pertama silahkan Anda kunjungi Youtube langsung dari browser
  2. Klik icon Akun Youtube di sebelah pojok kanan atas
  3. Kemudian pilih opsi “Tampilan: Terang
    Aktifkan Dark Mode di PC
  4. Silahkan Anda pilih opsi “Tema gelap
    Merubah Tampilan Youtube PC Jadi Hitam
  5. Dan tara Youtube akan berubah warna menjadi gelap
Dark Mode di Youtube PC
Mengaktifkan Dark Mode Youtube di PC

Baik demikianlah Cara Mengubah Tampilan Youtube Menjadi Hitam di HP dan PC, cukup mudah bukan? Secara default memang benar Youtube saat ini hanya menyediakan 2 (dua) pilihan tema yaitu Gelap dan Terang. Namun sesungguhnya Anda bisa lho kustomisasi tampilan Youtube bebas sesuai dengan keinginan. Penasaran bagaimana caranya? Kalau saya bahas sekarang disini takutnya kepanjangan, akan saya bahas nanti di postingan selanjutnya ya guys.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *