Join us in Telegram

Cara Mengatasi Spasi Berantakan di Ms Word

Apakah Anda pernah melihat file docx yang spasi antar tulisannya berantakan? Jika Anda anak kuliahan pasti sering menemukan permasalahan seperti itu. Hal itu wajar saja terjadi apabila versi MS Word yang Anda gunakan adalah versi lawas. Misalnya Anda menggunakan MS Word 2007, namun file docx yang Anda download dibuat dengan MS Word 2010 / 2013 / 2016 / 2019. Hal itulah yang meyebabkan spasi menjadi berantakan di MS Word.

Jadi saya menyarankan kepada Anda untuk segera melakukan upgrade MS Word ke versi yang lebih tinggi agar Anda tidak perlu capek-capek lagi merapikan spasi yang berantakan di Ms Word. Karena apabila file docx yang dibuat menggunakan MS Word versi lama, ketika file dokumen tersebut dibuka dengan MS Word versi terbaru, maka spasi tulisan nya tidak akan menjadi berantakan. Perlu Anda ingat disini ya, MS 2007 ke bawah biasanya menggunakan format doc, sedangkan versi di atas MS Word 2007 menggunakan format docx.

Cara Merapikan Spasi Berantakan di MS Word
Spasi Tulisan di Word 2007 Berantakan

Apa selanjutnya yang akan Anda lakukan ketika untuk merapikan spasi tulisan di Word yang spasi nya berantakan? Menghapus karakter sebelah kiri satu per satu kemudian tekan tombol spasi lagi? Hahaha, itu adalah cara yang ribet, lama, tidak efektif lah untuk Anda praktekkan. Apalagi kalau file docx yang Anda edit tersebut berlembar-lembar halamannya. Tidak bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang Anda korbankan untuk bisa merapikan spasi yang berantakan di MS Word.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan 2 solusi terbaik Cara Mengatasi Spasi Berantakan di MS Word. Yang pertama yaitu dengan cara mengubah format file docx (file MS Word versi baru) ke format doc (file MS Word versi lama). Hal ini bisa dilakukan secara online dan juga offline. Namun yang akan saya bagikan yaitu cara offline nya saja melalui fitur Save As, karena benar-benar simple dan tidak ribet. Lalu cara kedua yaitu melalui fitur Check Compability yang ada di MS Word.

Cara Mengatasi Spasi Berantakan di MS Word melalui Save As

  • Buka file docx melalui MS Word yang versi baru 2007 ke atas (bisa minta bantuan teman Anda)
  • Pilih menu File, lalu Save As. Tunggu beberapa saat maka akan muncul jendela baru
    Cara Mengatasi Spasi Word Berantakan 01
  • Pada kolom Save as type pilih Word 97-2003 Document dan lalu klik Save.
    Cara Mengatasi Spasi Word Berantakan 02
  • Buka kembali file yang sudah disave ulang tersebut di MS 2007 (versi lawas)

Cara Mengatasi Spasi Berantakan di MS Word melalui Check Compability

  • Buka file docx melalui MS Word versi yang lebih baru (diatas MS Word 2007)
  • Pilih menu File, lalu Tab Info. Kemudian pilih Check for issues > Check compatibility
    Cara Mengatasi Spasi Word Berantakan 03
  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul jendela baru “Microsoft Word Compability Checker
    Cara Mengatasi Spasi Word Berantakan 04
  • Pilih opsi “Select version to show“. Pastikan Anda centang kedua opsi baik versi Word 97-2003 dan Word 2007 telah dicentang, kemudian OK.

Baik demikianlah 2 solusi yang bisa admin berikan bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Spasi Berantakan di MS Word. Sekedar mengingatkan kembali, Tutorial MS Word ini sesungguhnya Anda tidak perlu melakukan jika MS Word yang Anda gunakan tergolong yang terbaru, bisa Word 2013, 2016, ataupun 2019 yang paling baru. Jadi, kalau Anda tidak mau ribet untuk merapikan spasi yang berantakan terus-terusan, silahkan upgrade MS Word di komputer Anda ya.

Bagikan:

Leave a Comment