Join us in Telegram

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Kulit Berminyak – Aduh kenapa kulit wajah berminyak terus, bagaimana ya cara mengatasinya? Perlu Anda ketahui setiap orang memiliki tipe / jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang pori-porinya kecil, sedikit minyak, dan banyak pula yang pori-porinya besar berminyak. Anda wajib bersyukur apabila jenis kulit Anda pori-porinya kecil, karena kantung kelenjar keringat otomatis kecil juga, itu akan berdampak terhadap frekuensi kulit wajah mengeluarkan minyak. Tapi bagi Anda yang memiliki tipe kulit wajah yang pori-pori besar, jangan putus asa dan kecewa ya. Memang tipe kulit seperti ini lebih sering mengeluarkan minyak, namun hal tersebut bisa diatasi ya, tidak perlu obat-obatan khusus pakai krim muka, dengan cara alami pun bisa. Walaupun tidak instan, membutuhkan suatu proses, Anda harus konsisten menjaga kulit wajah supaya tidak breakout.

Memang kulit wajah yang berminyak kerapkali membuat wajah Anda terlihat kusam dan kucel, belum lagi efek yang ditimbulkan sering menyebabkan muka berjerawat. Bagi Anda yang belum mengenal khasiat herbal dari sumber daya yang disediakan alam, pasti mencari solusi untuk mengatasinya permasalahan kulit berminyak dengan membeli produk skincare yang dirasa mujarab, benar tidak? Alih-alih mendapat hasil memuaskan sesuai apa yang diharapkan, justru malah bikin semakin breakout. Sebagian besar mau pria wanita sering mengalami masalah sulit semacam itu.

Untuk mengatasi wajah berminyak Anda tidak boleh sembarangan. Anda perlu terlebih dahulu mempelajari penyebabnya. Kulit wajah yang berminyak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan cuaca yang ekstrim, perubahan hormon, makan gorengan / berlemak setiap hari, menggunakan produk skincare yang kurang tepat, dan stress berlebih dapat menyebabkan wajah Anda berminyak. Karena dapat mengaktifkan kelenjar sebum bekerja secara berlebihan. Akhirnya, menimbulkan minyak berlebih dan jerawat di wajah.

Tapi tenang saja kawan, kali ini Caileak akan membagikan tips ampuh Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat dengan Bahan Alami. Beberapa step di bawah ini dapat Anda terapkan ya untuk mengatasi wajah berminyak. Anda tidak perlu ke dokter Spesialis Kulit, cukup dengan memanfaatkan bahan alami saja.

1. Ekstrak Daun Sirih

Tahukah Anda ekstrak daun sirih memiliki manfaat luar biasa untuk mengatasi kulit berminyak. Kalau biasanya Anda menggunakan sabun muka yang mengandung deterjen untuk cuci muka, saya katakan berhentilah menggunakan itu. Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci muka. Air rebusan daun sirih ini dapat menyerap minyak berlebih dan melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya sangat mudah, rebus daun sirih dengan air secukupnya, tambahkan 1 sendok teh garam, tunggu sampai air mendidih. Diamkan beberapa saat sampai suhu air suam-suam. Selanjutnya, air siap digunakan untuk dibasuhkan ke seluruh wajah sambil digosok pelan-pelan ke permukaan kulit.

2. Toner Green Tea or Ekstrak Lemon

Anda jangan sesekali menyepelekan pembersih muka (toner) ya. Salah satu cara mengatasi wajah berminyak dengan menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan toner berbahan dasar ekstrak lemon atau green tea. Anda juga bisa membuat toner sendiri ya di rumah. Caranya, panaskan daun teh hijau atau lemon menggunakan air secukupnya. Setelah mendidih, sisihkan beberapa hingga suhu air normal. Masukkan pada botol spray yg bersih, silahkan Anda gosok-gosok ke bagian atas kulit paras menggunakan kapas. Atau boleh juga disemprotkan sedikit ke wajah Anda. Sisa toner bisa Anda simpan pada pada kulkas ya. Kandungan toner ini berfungsi menutup pori, menenangkan kulit, menyerap minyak, dan mencerahkan.

3. Sunscreen Khusus Kulit Berminyak

Untuk melindungi kulit wajah Anda dari terpaan sinar matahari, Anda dapat menggunakan sunsreen ya. Tapi hati-hati dalam memilih produk, pastikan produk yang Anda pilih tidak mengandung bahan berbahaya untuk kulit wajah. Pilihla sunscreen yang berbahan dasar air. Sebab, kandungan sunscreen sembarangan akan membuat wajah kamu semakin berminyak saat beraktivitas. Caileak merekomendasikan Skin Aqua for Oily Skin, silahkan Anda cari di Apotek terdekat ya.

4. Masker Wajah dengan Air Perasan Buah Lemon / Jeruk Nipis / Tomat

Sesekali kulit wajah Anda butuh waktu relaksasi juga, yaitu dengan cara menggunakan masker wajah. Gunakanlah masker yang berbahan dasar jus lemon / jeruk nipis / tomat. Caranya sangatlah mudah, Anda cukup peras buah lemon / jeruk nipis / potong buah tomat tipis-tipis. Kemudian aplikasikan ke seluaruh permukaan kulit wajah dan diamkan kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air bersih yang hangat.

5. Minyak Zaitun atau Argan Oil

Sebagai pengganti daripda Krim Malam, untuk mengatasi wajah berminyak, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak argan. Oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah, bilas saat bangun tidur. Minyak zaitun atau minyak argan merupakan minyak multifungsi yang menyerap sebum dan melembabkan kulit. Fungsi lainnya bisa mencegah penuaan dini dan antibakteri penyebab jerawat.

6. Makan Sayuran dan Buah-Buahan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang menyebabkan muka berminyak dan berjerawat adalah makanan berlemak. Untuk itu, saya sarankan Anda untuk mengurangi makanan berlemak, dan menambah makanan yang berserat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh kulit wajah kita. Jangan lupa juga banyak minum air putih ya/

7. Kurangi Stress

Percaya atau tidak, stress dapat menyebabkan jerawat juga. Jadi saya sarankan Anda untuk memanage stress / keadaan psikologis Anda. Apabila ada suatu permasalahan jangan terlalu Anda pikirkan berlarut-larut. Carilah solusi dari permasalahan Anda dengan cepat agar hal tersebut tidak menjadi beban pikiran. Nikmatilah hidup di dunia ini dengan melakukan apapun yang Anda inginkan sebatas itu tidak melanggar norma kehidupan ya.

Baik itulah 7 Tips Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat dengan Bahan Alami. Semoga dapat membantu Anda yang memiliki masalah dengan wajah berminyak. Tips ini sendiri sudah admin terapkan juga di wajah, dan alhamdulillah bisa mengurangi frekuensi muka mengeluarkan minyak wajah, yang terpenting konsistensi dari Anda ya.

Bagikan:

Leave a Comment