Join us in Telegram

Cara Menampilkan Ruler di Word

Siapa yang tidak tahu MS Word, software pengolah kata terbaik saat ini. Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office yang berfungsi sebagai perangkat lunak pemrosesan teks yang mencakup membuat, mengedit dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau pemrosesan teks adalah program yang digunakan untuk memproses dokumen dalam bentuk teks, seperti huruf, dokumen, brosur, kartu nama, buku, majalah dan lainnya.

Bagi Anda anak kuliahan tentu sudah tidak asing lagi dengan kata MS Word. Saya ingin menanyakan kepada Anda pernahkan Anda membuat dokumen di Word namun ruler (penggaris) yang harus nya ada di sisi atas dan sisi kiri lembar kerja Word Anda itu tidak muncul? Hal tersebut dapat menyebabkan spasi berantakan di Word. Hilangkan penggaris mistar di Word Anda mungkin tida sengaja Anda pernah menonaktifkan fitur ini ataupun pada saat instalasi pertama kali pengaturan awal memang sudah tidak menampilkan ruler di Word.

Contoh Penggaris di Word
Contoh Penggaris di Word

Padahal banyak sekali fungsi ruler di Word ini yang menunjukkan betapa pentinganya ruler di Word. Ada beberapa fungsi utama dari ruler yang dapat membuat dokumen Anda lebih rapi dan terstruktur ketika dibuat, antara lain: mengatur line dan spasi paragraf, mengatur jarak antar kata dalam kalimat, mengatur batas margin dokumen, mengatur batas tabulasi dokumen, termasuk dibutuhkan juga pada saat membuat daftar isi di Word.

Cara Menampilkan Ruler di Word yang akan disampaikan kali ini saya menggunakan Microsoft Office 2019 ya guys, bagi Anda yang masih menggunakan Word 2007, Word 2010, Word 2013, Word 2016 tinggal menyesuaikan saja. Karena pada dasarnya sama saja, pengaturan Ruler biasanya terletak pada Tab Menu View. Baik supaya tidak kelamaan berikut akan saya bagikan Tutorial Ms Word nya.

Cara Memunculkan Ruler di Word

  1. Pertama-tama silahkan Anda buka program MS Word, lalu buat lembar kerja baru disana
  2. Pilih tab menu “View” yang ada di bagian atas Word, maka akan tampil beberapa opsi pengaturan View
  3. Pada opsi Show, silahkan Anda beri tanda centang pada “Ruler
    Pengaturan Ruler Word
  4. Maka ruler (penggaris) akan tampil di lembar kerja Anda.

Setelah Anda mencentang pengaturan “Ruler” tersebut, pada umumnya akan tampil penggaris secara horizontal dan vertikal. Namun tidak semua perangkat Word menampilkan Vertical Ruler. Jika penggaris vertikal Anda tidak tampil berikut saya bagikan tutorialnya bagaimana menampilkan vertical ruler di Word. Silahkan Anda simak baik-baik.

Cara Menampilkan Vertical Ruler di Word

  1. Pada saat lembar kerja Word sudah terbuka, silahkan Anda pilih tab “File” lalu pilih “Options
  2. Maka akan tampil jendela “Word Option“, sampai disini silahkan Anda pilih “Advanced
  3. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan pengaturan “Display
  4. Cari opsi “Show vertical ruler in Print Layout view“, berikan tanda centang pada opsi tersebut
    Cara Memunculkan Penggaris Word
  5. Lalu klik tombol “OK

Cara Mengubah Satuan Inches ke Centimenters di Word

Secara default pengaturan satuan di dalam MS Word menggunakan satuan Inci, karena satuan tersebut bersifat umum dan diberlakukan secara universal di dunia. Namun di negara kita Indonesia lebih cenderung menggunakan satuan Centimeter dalam mengukur benda yang tidak terlalu panjang, lembar kerja Word termasuk di dalamnya. Untuk itu Anda perlu melakukan pengubahan sedikit di Word untuk bisa merubah satuan dari Inches ke Centimeters.

  1. Klik tab menu “File” > “Options“. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela pop-up
  2. Pilih menu “Advanced“, maka akan tampil beberapa pengaturan lanjutan untuk bekerja di Word
  3. Silahkan Anda gulir ke bawah sampai menemukan bagian “Display
  4. Di bagian “Show measurements in unit of” akan ada beberapa jenis satuan yang bisa Anda pilih
  5. Silahkan ganti opsi tersebut dari satuan “Inches” ke “Centimeters
    Cara Merubah Satuan Centimeter Word
  6. Klik tombol “OK

Baik demikianlah tutorial lengkap bagaimana Cara Menampilkan Ruler (Penggaris) di Word baik penggaris horizontal dan penggaris vertikal. Tidak hanya itu saya juga sudah memberikan bagaimana cara merubah satuan di Word menjadi centimeter. Semoga apa yang saya bagikan kali ini bermanfaat untuk Anda terutama yang masih sekolah dan kuliah yang hari-harinya tidak terlepas dengan program Microsoft Word.

Bagikan:

Leave a Comment