Join us in Telegram

Cara Mudah Mengatasi Limit Download File Google Drive

Cara Mengatasi Limit Download di Google Drive – Google Drive adalah layanan penyimpanan file secara online milik Google yang diluncurkan pada tahun 2012. Sebagai salah satu layanan unggulan Google, Google Drive memiliki banyak sekali maanfaat untuk penggunanya. Google Drive memudahkan penggunanya untuk menyimpan berbagai jenis file dan ukuran melalui internet melalui akun Gmail yang sudah tersinkronisasi.

Kelebihan Gdrive dibandingkan dengan layanan cloud storage lainnya seperti Dropbox yaitu Google Drive memberikan layanan penyimpanan file secara gratis dengan kapasitas memori sebesar 15 GB untuk pengguna gratisan dan dapat ditambahkan untuk pengguna premium. Google Drive sendiri memiliki fungsi yang cukup beragam, mulai dari menyimpan file, berbagi file, hingga membackup file dalam jumlah besar yang semua dilakukan secara online.

Namun ada hal yang kerap kali menjadi kendala ketika Anda mencoba mengunduh file di Google Drive. Apa itu kendalanya? Yaps, adanya limit download file. Google Drive membatasi bandwidth untuk setiap file yang didownload setiap harinya. Jadi apabila satu file dalam satu hari sudah mancapai batas maksimal penggunaan bandwidth, maka file tersebut belum bisa didownload pada hari itu, Anda dapat mengunduh file keesokkan harinya. Tidak ada pernyataan resmi dari Google perihal batasan penggunaan bandwidth tersebut, setiap hari berubah bergantung dari beban kerja server Google Drive.

Berikut contoh notifikasi yang akan Anda temukan apabila file yang ingin Anda download sudah mencapai limit.

Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.

Baru-baru ini terlalu banyak pengguna yang telah melihat atau mendownload file ini. Harap akses kembali file nanti. Jika file yang Anda coba akses terlalu besar atau digunakan oleh banyak orang, butuh waktu 24 jam agar sebelum file dapat dilihat atau didownload. Jika Anda masih tidak dapat melihat file setelah 24 jam, hubungi administrator domain.

Notifikasi Limit Download Google Drive

Melihat notifikasi tersebut pada saat ingin mendownload file yang benar-benar urgent apa yang akan Anda lakukan? Apakah menunggu keesokan harinya untuk download file? Hahaha, jangan ya. Permasalahan tersebut akan segera teratasi dikarenakan admin pada kesempatan ini membagikan 8 Langkah Cara Mengatasi Limit Download File Google Drive. Cara ini sudah admin coba dan masih work hingga artikel ini diterbitkan Bulan Juni 2021. Baik tidak usah berlama-lama, berikut saya bagikan Tips dan Trik nya.

1. Dengan Cara Membuat Salinan File Download

Apabila file di Google Drive yang ingin Anda download sudah mencapai limit, maka cara paling mudah pertama yang dapat Anda lakukan dengan menyalin file tersebut ke akun Google Drive Anda. Jadi pastikan Anda sudah mempunyai akun Google Drive yang, tidak usah stress dan bingung karena setiap akun Gmail yang Anda miliki akan secara otomatis terintegrasi dengan akun Google Drive, dengan kata lain Anda tidak perlu membuat akun Google Drive apabila sudah mempunyai akun Gmail. Berikut langkah-langkah cara mengatasi limit download file Google Drive dengan metode salinan file download.

  1. Siapkan link file Google Drive yang ingin Anda download. Sebagai contoh link download
    https://drive.google.com/uc?id=1zkC-j-6va4x9itQ4Q3Ii8k8WuI53dTbM5&export=download
  2. Anda perhatikan kode setelah karakter id=. Itu adalah ID File Google Drive yang ingin Anda download. Silahkan Anda salin ID File tersebut, kemudian pastekan ke dalam format link baru berikut:
    https://drive.google.com/open?id=*****
    Ganti ***** dengan ID File, sehingga link yang baru akan menjadi seperti ini:
    https://drive.google.com/open?id=1zkC-j-6va4x9itQ4Q3Ii8k8WuI53dTbM
  3. Setelah itu salin dan kunjungi link yang baru yang telah dimodifikasi tersebut
  4. Pada saat preview file muncul, maka akan Anda icon Google Drive +. Klik icon tersebut
    Cara Mengatasi Limit Download File Gdrive
  5. Buka akun Google Drive Anda dan cari file yang tadi sudah ditambahkan.
  6. Pada file tersebut, Anda sorot beberapa saat dan akan muncul bagian Properties, silahkan pilih Buat Salinan.
  7. Kembali ke folder Google Drive Anda, dan cari nama file “Salinan [Nama file sebelumnya]”
    Misalkan nama file yang barusan di salin adalah “Caileak.ppt”, maka hasil salinan di google drive nya akan bernama “Salinan Caileak.ppt”
  8. Silahkan Anda download salinan file tersebut, dan Selesai

2. Dengan Bantuan Situs Pihak Ketiga

Selanjutnya cara kedua untuk Mengatasi Limit Download File Google Drive yaitu dengan menggunakan bantuan situs pihak ketiga. Situs ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan cara pertama yaitu membuat salinan. Namun mungkin rada memakan waktu dikarenakan Anda harus mendaftar (login via gmail) terlebih dahulu di situs ini. Tapi tenang situs yang admin bagikan ini paling direkomendasi dalam urusan salin-menyalin file Google Drive. Berikut step by step nya guys.

  1. Salin link file Google Drive yang sudah mencapai limit
  2. Buka situs: https://acefile.co/
  3. Silahkan Anda login pada situs tersebut, dan akan dialihkan ke login menggunakan Akun Google.
  4. Berikan akses “Allow” pada jendela permission
  5. Setelah itu pilih tab Copy Drive
  6. Pastekan link file Google Drive yang sudah Anda salin di langka 1, lalu tekan tombol Upload.
  7. Tunggu beberapa saat dan nanti akan muncul di bagian bawahnya link untuk mengunduh file tersebut.
  8. Copy link itu dan pastekan di browser, kemudian pilih tombol Download (login) dan file akan otomatis didownload.

Baik demikianlah Cara Mengatasi Limit Download File Google Drive yang dapat Anda praktekkan melalui 2 cara yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu mengatasi file yang telah mencapai limit download. Silahkan Anda gunakan dengan bijak trik ini ya, tentunya dengan mendownload file-file “yang bermanfaat juga” hehehe. Selamat mencoba semoga sukses.

Bagikan:

Leave a Comment