Cara Mengubah Kuota Belajar menjadi Kuota Utama
Tips & Trik

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi saat ini sedang banyak diburu masyarakat. Kuota belajar merupakan kuota internet yang hanya dapat mengakses aplikasi ataupun situs yang berhubungan dengan pembelajaran secara online, seperti halnya aplikasi Roboguru, Zenius, Zoom, Skype serta aplikasi belajar online lainnya. Hal ini diberlakukan agar kuota belajar yang diberikan tidak disalah gunakan.

Bantuan kuota pelajar ini diberikan pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud kepada pelajar serta tenaga pengajar, seperti Guru maupun Dosen. Adapun kuota internet gratis ini terbagi kedalam dua jenis, yakni kuota belajar dan kuota utama.

Baca Juga: Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Otodidak Lewat Film

Tahukah Anda bahwa sebenarnya untuk bisa mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi, Anda hanya perlu menginstal 1 aplikasi yang memang fungsinya bisa digunakan untuk kebutuhan merubah kuota tertentu menjadi kuota internet utama, termasuk kuota belajar yang sekarang sedang tinggi penggunaanya.

Untuk apa? Cara ini bertujuan agar jika kita mempunyai sisa kuota edukasi yang tidak terpakai, kita masih bisa memanfaatkan sisa kuota tersebut, maka dari itu harus mencoba tutorial di bawah ini agar kuota belajar dapat diubah menjadi kuota utama.

Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengakses situs internet berhubungan dengan pembelajaran. Lalu bagaimana cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Cara Setting APN Telkomsel 4G Tercepat 2021

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Belajar?

Harga Kuota Belajar Telkomsel
Harga Kuota Belajar Telkomsel

Perlu dipahami, jika ingin menerapkan cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi ini usahakan sisa kuota internet di HP Anda itu memang hanya ada untuk kuota belajar, dimana hal ini bertujuan untuk menghindari kuota utama terpakai.

Kecuali jika kuota utama yang Anda miliki hanya sedikit, maka ini tidak masalah malah lebih baik karena biasanya kemungkinan cara ini berhasil dimana memang harus ada kuota utama sebagai pancingan di awal sehingga nanti pun bisa berjalan.

Jika berhasil dan tersambung dan bisa untuk internetan, maka disarankan untuk tidak lupa cek secara berkala dan pastikan kuota yang terpakai kuota belajar, misalnya untuk cek atau untuk buka Youtube atau Instagram maupun aplikasi lain selain aplikasi yang memang sudah didukung kuota belajar seperti Whatsapp, Aplikasi platform belajar online yang sedang dibutuhkan saat ini.

Untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi serta bisa mendapatkan jatah kuota belajar, maka Anda hanya perlu mendaftarkan nomor yang dimiliki kepada pihak sekolah. Data ini selanjutnya akan dilaporkan pihak sekolah kepada Kemendikbud supaya di proses pemberian kuota belajar untuk menunjang proses belajar dari siswa-siswi.

Adapun syarat untuk mendapat kuota ini adalah sebagai berikut:

  1. Penerima bantuan kuota terdaftar sebagai peserta didik, mulai dari jenjang PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai dengan perguruan tinggi.
  2. Penerima merupakan tenaga pengajar yang aktif serta terdaftar di Kemendikbud.

Kuota belajar yang diberikan dapat digunakan dalam kurun waktu 30 hari semenjak paket belajar aktif. Kisaran kuota yang diberikan antara 10 – 15 GB per bulan. Kuota ini dapat didaftarkan selambat-lambatnya di tanggal 5 pada bulan berjalan. Selanjutnya akan diperbaharui setiap bulan oleh masing-masing provider sesuai ketentuan berlaku.

Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Utama

Pada umumnya komposisi kuota belajar dengan kuota utama memiliki persentase berbeda. Dimana kuota belajar lebih banyak dibandingkan dengan kuota utama. Dan ketika kuota utama sudah habis, maka tidak bisa mengakses situs lain, kecuali situs belajar yang sudah di atur oleh Kemendikbud.

Oleh karenanya, terdapat beberapa langkah yang bisa diikuti untuk merubah kuota belajar kedalam kuota reguler. Perubahan ini didasarkan pada konfigurasi dan setelan APN yang dimiliki oleh masing-masing pengguna provider, sehingga hasilnya bisa saja berhasil atau gagal. Namun, cara ini tentu perlu Anda coba terlebih dahulu.

Untuk merubah komposisi kuota ini seringkali digunakan aplikasi VPN. Hal ini sangatlah tidak dianjurkan, mengingat tingkat keamanan VPN masih sangat diragukan. Sehingga penggunaan VPN beresiko akan kebocoran data yang dimiliki oleh pengguna. Tentu hal ini harus dihindari karena sangat merugikan pengguna.

Disisi lain, penggunaan VPN dengan menyalahgunakan kuota belajar ini akan dijerat hukum dengan pasa 362 UU ITE Juncto 30 -32 nomor 11 yang diterbitkan pada tahun 2008 mengenai informasi serta transaksi elektronik. Jika hal ini sampai terjadi pada pengguna, maka sangatlah disayangkan.

Oleh sebab itu, jika kuota belajar ingin digunakan untuk menggunakan situs atau aplikasi selain yang ditentukan Kemendikbud, maka pengguna bisa mencoba memindahkan kuota edukasi untuk streaming dan melakukan pengunduhan. Berikut ini adalah cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi & VPN

1.     Google Drive

Google drive merupakan tempat penyimpanan data yang didalamnya bisa melakukan kegiatan streaming dan pengunduhan data. Oleh karenanya, jika ingin menonton atau mengunduh file Anda bisa menggunakan Google Drive ini. Setelah melakukan pengunduhan, maka kuota akan berkurang.

2.     WhatsApp

Selain menggunakan google drive, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk melihat video di aplikasi Youtube maupun instagram. Caranya adalah dengan mengirim terlebih dahulu link instagram atau youtube ke salah satu kontak WhatsApp yang ada. Jika thumbnail sudah muncul, maka Anda bisa mengakses aplikasi tersebut.

Keuntungan Merubah Kuota Belajar ke Kuota Utama

Dengan mengetahui cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi, tentulah akan memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi lain yang sudah ditentukan sebelumnya untuk tetap memenuhi tuntutan kegiatan belajar dan mengajar. Sehingga hal ini bisa membuat pengguna lebih berhemat lagi dalam penggunaan kuota. Bisa dibilang menguntungkan bukan?

Dua cara diatas merupakan cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi yang aman dan legal untuk dilakukan, sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan, pengguna tidak akan terjerat masalah apapun seperti yang tertera dalam pasal UU ITE 2008. Tentu hal ini harus dihindari, karena sangat merugikan. Dalam hal ini, Anda harus peka.

Selain itu, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya, sehingga hal ini memungkinkan untuk semua pengguna dapat melakukannya. Karena pada dasarnya kedua metode tersebut ada di handphone para pengguna, serta sudah legal digunakan dan tidak akan membahayakan data yang dimiliki.

Bukankah ini menguntungkan? Dalam hal ini Anda bisa mengubahnya asal mengerti aturan mengubahnya. Bahkan bisa dibilang sampai saat ini, masih ada banyak orang belum mengerti akan cara cerdas ini, sehingga banyak yang mendapat kuota belajar dengan jumlah yang banyak, menjadi sia-sia banyak karena, kuota ini pun memiliki batas penggunaannya.

Demikian cara mengubah kuota belajar menjadi kuota utama tanpa aplikasi yang bisa diaplikasikan oleh Anda. Perlu diketahui cara ini digunakan agar proses belajar tidak terhambat karena sedikitnya kuota utama yang dimiliki. Walaupun belajar secara online, Anda tetap bisa mengetahui berbagai informasi pembelajaran melalui internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *