Cara Menyalin Teks dari Gambar Foto di HP dan PC

Cara Menyalin Teks dari Gambar

Apakah Anda pernah ingin menyalin teks tulisan yang ada pada sebuah buku bacaan? Hal ini benar-benar riil saya rasakan juga ketika ingin mengambil jalan praktis untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Hahaha, bener guys?

Apabila Anda bisa copy teks dari gambar / foto, maka hal itu akan sangat membantu menghemat waktu Anda yang ingin meyelesaikan tugas sekolah dengan segera. Cara yang paling simpel yaitu dengan memotret teks tulisan dengan menggunakan kamera HP, lalu menyalin teks dari gambar hasil jepretan foto.

Untuk bisa menyalin teks yang ada di gambar / foto, Anda memerlukan bantuan teknologi OCR (Optical Character Recognition). Apa yang dimaksud dengan OCR? OCR adalah teknologi yang mampu mengenali segala bentuk teks tulisan yang ada pada sebuah gambar digital.

Penggunaan OCR ini pun tidak jauh beda dengan penggunaan Scanner yang sering Anda lihat. Anda hanya tinggal meletakkan objek gambar yang akan dienskripsi teks yang ada di gambar foto tersebut.

Di era serba teknologi seperti saat ini, OCR masih sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana Cara Menyalin Teks dari Gambar Foto di HP dan PC. OCR telah diimplementasikan melalui berbagai layanan OCR Online di Internet dan juga melalui Aplikasi HP dan Software PC yang mendukung fitur OCR didalam penggunaannya.

Apabila Anda mencari informasi perihal OCR online pada mesin pencari, maka akan tampil beberapa situs maupun aplikasi yang mendukung layanan ini. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan merekomendasikan Cara Menyalin Teks dari Gambar yang terbaik melalui perangkat HP maupun Laptop / PC Anda.

Dari sekian banyak aplikasi / software yang ada, saya hanya akan memberikan 1 aplikasi HP terbaik dan 1 software PC terbaik yang bisa Anda gunakan nanti untuk menyalin teks dari gambar. Karena saya sendiri sudah mencoba beberapa aplikasi, namun ada yang hasilnya kurang memuaskan. Maksud saya teks yang dienkripsi dari gambar / foto tidak tersusun dengan rapi, sehingga membutuhkan waktu untuk pengeditan lagi.

Cara Menyalin Teks dari Gambar di HP Android

  1. Download dan install aplikasi ini terlebih dahulu: Google Lens
  2. Siapkan objek gambar yang ingin Anda salin teks tulisannya
  3. Buka aplikasi Google Lens, geser ke sisi kiri opsi “Teks
  4. Arahkan kamera ke objek gambar, kemudian ambil gambarnya
  5. Google Lens akan secara otomotis mendeteksi teks yang ditemukan di gambar
  6. Arahkan kursor ke teks yang ingin Anda copy / salin
  7. Kemudian pilih opsi “Salin teks
Cara Copy Teks dari Gambar di HP 03
Cara Salin Teks dari Gambar di HP 02
Cara Copy Teks dari Gambar di HP 01

Cara Menyalin Teks dari Gambar di PC

  1. Buka software Microsoft OneNote yang biasanya sudah terinstall di Laptop Anda
  2. Masukkan objek gambar / foto yang ingin Anda salin teks nya melalui menu Insert > Pictures
    Cara Copy Teks dari Gambar di PC 01
  3. Setelah objek berhasil ditambahkan, klik kanan pada gambar, lalu pilih Copy Text From Pictures
    Cara Salin Teks dari Gambar di PC 02
  4. Buka MS Word, lalu pastekan teks yang sudah disalin tersebut.
    Cara Salin Teks dari Gambar di PC 03

Baik demikianlah Cara Menyalin Teks dari Gambar Foto di HP dan PC. Sekali lagi saya ingatkan kepada Anda, bahwa Trik ini akan sangat berguna untuk terutama bagi Anda seorang pelajar dan mahasiswa. Karena tugas-tugas yang didapat dari sekolah / perkuliahan akan dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat. Cukup dengan mengambil gambar / foto dari objek yang berisikan referensi tugas Anda, lalu menyalinnya ke MS Word. Apabila Anda mempunyai Cara Menyalin Teks dari Gambar yang lebih ok, yuks sharing melalui kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.