Join us in Telegram

Cara Menulis Aksara Bali di MS Word

Kalau di media kertas, menulis aksara bali mungkin tidak menjadi kendala bagi Anda yang sudah paham bagaimana cara menulis aksara bali yang baik dan benar. Namun bagaiamana kalau media yang Anda gunakan adalah lembar kerja di Word Komputer? Tentu Anda harus berpikir kembali menyiasati trik untuk bisa menulis aksara bali di komputer.

Menulis aksara bali di media komputer mungkin tidak terlalu penting bagi Anda seorang siswa, namun akan sangat berguna bagi Anda seorang guru / pengajar yang ingin memberikan persoalan berupa penulisan aksara bali kepada siswa. Seorang guru harus bisa membuat aksara bali secara digital melalui MS Word agar tulisan yang dihasilkan rapi dan mudah dibaca oleh siswa.

Sesungguhnya menulis aksara bali di word dapat dengan mudah Anda lakukan jika Anda memiliki font aksara bali. Sayangnya MS Word secara default belum menyediakan font aksara bali di dalam programnya. Sehingga Anda harus mencarinya dari sumber luar untuk kemudian diinstall ke PC / Komputer Anda. Selain itu terdapat juga cara menulis aksara bali yang lebih gampang tanpa aplikasi tanpa font aksara bali, yaitu dengan menggunakan bantuan layanan situs online.

Cara Menulis Aksara Bali di MS Word

  1. Download dan install terlebih dahulu font aksara bali yang bernama Bali Simbar-B.ttf di komputer Anda
    Font Aksara Bali
  2. Setelah font benar-benar sudah terinstall, silahkan Anda buka MS Word lalu ganti jenis font yang Anda gunakan.
    Menulis Aksara Bali di Word
  3. Untuk font size font Bali Simbar-B cukup kecil, jadi jangan lupa Anda untuk membesarkan size nya ya guys
  4. Untuk menulis beberapa karakter khusus yang tidak bisa dihasilkan dari tombol keyboard Anda perlu menyalin teks karakter khusus tersebut di app Character Map melalui tombol Windows di pojok kiri bawah
    Character Map Aksara Bali
  5. Pilih font Bali Simbar-B, cari karakter khusus, salin lalu pastekan di lembar kerja MS Word yang Anda buat

Cara Menulis Aksara Bali dengan Tools Online

Selain melalui MS Word, Anda juga dapat menulis aksara bali dengan praktis dan mudah menggunakan bantuan tools online yang dibuat oleh komang putra. Tools ini saya nilai memiliki keakuratan yang sangat baik dalam penulisan aksara bali. Setiap kalimat yang saya ketikan dengan huruf latin, hasil terjemahannya ke dalam aksara bali dilakukan secara cepat dan benar. Termasuk karakter khusus yang ada di dalamnya bisa diselesaikan dengan tools ini. Sungguh tools yang sangat berguna bagi Anda yang kesulitan untuk menulis aksara bali di media digital ataupun bagi Anda yang sekalian ingin belajar menulis aksara bali, hahaha.

Namun Ada 1 hal kelemahan dari tools ini, yaitu hasil transkripsi ke dalam bentuk aksara bali tidak bisa kita salin, melainkan kita hanya bisa mendownloadnya hasil tersebut dalam bentuk gambar. Mari kita doakan bersama semoga ke depannya tools ini diupdate oleh developernya agar hasil transkripsi aksara bali bisa kita salin ke dalam lembar kerja MS Word. Bagi Anda yang penasaran, silahkan klik link button di bawah untuk mencoba layanan menulis aksara bal secara online.

Cara Menulis Aksara Bali

Baik demikianlah 2 Cara Menulis Aksara Bali di MS Word yang bisa Anda terapkan. Keduanya menurut saya sangat gampang untuk digunakan, sekarang bergantung daripada peruntukkannya bagi Anda. Kalau saran saya pribadi, silahkan Anda buat aksara bali melalui situs online tersebut, hasil gambar aksara bali diunduh semua. Untuk memindahkannya ke MS Word, Anda tidak perlu pusing, cukup gunakan fitur Insert Image pada MS Word, kemudian atur tata letak gambarnya. Benar ga guys? Dengan begitu aksara bali yang tampil akan rapi dan benar dalam hal penulisannya, selain itu Anda juga akan menghemat waktu karena menulis aksara bali di Word saya rasa cukup ribet dan belum tentu semua aturan penulisan aksara bali bisa Anda terapkan disana. Selamat mencoba.

Bagikan:

Leave a Comment