Join us in Telegram

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Lewat Film

Trik Jitu Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula – Di era milenial seperti saat ini, Bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting di dalam berbagai aspek kehidupan, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Kita semua dituntut untuk bisa sedikit tidaknya memahami Bahasa Inggris, mulai dari membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Kenyataan itu tidak bisa Anda pungkiri, sebab Bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang bisa digunakan di seluruh belahan dunia dan bersifat universal.

Di dunia nyata, Anda butuh pemahaman Bahasa Inggris pada saat Anda ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, mengembangkan karir lebih luas sampai kancah dunia, mengembangkan bisnis Anda juga, dan yang paling real dibutuhkan yaitu ketika Anda ingin mendaftar di suatu instansi pemerintah atau swasta yang melalui proses seleksi yang ketat, dimana di dalam proses seleksi itu biasanya disertakan juga tes TOEFL ataupun IELTS (tingkatan yang lebih expert) untuk menguji kemampuan Berbahasa Inggris Anda. Di dunia maya pun seperti itu juga, banyak sekali konten / artikel di media online yang menggunakan bahasa Inggris. Apabila Anda mencari referensi dari Indonesia dirasa kurang, mau tidak mau Anda harus mencari referensi dari forum luar yang menggunakan Bahasa Inggris, karena lebih bersifat kompleks dan universal.

Sesungguhnya ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris. Anda bisa kursus bahasa Inggris di luar sana, kursus bahasa inggris secara online, anda bisa otodidak belajar dengan bule-bule di pantai, ada juga yang belajar bahasa Inggris melalui sosial untuk berkomunikasi dengan orang asing yang menjadi teman disana, dan Anda juga dapat belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu. Namun pernahkan terbesit di dalam pikiran Anda untuk belajar bahasa inggris secara mandiri lewat sebuah film / movies?

Film merupakan sarana / media yang baik untuk Anda gunakan belajar Bahasa Inggris, apalagi kalau Anda seorang movies lovers. Kali ini admin akan membahas tips dan trik agar Anda bisa belajar bahasa Inggris melalui film favorit kalian, karena jujur admin sendiri mempunyai kegemaran menonton film juga, terutama film yang bergenre action. Apalagi kalau aktornya Jason Statham dan Sylvester Stallone. Widiw ajib bener dah kalau film dibintangi oleh mereka berdua. Durasi film / movie sekitar 1 s/d 3 jam, bergantung dari jenis film tersebut. Movies tersebut biasanya yang menggunakan language English. Apabila Anda ingin mengerti / memahaminya, pasti Anda akan menyelipkan daripada subtitle bahasa Indonesia, betul atau tidak? Emang wajar hal itu anda lakukan agar lebih memahami apa yang dibicarakan oleh pemeran di dalam film tersebut. Disini saya ingin memberikan trik kepada Anda untuk bisa belajar bahasa inggris dengan menggabungkan 2 subtitle film (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) menjadi satu, tampil secara bersamaan di setiap percakapan / scene film yang Anda tonton nantinya.

Dengan menampilkan 2 (dua) subtitle dalam satu layar film sekaligus, Anda dapat belajar bahasa inggris secara efektif dan efisien. Anda dapat belajar pelafalan bahasa inggris, intonasi pengucapannya, mimik bibir mimik tubuh, grammar, dan lain-lain. Karena semuanya diucapkan langsung oleh pemeran (aktor) yang sudah fasih dalam berbahasa Inggris. Baik, supaya tidak kelamaan berikut saya bagikan Triknya untuk Anda semua.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Lewat Film

Cari Film Berbahasa Inggris

Silakan Anda cari dan unduh film / movie yang berbahasa Inggris yang anda sukai, semua jenis film apapun itu, dari manapun filmnya genre-nya apa terserah Anda silakan pilih saja. Anda dapat mendownload nya di berbagai situs penyedia download film gratis di luaran sana. Saya rasa sangat banyak, ketik saja langsung di pencarian Google. Cari yang kualitasnya bagus ya, kalau bisa yang Bluray 1080p supaya nontonnya jernih dan belajarnya nyaman nanti.

Cari Subtitle Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Setelah Anda mendapatkan Filmnya, silahhkan menuju ke situs subscene.com. Cari dan unduh 2 subtitle Film Anda disana. Dua subtitle yang saya maksud yang berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris ya. Ini nanti akan ditampilkan di layar film / movie.

Gabungkan Dua File Subtitle Jadi Satu

Silakan Anda menuju ke situs pas-bien.net/2srt2ass. Kemudian gabungkan 2 subtitle melalui layanan di situs ini dengan cara unggah 2 file subtitle, satu jadi Top Subtitle, satunya lagi jadi Bottom Subtitle. Saya sarankan subtitle Bahasa Inggris di bagian bawah ya, Bahasa Indonesia yang di bagian atas, supaya pada saat menonton Anda lebih fokus ke yang Bahasa Inggris. Kecilkan ukuran fontnya supaya tidak terlalu fokus ke subtitle. Klik Submit, maka subtitle Gabungan akan otomatis diunduh.

Letakaan File Subtitle 1 Folder dengan Film

Untuk dapat menyisipkan subtitle gabungan yang sudah Anda download tadi. Silahkan Anda pindahkan file subtitle (yang berekstensikan .ass) menjadi 1 (satu) folder dengan Film / Movie yang ingin Anda jadikan sebagai media untuk belajar Bahasa Inggris. Dan selamat menonton film sambil belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan.

Gimana Menurut anda metode pembelajaran bahasa Inggris seperti ini? Apakah Anda menyukainya? Apakah menurut Anda ini efektif dan efisien membantu dalam belajar Bahasa Inggris? Ini murni saya terapkan secara otodidak pada saat saya ingin belajar bahasa Inggris di waktu sekolah SMP dan SMA dulu, yaitu dengan cara menggabungkan 2 subtitle bahasa menjadi satu di dalam sebuah film. Demikian Tips & Trik yang saya bagikan semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Bagikan:

Leave a Comment