Join us in Telegram

Cara Screenshot Layar Laptop / PC Mudah dan Praktis

Cara Mudah Screenshot Layar Laptop – Setiap komputer pada umumnya sudah memiliki fitur Screenshot secara default. Jadi sesungguhnya Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk screenshot layar laptop. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan kemudahan dalam proses pengambilan screenshoot layar laptop, terkadang Anda memerlukan bantuan dari software tambahan.

Screen Capture / Screenshot adalah suatu aktivitas pengambilan gambar dari layar Laptop yang sedang tampil. Ini biasanya Anda butuhkan dalam pembuatan suatu administrasi baik karya tulis, surat, dan lainnya. Serta dibutuhkan oleh seorang blogger yang ingin berbagi Tutorial tertentu yang dilengkapi dengan gambar. Screenshot akan sangat bermanfaat jika Anda yang ingin menjelaskan sesuatu, namun sulit untuk dimengerti apabila hanya dijelaskan dengan teks bacaan saja, dengan menggunakan capture screen, pembaca akan lebih mudah memahami informasi yang Anda sampaikan.

Pada dasarnya, tanpa aplikasi tambahan sekalipun, Anda pemilik laptop merk apapun itu, mulai dari Asus, Hp, Lenovo, Acer, Toshiba, Dell, dan lainnya telah menyediakan fitur untuk melakukan screenshot layar Laptop. Namun fitur bawaan tersebut biasanya hanya menangkap layar secara full screen, itu pun gambar capture tidak langsung tersimpan di dalam Laptop, Anda harus menempel terlebih dahulu gambar screenshot di aplikasi pengolah dokumen / bisa juga aplikasi pengolah grafis.

Gambar hasil screenshot fullscreen tersebut walaupun bisa Anda crop sendiri dengan aplikasi grafis, namun tentu itu akan memakan waktu yang cukup banyak bukan? Apabila sudah ada cara screenshot layar Laptop yang simple dan praktis, untuk apa Anda memilih cara yang ribet, ya ga guys? Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa Cara Screenshot Layar Laptop / PC Mudah dan Praktis, dari cara yang cukup ribet hingga cara yang paling mudah dan powerfull dengan menggunakan software andalan.

Cara Screenshot Layar Laptop

Screenshot layar di laptop sesungguhnya sama mudahnya dengan screenshot layar di HP. Metodenya pun hampir sama saja. Ada yang menggunakan kombinasi beberapa tombol dan adapula yang menggunakan bantuan aplikasi / software untuk capture screen / layar yang tampil. Kali ini admin akan membagikan kedua metode tersebut kepada Anda semua, cara ini work di semua jenis laptop, Asus, Hp, Lenovo, Acer, Toshiba, Dell.

Cara Screenshot Laptop dengan Bantuan Tombol Keyboard

Cara yang pertama untuk screenshot di Laptop / PC yaitu dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol-tombol yang ada di keyboard Anda. Kombinasi beberapa tombol ini pun ada 3 jenis macamnya. Ada yang menggunakan 1 tombol saja sudah bisa capture layar dan ada yang harus menggunakan kombinasi 2 tombol. Tombol apa saja yang mempunyai fungsi untuk screenshot layar PC / Laptop Anda berikut saya berikan.

  1. Tombol “PrtSc”

    Screenshot Tombol PrtSc

    Cara sederhana yang dapat gunakan untuk screen layar yaitu dengan menggunakan tombol PrtSc atau ada juga yang menuliskan Prtsc Sysrq. Tombol PrtSc adalah salah satu tombol pada keyboard yang berfungsi untuk mengambil gambar layar Laptop / PC yang aktif. Caranya sangat simple, yaitu Anda tinggal menekan tombol PrtSc saja pada tampilan layar yang ingin dicapture. Setelah itu apa, gambar layar yang aktif tadi akan tersimpan di dalam clipboard (bukan di direktori penyimpanan) dan siap untuk ditempel terlebih dahulu. Anda bisa menempel nya melalui aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word, Ms. Powerpoint, ataupun pengolah grafis seperti Paint, Photoshop, Corel, dan lainnya. Dengan cara tekan tombol Ctrl + V.
  2. Tombol Windows + “PrtSc”

    Screenshot Tombol Win + PrtSc

    Kombinasi tombol yang bisa Anda pakai untuk take capture screen yaitu dengan menekan tombol Windows + “PrtSc” secara bersamaan terhadap layar yang ingin ditangkap. Apabila pada cara yang pertama screenshot yang diambil tida disimpan secara otomatis, berbeda dengan cara yang kedua ini. Dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + “PrtSc” gambar yang dicapture akan secara otomatis tersimpan di direktori …\Pictures\Screenshots
  3. Tombol Alt + “PrtSc”

    Screenshot Tombol Alt + PrtSc

    Kombinasi tombol Alt + “PrtSc” sebenarnya sama saja apabila Anda hanya menekan 1 tombol “PrtSc”. Untuk gambar pun tidak disimpan ke direktori secara otomatis, Anda harus menempel gambar di aplikasi dokumen / aplikasi grafis sama halnya di cara pertama.

Cara Screenshot Laptop dengan Aplikasi Powerfull

Cara selanjutnya untuk dapat capture screen layar Laptop Anda yaitu dengan menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi. Apabila Anda bilang menggunakan aplikasi malah semakin ribet, justru Anda salah. Apabila Anda menggunakan kombinasi tombol untuk screenshot, Anda tidak dapat melakukan capture area tertentu pada layar. Beda halnya Anda capture screen dengan menggunakan aplikasi yang dapat screenshot area tertentu dengan cepat dan praktis. Ada beberapa aplikasi yang admin rekomendasikan untuk Anda.

  1. Aplikasi Bawaan Snipping Tool

    Snipping Tool Screenshot Layar PC

    Cara yang paling simple apabila Anda tidak ingin menginstall aplikasi tambahan untuk screenshot layar, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi bawaan windows yang memang sudah ada dari sononya. Mungkin Anda tidak akan melihat secara kasat mata aplikasi ini di Laptop Anda, namun Anda dapat mencari nya melalui menu pencarian aplikasi. Silahkan Anda ketikan dan cari “Snipping tool” maka akan ada 1 aplikasi yang muncul. Itulah yang dinamakan aplikasi Snipping tool. Silahkan Anda dapat langsung menggunakannya untuk mengambil screenshot layar laptop / PC.

    Snipping Tool Capture Screen Laptop
  2. Lightshot Screenshot

    Aplikasi Screenshot Terbaik Lightshot

    Aplikasi yang paling powerfull dalam capture layar Laptop menurut saya adalah Lightshot. Aplikasi sudah saya gunakan dari dulu, tahun 2010 an. Aplikasi ini sangat praktis dan powerfull untuk Anda gunakan untuk screenshot layar Laptop. Bagaimana tidak, Anda hanya tinggal download dan install aplikasi nya yang tidak begitu besar kapasitasnya. Setelah itu Anda cukup tekan Tombol “PrtSc” sebagai shortcut untuk menggunakan aplikasi ini. Maka layar laptop secara otomatis diambil dan detik itu juga Anda dapat melakukan pengeditan seperlunya, seperti crop gambar dan juga menambahkan tanda panah.
    Download Lightshot
  3. GreenShot

    Aplikasi Capture Screen Greenshot

    Sebagaimana pada aplikasi Lightshot, software screenshot layar PC ini juga tidak tersedia interface. Tapi sangat cocok bagi Anda yang menginginkan proses screenshot yang simple dan cepat seperti sicepat. Untuk proses capture screen Anda cukup menekan tombol Hotkey yang ditersedia, bisa juga melalui System Tray.
    Download Greenshot

Bagaimana guys menurut Anda ? Gampang sekali bukan Tutorial nya. Dari beberapa Cara Screenshot Layar Laptop yang admin bagikan di atas, cara mana menurut Anda yang terbaik? Kalau admin jujur sejujur-jujurnya cara yang paling the best yaitu dengan menggunakan aplikasi Lightshot. Karena terkadang tidak semua aplikasi screenshot yang menggunakan tombol shortcut (Hotkey) untuk menjalankan perintah, dan juga tidak semua aplikasi bisa capture pada saat kursor kita berada di dalam submenu-submenu dalam tab menu sebuah aplikasi. Jadi tunggu apa lagi, buruan download Lightshot sekarang juga sebagai pengganti aplikasi screenshot Anda terdahulu.

Bagikan:

Leave a Comment