9 Cara untuk Meningkatkan Jumlah Like di Instagram

Cara Meningkatkan Jumlah Like IG

Bagi beberapa orang, jumlah like pada konten yang diunggah di Instagram merupakan hal yang sangat penting. Apalagi jika mereka adalah orang-orang yang mempunyai usaha ataupun bekerja sebagai konten kreator di media sosial. Hal itu dikarenakan, jumlah like sangat berpengaruh kepada tingkat popularitas akun mereka.

Semakin populer sebuah akun, maka akan semakin tinggi peluang mereka untuk mendapatkan kerja sama dari brand terkenal yang merupakan salah satu cara mencari uang di Instagram atau yang lebih dikenal dengan istilah endorsement.

Berbagai brand juga biasanya mencari akun Instagram yang memiliki engagement rate cukup tinggi, yaitu jumlah like dan komentar dibagi dengan jumlah followers. Artinya, jika konten Anda memiliki jumlah like dan komentar yang cukup banyak, hal itu akan membuka peluang akun Anda untuk mendapatkan endorsement dari suatu brand tertentu.

Untuk itu, ada berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar meningkatkan jumlah like dan komentar di setiap konten yang Anda unggah di Instagram.

1. Buatlah Konsep Konten yang Menarik

Untuk mendapatkan banyak like, tentu saja hal utama yang harus diperhatikan adalah jenis dan konsep konten yang Anda unggah. Jadi, buatlah konten yang sekiranya dapat menarik perhatian para followers.

Usahakan untuk selalu mengikuti perkembangan peristiwa atau momen yang sedang viral di media sosial sehingga Anda bisa membuat konten mengenai hal tersebut. Dengan demikian, followers akan merasa terhubung dengan konten Anda karena relevan dengan situasi yang sedang terjadi dan ramai dibicarakan.

2. Jaga Kualitas Konten yang Baik

Kualitas Konten IG
Sumber: Pexels.com/readymade

Yang dimaksud dengan kualitas konten di sini adalah dua hal, yaitu kualitas dari media yang diunggah dan kualitas dari isi yang diberikan. Dua hal ini harus selalu Anda jaga agar kualitasnya tetap stabil atau bahkan bisa menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Kualitas dari media adalah kualitas audio-visual dari foto atau video yang Anda unggah. Akan lebih baik untuk Anda jika dapat menyajikan konten yang memiliki audio atau visual yang baik. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh jenis perangkat yang Anda gunakan. Beberapa aplikasi juga dapat membantu Anda untuk menghasilkan konten dengan kualitas visual yang baik.

Kemudian, isi dari konten juga perlu diperhatikan kualitasnya. Pada dasarnya konten yang baik  itu adalah yang sesuai dengan pedoman dari Instagram. Walaupun konten yang Anda buat menarik, hal itu akan menjadi percuma jika melanggar aturan Instagram karena konten Anda akan berpotensi untuk dihapus.

3. Membuat Caption yang Menarik

Pada setiap konten yang Anda unggah usahakan untuk selalu membuat caption yang menarik. Hindari untuk hanya sekedar menulis deskripsi dari konten yang Anda buat. Tulislah hal yang komunikatif dan interaktif sehingga orang yang melihat konten Anda tertarik untuk meninggalkan komentar ataupun terlibat di konten yang Anda post.

4. Perhatikan Format Konten

Di Instagram, format untuk konten yang diunggah adalah foto dan video. Jadi, pilihlah format yang sesuai dengan maksud dari konten yang Anda buat. Untuk konten yang bersifat informatif, gunakanlah format foto. Untuk sesuatu yang lebih komunikatif, gunakan format video. Kombinasikan kedua format tersebut dengan melihat formula yang biasanya digunakan oleh akun terkenal atau akun yang menjadi inspirasi Anda.

5. Manfaatkan Hashtag

Para pengguna Instagram kerap melakukan pencarian terhadap topik yang mereka anggap menarik dengan menggunakan hashtag atau tanda pagar. Jadi saat ingin mengunggah foto atau video, Anda dapat menyematkan hashtag yang sesuai dengan topik yang ingin dikaitkan. Dengan demikian, pengguna yang mencari topik tertentu kan dapat melihat konten Anda jika sesuai dengan hashtag yang telah disematkan di konten tersebut.

6. Cari Waktu yang Tepat untuk Mengunggah Konten

Pengguna HP Android dapat mengakses Instagram kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi, terdapat jam tertentu yang ramai digunakan orang-orang untuk memeriksa Instagram masing-masing. Anda perlu mengetahui kapan hal itu terjadi sehingga bisa disesuaikan dengan waktu mengunggah konten.

Waktu yang cukup tepat adalah setelah beraktivitas yaitu sekitar pukul 5 hingga 6 sore di mana pengguna akan mengakses saat di perjalanan pulang ke rumah. Orang-orang juga cenderung akan memeriksa akun Instagram masing-masing saat waktu istirahat makan siang. Selain itu, banyak juga pengguna yang mengakses Instagram mereka saat di pagi hari sebelum memulai kegiatan dan saat bersantai di malam hari. Yang paling penting adalah untuk memahami kebiasaan dari target pengguna yang Anda incar sehingga akan memudahkan untuk menentukan waktu mengunggah konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X