Join us in Telegram

Cara Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia di MS Word

Cara Koreksi Ejaan Bahasa Indonesia di MS Word – Pernahkah Anda membuat suatu tulisan ilmiah seperti karya tulis makalah skripsi tesis disertasi? Lalu pertanyaan saya ketika Anda sudah mengetiknya di lembar Microsoft Word, bagaimana cara Anda memeriksa ejaan atau tata bahasa tulisan tersebut? Apakah Anda melakukan pengecekan secara manual dengan membaca dari lembar per lembar sampai dengan halaman yang paling akhir? Apabila itu cara yang Anda lakukan untuk memeriksa ejaan karya tulis Anda, maka kali ini saya akan memberikan Trik ataupun Tutorial simplenya untuk mempermudah pekerjaan Anda tersebut. Tentu harapan Anda dari karya tulis yang Anda buat, setiap kata per kata nya sesuai dengan kosakata yang terdapat di dalam KBBI dan sesuai dengan kaidah PUEBI bukan?

Perlu saya tekankan disini, tutorial yang akan saya bagikan ini yaitu untuk mengecek ejaan dari sebuah kata bukan sinkronisasi atau koherensi hubungan antarkalimat di tulisan Anda ya. Teknisnya atau cara kerjanya nanti, ejaan yang sudah diketik yang tidak sesuai ataupun tidak cocok dengan kosakata yang terdapat di dalam KBBI, kata tersebut akan digarisbawahi berwarna merah. Jadi sembari Anda mengerjakan ataupun melengkapi tulisan, Anda dapat dengan segera mengetahui apakah kata yang anda ketik itu “sesuai dengan kosakata di KBBI atau tidak”. Apabila karya tulis yang anda buat terdapat banyak kata yang digarisbawahi merah berarti karya tulis Anda terdapat banyak kesalahan ejaan / kosakata. Walaupun mungkin yang membaca mengerti maksud dan tujuan kata tersebut, tapi yang namanya guru, dosen, dosen pembimbing pasti memperhatikan juga kata per kata dari tulisan yang kita buat karena itu juga termasuk di dalam indikator penilaian mereka.

Di luaran sana sudah banyak terdapat layanan yang bisa melakukan tugas ini yaitu layanan pengecekan ejaan di berbagai situs secara online, namun disini saya khusus memberikan informasi kepada Anda untuk memeriksa ejaan di aplikasi pengolah dokumen terpopuler saat ini yaitu Microsoft Word. Disini saya akan membagikan tutorial yang paling praktis, yang paling gampang Anda lakukan langsung melalui laptop Anda yang sudah terinstall Microsoft Word tanpa memerlukan koneksi internet sekalipun. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja berikut saya bagikan Bagaimana Cara Memeriksa Ejaan Bahasa Indonesia di Microsoft Word. Oh ya bagi Anda yang menulis dengan menggunakan bahasa Inggris ataupun bahasa lainnya, bisa juga disesuaikan asalkan Anda mendownload paket bahasa yang tersedia di Microsoft Word nanti ya.

Langkah Pertama

Pastikan Anda memiliki Microsoft Word ya. Disini saya menggunakan Microsoft Office Professional Plus 2016.

Langkah Kedua

Klik menu tab Review > Language > Language > Language Preferences, maka akan tampil bahasa yang digunakan MS Word Anda, baik bahasa di softwarenya maupun bahasa pada saat penulisan.

Koreksi Ejaan 00

Langkah Ketiga

Tambahkan paket bahasa Indonesia dalam penulisan artikel Anda. Caranya yaitu pada menu Office authoring language and proofing, pilih Add a Language, cari Bahasa Indonesia (Indonesian). Kemudian centang pada checklist box Get proofing tools – take me to the language installation page.

Koreksi Ejaan 01
Koreksi Ejaan 02

Langkah Keempat

Selanjutnya Anda akan dilempar secara otomatis ke halaman Microsot Word untuk mendownload package install bahasa yang Anda pilih. Download filenya, lalu install program tersebut.

Koreksi Ejaan 03

Langkah Kelima

Setelah selesai installation language package, Anda kembali lagi ke Menu Language Preferences. Kemudian jadikan Bahasa Indonesia sebagai Set as Preferred.

Koreksi Ejaan 04

Langkah Keenam

Pilih menu Proofing yang ada di sebelah atas Language tadi. Centang 4 box teratas di opsi When correcting spelling and grammar in Word. Klik OK, maka secara otomatis ejaan yang salah di Dokumen Anda akan digarisbawahi warna merah

Koreksi Ejaan 05
Koreksi Ejaan 06

Selesai. Selamat Anda sekarang sudah bisa mengecek Cara Mengecek Ejaan Bahasa Indonesia di MS Word secara praktis dan cepat tanpa memerlukan koneksi Internet. Untuk Alternatif Anda juga bisa menggunakan layanan Google Docs. Caranya sangat gampang, Anda tinggal mengupload file docs nya, dibuka saja, maka secara otomatis Google Docs akan menggaris bawahi merah kata-kata yang salah, tidak sesuai kosakatanya.

Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi Anda kaum pelajar mahasiswa dalam membantu proses pengerjaan tulisan Anda. Saya sendiri juga sering menggunakan cara ini untuk membuat maupun merevisi dari pada skripsi dan tesis yang disusun beberapa tahun lalu. Oke sudah paham semuanya? Apabila ada yang belum dimengerti silakan tinggalkan jejak di komentar. Terima kasih.

Bagikan:

Leave a Comment