Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Android
Tips & Trik

Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Android

Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Android – Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja di perkantoran, baik sebagai PNS ataupun swasta pasti sering berhubungan dengan berkas-berkas, apapun itu bentuknya seperti surat, dokumen, nota dinas, dan administrasi lainnya. Terkadang pasti ada kalanya perintah dari pimpinan untuk meneruskan dokumen-dokumen tersebut melalui pesan whatsapp ataupun telegram. Sebenarnya caranya simple, Anda tinggal ambil foto dokumen, lalu kirim filenya secara online. Namun apabila yang bersangkutan memerlukan hardcopy file dokumennya, itu sifatnya urgent, sementara posisi Anda sangatlah jauh, apa yang akan Anda lakukan?? Ya, mau tidak mau Anda harus menscan dokumen tersebut menggunakan alat scanner / printer yang sudah include scanner.

Tapi tahukah Anda bahwa saat ini aktivitas Scan tidak membutuhkan alat-alat seperti printer scanner? Dengan hanya bermodalkan HP Android Anda sudah bisa melakukan scanning dokumen secara cepat, praktis, hemat waktu dan tenaga. Hal ini tentu akan sangat membantu pekerjaan Anda di perkantoran. Setiap ada orang yang ingin diberitahu tentang dokumen-dokumen yang ditujukkan kepada dirinya, Anda tidak perlu lagi print dokumen tersebut lalu menyerahkannya face to face dengan orang yang dituju. Cukup dengan scan melalui HP kirim filenya via Whatsapp, pekerjaan Anda akan segera teratasi.

Aplikasi yang saya maksud adalah CamScanner, yaitu aplikasi yang diluncurkan oleh INTSIG Information Co., Ltd yang bisa mengalihfungsikan HP Anda menjadi alat scanner dokumen. Cara kerjanya pun sangat mudah, sama halnya penggunaan scanner biasa, justru malah lebih gampang lagi. Anda tinggal menaruh objek dokumen yang akan discan di tempat yang datar dan cukup pencahayaan, hindari bayangan handphone dan bayangan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Cekrek difoto, jadi deh file dukumennya yang sudah discan secara otomatis. Selain dalam format PDF, Anda juga dapat menyimpan file hasil scan dalam bentuk JPEG (Gambar) ya.

Bagi Anda yang masih keliru tentang cara penggunaan aplikasi Camscanner, berikut saya bagikan Cara Scan Dokumen ke PDF di HP Android menggunakan aplikasi Camscanner, silahkan Anda simak dan praktekkan langsung ya.

  1. Download dan Install aplikasi Camscanner di HP Anda
  2. Lakukan pendaftaran / login dengan E-mail ataupun No HP
  3. Siapkan dokumen yang ingin Anda scan
  4. Klik icon “Foto” yang berada di pojok kanan bawah untuk mengambil foto / objek dokumen
  5. Atur letak, posisi, dan pencahayaan dokumen
  6. Ambil foto
  7. Atur angle / view pengambilan dokumen. Lalu terapkan efek sesuai selera Anda
  8. Klik tanda “Centang”
  9. Dan tara dokumen scan sudah jadi, dan siap untuk Anda bagikan dalam format PDF ataupun JPEG
cara-scan-dokumen-pdf-di-hp-01
cara-scan-dokumen-pdf-di-hp-02
cara-scan-dokumen-pdf-di-hp-03
cara-scan-dokumen-pdf-di-hp-04

Itulah tutorial cara pemakaian aplikasi Camscanner di HP Android. Semoga dapat membantu pekerjaan Anda dalam scanning dokumen penting ya. Bagi Anda yang ingin download, silahkan klik button link di bawah. Terimakasih.

Dapatkan update tips trik menarik seputar teknologi setiap hari dari Caileak.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Caileak.com - Kumpulan Cara & Tutorial Terbaru", caranya klik link https://t.me/s/caileak, lalu Join.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *