Kirim File dari PC ke HP
Tutorial

Cara Mengirim File dari Laptop ke HP

Cara Mengirim File dari Laptop ke HP – Perangkat HP dan juga komputer portable atau yang lebih populer disebut dengan Laptop merupakan teknologi digital yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Kedua perangkat tersebut sebenarnya memiliki fungsinya berbeda. Akan tetapi, kadang kita perlu mengintegrasikan keduanya, misal mengirim file dari Laptop ke HP. Meskipun hal tersebut sederhana, tapi tidak banyak yang paham bagaimana cara mengirim file dari laptop ke HP.

Ada beberapa kondisi yang mengharuskan pengiriman file dari laptop ke HP. Misalnya saat kita ingin mencetak pekerjaan kita di tempat percetakan, namun kita tidak memiliki Flash Disk.

Dengan kondisi ini, kita perlu mengirim filenya ke HP kita dahulu agar pekerjaan dapat dicetak. Inilah pentingnya pengetahuan tentang cara mengirim file dari laptop ke HP. Namun, tidak perlu cemas karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dalam pembahasan artikel ini.

Baca Juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop / Komputer dengan Mudah

Kirim file via bluetooth
Cara mengirim file dari Laptop ke HP via Bluetooth

Cara Mengirim File dari Laptop ke HP Menggunakan Bluetooth

Cara mengirim file dari Laptop ke HP yang pertama dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu menggunakan Bluetooh. Fitur Bluetooth ini merupakan fitur yang sudah sangat umum dan ada di kebanyakan sistem operasi mulai dari Windows, iOs, dan Android.

Dengan begitu Anda dapat mengirimkan file Anda melintasi perangkat dengan sistem operasi yang berbeda sekalipun. Untuk mengetahui cara-caranya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Pastikan Kedua Perangkat Memiliki Fitur Bluetooth

Cara mengirim file dari Laptop ke HP menggunakan Bluetooth tentu hanya bisa dilakukan jika kedua perangkat memiliki bluetooth. Jika HP kemungkinan besar memang telah dilengkapi dengan Bluetooh, bahkan dari HP model lama pun sudah ada Bluetoothnya. Namun, hal ini berbeda dengan Laptop karena tidak semuanya dilengkap Bluetooh.

  1. Nyalakan Fitur Bluetoth

Pada HP biasanya pengaktifan Bluetooth dapat dilakukan dengan cara pergi ke pengaturan/ setting > Bluetooth, lalu pilih ON. Berbeda halnya dengan Laptop, dimana fitur Bluetoothnya sudah aktif sejak awal perangkat dihidupkan. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengaktifkannya.

  1. Pasangkan Perangkat HP dan Laptop

Hanya mengaktifkan Bluetooth saja belumlah cukup. Agar cara mengirim file dari Laptop ke HP ini dapat dilakukan, maka Anda perlu memasangkan Bluetooth dari kedua perangkat tersebut. Biasanya hal ini terjadi secara otomatis, tetapi cara ini kadang membutuhkan waktu yang lama. Jika demikian, maka Anda dapat melakukannya dengan cara manual yaitu pergi ke bagian Setting > Bluetooth > Search New Device.

Jika koneksi Bluetooth sudah ditemukan, maka pilihlah untuk menyambungkan kedua perangkat tersebut. Dalam prosesnya, biasanya Anda akan dimintai untuk memasukan kode verifikasi Untuk kode verifikasinya biasanya adalah bebas, namun hanya dengan mengetikkan angka “1” umumnya juga sudah bisa tersambung,

  1. Mengirimkan File

Dengan perangkat yang sudah terhubung satu sama lain, maka selanjutnya Anda hanya tinggal mengirimkan file yang Anda inginkan saja. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara mengirim file dari Laptop ke HP dan cara mengirim file dari HP ke Laptop tidaklah sama. Untuk cara pertama, yaitu dari Laptop ke HP silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Bukalah Windows Explorer di Laptop Anda
  • Apabila sudah, maka silahkan Anda cari dan temukan file yang hendak dikirim. Jika filenya hanyalah satu, maka klik kanan untuk membuka opsi perintah selanjutnya
  • Namun, jika file yang hendak dikirim adalah beberapa, maka tekan dan tahan “CTRL” sambil mengklik kiri beberapa file yang hendak dikirim. Selanjutnya, klik kanan untuk membuka perintah selanjutnya
  • Setelah dilakukan klik kanan, Anda dapat melihat beberapa opsi perintah. Disini, pilih opsi Send to > Bluetooth
  • Anda lalu akan diminta untuk memilih perangkat yang sudah tersedia atau sudah dipasangkan sebelumnya. Silahkan pilih perangkat HP Anda, lalu pengiriman pun akan segera diproses
  • Sampai tahap ini jangan lupa untuk mengecek HP Anda, karena biasanya akan ada permintaan izin penerimaan file. Jika sudah diterima, file tersebut akan segera dikirim ke HP Anda

Setelah mengetahui cara mengirim file dari Laptop ke HP menggunakan Bluetooth, lalu bagaimana jika Anda menginginkan hal yang sebaliknya? Tidak perlu khawatir, karena pengiriman dari HP ke Laptop menggunakan Bluetooth juga bisa dilakukan. Tahapan-tahapan yang akan dilakukan tidaklah sulit, ikuti saja langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan buka File Manager yang ada di HP Anda, lalu cari dan pilih file mana yang hendak dikirimkan. Biasanya Anda dapat memilih dengan memencet dan tahan file untuk membuka opsi perintah selanjutnya
  • Apabila Anda hendak mengirimkan satu file saja, maka setelah opsi perintah terbuka Anda dapat langsung memilih ikon untuk membagikan file
  • Adapun jika ingin mengirimkan beberapa file, pilih beberapa dengan cara mengisi centang pada file yang hendak dikirim. Kemudian klik ikon untuk membagikan file.
  • Setelah menggklik ikon untuk membagikan file, pilihlah opsi bergambar Bluetooth.
  • Apabila sudah mengklik ikon Bluetooth maka pilih lah nama perangkat Bluetooth Laptop Anda, maka pengiriman akan segera diproses
  • Jangan lupa juga untuk mengecek notifikasi atau pemberitahuan di Laptop Anda terkait penerimaan file dari HP. Jika notifikasi sudah muncul, terima filenya dan pengiriman akan dikirimkan

Baca Juga: Cara Screenshot Layar Laptop / PC Mudah dan Praktis

Cara mengirim file dari Laptop ke HP via kabel data
Cara mengirim file dari Laptop ke HP via kabel data

Cara Mengirim File dari Laptop ke HP menggunakan Kabel Data

Selain cara mengirim file dari laptop ke HP menggunakan Bluetooth, pengiriman file juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan kabel data. Adapun untuk kabel data ini biasanya sudah satu paket dengan HP saat pembelian baru, yang mana juga bisa digunakan untuk proses charging.

Namun, apabila charger dari HP kamu bukanlah tipe yang bisa disambung dan dilepas, maka kamu bisa membelinya di konter terdekat. Untuk lebih lanjutnya, ikuti langkah dibawah ini :

  1. Sambungkan HP Anda dengan Laptop menggunakan kabel data
  2. Jika kedua perangkat telah tersambung, maka akan muncul notifikasi baik di HP ataupun Laptop.
  3. Pada HP akan ada notifikasi berupa opsi penggunaan kabel data, yaitu transfer file atau charging. Pilihlah opsi transfer file.
  4. Sedangkan pada Laptop biasanya akan muncul notifikasi untuk membuka file yang akan menuju ke file-file di HP Anda. Langsung klik saja notifikasi tersebut.
  5. Jika sudah masuk ke tempat penyimpanan file, maka Anda sudah bisa mengirimkan file-file tersebut dengan cara copy/paste.

Adapun untuk mengirim kebalikannya yaitu dari HP ke Laptop, caranya tidak jauh beda dengan cara mengirim file dari Laptop ke HP. Anda hanya perlu mengaturnya file mana yang akan dipindahkan. Jika Anda ingin mentrasfer dari HP ke Laptop, maka copy file di HP Anda lalu paste di dalam lokasi file Laptop.

Demikianlah informasi mengenai cara mengirim file dari Laptop ke HP. Dari kedua cara tersebut umumnya, menggunakan kabel data akan lebih mudah karena waktu pengirimannya lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth. Namun, apabila dalam kondisi mendesak dan tidak ada kabel data, maka Bluetooth juga dapat digunakan. Pada dasarnya kedua cara tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *