Join us in Telegram

Cara Mendapatkan Centang Biru / Verified di Instagram

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram – Siapa yang jaman sekarang belum punya akun Instagram? Semua yang kenal dengan namanya Internet pasti kenal juga dengan yang namanya Instagram. Sebagai salah satu media sosial, Instagram banyak digunakan sebagai sarana hiburan, interaksi dengan orang lain, dan juga tak sedikit ada yang menggunakan Instagram sebagai sarana promosi untuk brand mereka.

Setiap brand yang sudah memiliki nama dan terkenal, biasanya ada sesuatu yang berbeda dari tampilan profil Instagramnya. Apanya yang berbeda? Yups, Anda benar guys, mereka seseorang artis yang populer dan brand suatu produk yang ternama biasanya memiliki tanda centang biru di sebelah kanan nama profil mereka. Pertanyaan selanjutnya, susah ga sih mendapat tanda centang biru di Instagram? Gimana caranya? Orang biasa bisa ga ya? Tenang dulu ya guys, semua akan saya bahas satu per satu supaya Anda paham bagaimana Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram.

Untuk membuat tanda centang biru dapat saya katakan tidak mudah dan cukup sulit, tidak sembarang akun bisa mendapat tanda centang biru tersebut. Namun Anda jangan putus asa dulu ya. Yang pasti apabila Anda orang biasa tetap bisa kok mendapatkan tanda centang biru, asalkan Anda harus benar-benar tahu syarat utama untuk mendapatkan Verified di Instagram. Nah menurut saya syaratnya inilah yang harus membuat Anda benar-benar berjibaku untuk memenuhinya.

Apa itu Tanda Centang Biru?

Arti Centang Biru
Pengertian Tanda Centang Biru

Tanda centang biru yang ada di sebelah kanan nama profil akun Instagram adalah sebuah lencana terverifikasi yang menandakan bahwa Instagram telah mengkonfirmasi keabsahan akun tersebut. Dengan adanya lencana ini akan memudahkan pengguna akun Instagram untuk menemukan tokoh masyarakat, artis, dan merek / brand resmi tertentu. Oleh sebab itu, Instagram biasanya hanya memberikan tanda centang biru kepada akun-akun Instagram milik seseorang atau merek yang sudah populer / terkenal.

Lalu, apakah pengguna Instagram harus memiliki banyak pengikut dulu untuk bisa mendapatkan tanda centang biru ini? Dapatkan saya katakan iya, namun tidak wajib. Dengan banyaknya jumlah pengikut pada akun Instagram, itu berarti menunjukkan seberapa jauh akun tersebut dikenal oleh masyarakat. Sehingga hal itu memudahkan pihak Instagram melakukan proses peninjauan akun, baik melalui Instagram maupun portal berita nasional.

Tanda centang biru di Instagram dapat saya katakan begitu istimewa karena hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan akun pengguna Instagram lainnya. Sejak tahun 2018, Instagram telah mempublikasi di halaman resminya mengenai proses / tata cara untuk bisa mendapatkan verifikasi akun Instagram. Padahal Anda tahu sendiri, sebelumnya Instagram benar-benar merahasiakan apa saja syarat yang diperlukan agar sebuah akun bisa terverifikasi dan memperoleh lencana centang biru. Itu berarti bahwasanya siapa saja bisa mendapatkannya dan sudah pasti secara gratis.

Syarat Mendapatkan Tanda Centang Biru

Syarat Mendapat Centang Biru
Syarat Mendapat Centang Biru

Memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram bukan hal yang dijadikan pedoman oleh pihak Instagram untuk memberikan lencana centang biru kepada akun tersebut. Bahkan saya sendiri sering melihat beberapa akun Instagram yang hanya memiliki beberapa puluh ribu pengikut saja sudah mendapat tanda centang biru. Sesungguhnya ada beberapa syarat tertentu yang dijadikan pedoman oleh pihak Instagram untuk memberikan lencana centang biru. Berikut saya berikan beberapa syarat yang wajib Anda pahami.

Identitas Asli

Syarat pertama tentu akun Instagram Anda tersebut harus jelas, dalam artian jelas identitasnya. Pada saat proses peninjauan akun, pihak Instagram akan menelusuri terlebih dahulu identitas yang Anda miliki, apakah sudah sesuai dengan akun Instagram yang terdaftar atau tidak. Hal ini dilakukan karena di Instagram sendiri sangat banyak sekali terdapat akun-akun fake (penipu) yang bisa saja melakukan aktivitas penipuan melalui sosial media Instagram. Tentu hal ini tidak diinginkan untuk terjadi.

Terkenal

Syarat yang kedua yaitu akun Instagram Anda harus populer (terkenal). Di zaman seperti saat ini, tidak lah harus terlahir sebagai artis untuk menjadi terkenal. Banyak media yang bisa Anda gunakan untuk menjadi populer dan dikenal di berbagai kalangan masyarakat. Contoh: Dita Kerang Nganu yang terkenal gara-gara bermain tiktok, Anda tahu sendiri bagaimana bentukan Dita kan? Tapi dengan memanfaatkan Tiktok, bisa masuk FYP di Tiktok, dia bisa terkenal diundang ke berbagai stasiun televisi.

Selain itu akun Instagram Anda juga bisa mewakili orang, merek/brand, atau entitas yang telah terkenal atau paling banyak dicari oleh masyarakat. Nantinya, Instagram akan meninjau hal ini dari berbagai sumber berita lainnya, apakah kamu benar-benar sudah dikenal masyarakat luas dan juga seberapa terkenal akun atau merek tersebut. Di sisi lain, penilaian kepopuleran sebuah akun memang terbilang subjektif, walau begitu Instagram tentu punya kriteria khusus tersendiri yang tidak dibagikan kepada publik. Intinya buatlah suatu hal yang menarik, belum terpikirkan sama sekali, di dunia nyata maupun dunia maya. Publikasikan hasil karya mu di social media, media online, dan dunia nyata. Buktikan bahwa Anda / brand Anda memiliki nama di luaran sana.

Unik

Unik yang saya maksud disini tentunya mengacu pada hal-hal yang membuat akun Anda berbeda dengan akun Instagram lainnya. Selain itu juga hanya satu akun untuk setiap orang ataupun bisnis yang bisa mendapatkan verifikasi dari Instagram. Tentunya terkecuali bagi akun-akun dengan bahasa tertentu, misalnya akun resmi untuk maskapai penerbangan Air Asia di Indonesia. Oleh karena itu, Instagram tidak akan memverifikasi akun-akun yang mewakili minat umum atau public interest, contohnya akun yang berisi foto atau gambar editan dan meme yang berfungsi sebagai hiburan semata (bukan bisnis ataupun orang terkenal).

Lengkap

Selanjutnya, Instagram akan akan meninjau kelengkapan data yang Anda ajukan. Anda harus melengkapi akun Instagram milikmu dengan biografi unik yang menjelaskan tentang dirimu, foto profil yang jelas, dan minimal satu post di dalam akun. Tak cuma itu, akun Instagram tersebut juga tidak boleh mencantumkan link untuk menambahkan Anda di media sosial lainnya. Kemudian, akun tersebut harus bersifat publik dan tidak boleh private.

Langkah Verifikasi Akun Instagram

Langkah Verifikasi Akun Instagram
Langkah Verifikasi Akun Instagram

Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan tanda centang biru dan syarat-syarat untuk mendapatkan tanda centang biru, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu melakukan proses pengajuan verifikasi ke pihak Instagram. Sebelumnya Anda siapkan terlebih dahulu file scan dokumen KTP / SIM ya. Selain itu, alangkah lebih baiknya Anda memiliki beberapa artikel media nasional yang menguraikan tentang diri pribadi ataupun brand yang Anda miliki. Semakin banyak media nasional yang dipublish itu semakin baik karena itu nantinya akan Anda cantumkan pada saat proses verifikasi.

  • Buka akun Instagram Anda, lalu pilih Pengaturan > Akun
  • Pilih opsi Minta Verifikasi. Maka akan tampil beberapa form yang perlu Anda lengkapi
  • Langkah 1: Konfirmasi keaslian. Tulis nama lengkap Anda dan lampirkan file dokumen pendukung seperti SIM / Paspor / KTP.
  • Langkah 2: Konfirmasi ketenaran. Pilih Kategori yang menunjukan bahwa Anda itu tokoh publik, selebriti, ataupun merk sebuah brand. Pada kolom Pemirsa, silahkan Anda deskripsikan orang-orang yang mengikuti akun Anda. Lalu tulis juga Alias Anda.
  • Langkah 3: Tautan. Nah pada langkah ini silahkan Anda tambahkan tautan sebanyak mungkin. Kalau bisa tautan artikel di media nasional yang menguraikan / menjelaskan tentang diri Anda / brand.
  • Lalu klik Kirim dan selesai

Proses selanjutnya yaitu Instagram akan melakukan proses peninjauan terhadap permohonan verifikasi yang Anda ajukan. Mereka akan mengecek kesesuaian dengan beberapa syarat yang telah ditetapkan dan juga dengan informasi yang ada di lapangan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses verifikasi akun Instagram? Biasanya, Instagram tidak membutuhkan waktu lama, kurang lebih memakan waktu sekitar satu minggu. Apabila pengajuan verifikasi ditolak, kamu bisa mengajukannya kembali melalui permintaan baru 30 hari setelahnya. Jadi saya sarankan pada saat pertama kali mengajukan, pastikan syarat-syaratnya sudah Anda penuhi ya guys dan jangan lupa kalau Anda bukan artis, minimal persiapkan artikel beritanya.

Baik demikianlah penjelasan saya tentang Cara Mendapatkan Centang Biru / Verified di Instagram. Banyak keuntungan yang akan Anda dapat jika akun Instagram sudah terverifikasi, seperti meningkatkan eksistensi Anda, Brand Awardness, dan juga Anda bisa mencoba beberapa fitur unggulan Instagram. Misalnya, Anda bisa memiliki akses fitur Instagram Link (Tautan Instagram) pada bagian Stories. Hanya akun-akun terverifikasi yang bisa menambahkan tautan ke Instagram Stories mereka. Namun, sebenarnya, kamu juga bisa memilikinya tanpa verifikasi. Kamu memerlukan setidaknya 10.000 pengikut sebagai jumlah minimal followers (tanpa verified Instagram) untuk mengakses fitur tersebut. Selamat mencoba ya guys, semoga akun Instagram Anda berhasil mendapat centang biru.

Bagikan:

Leave a Comment