Cara Memperjelas Foto yang Blur
Tutorial

Cara Memperjelas Foto yang Blur dengan Aplikasi

Tujuan orang mengambil foto adalah untuk mengabadikan sebuah momen kenangan, baik itu bersama keluarga maupun dengan sahabat. Namun bagaimana jadinya apabila momen paling berkesan yang sudah Anda ambil lewat smartphone hasil fotonya blur. Pasti Anda akan kecewa karena momen seperti itu susah untuk terulang kembali. Apakah ada cara memperjelas foto yang blur?

Tentu saja ada. Teknologi saat ini semakin canggih dan kabar baiknya Anda bisa memperjelas foto blur hasil jepretan hanya melalui aplikasi smartphone. Teruslah membaca artikel ini untuk belajar bagaimana cara memperjelas foto yang blur di Android.

Cara Memperjelas Foto yang Blur

Untuk memperjelas foto blur, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto terbaik di hp Android yang pernah saya share di artikel sebelumnya. Berikut aplikasi yang bisa Anda gunakan:

  1. Adobe Photoshop Express
  2. Adobe Lightroom
  3. VSCO
  4. Afterlight

Mari kita ulas satu per satu aplikasi tersebut dan bagaimana cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi itu.

1. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Tidak hanya dapat digunakan pada PC, kini Adobe Photoshop juga bisa Anda gunakan untuk mengedit foto melalui smartphone. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan bagi pemula berkat tampilan interface minimalis dan petunjuk penggunaan yang lengkap dari Adobe Photoshop Express.

Anda bisa mengikuti langkah demi langkah cara memperjelas foto yang blur menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop Express dari smartphone Anda lalu pilih atau tentukan foto blur yang ingin Anda perjelas.
  • Pada icon menu dibawah pilih Adjust, setelah itu gunakan tools Sharpen. Geser ke kanan indikator sharpen untuk mempertajam foto.
  • Anda bisa menambahkan Auto Enchance untuk lebih memperjelas foto. Setelah itu save hasil edit foto.

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Cara memperjelas foto yang unblur berikutnya bisa menggunakan Adobe Lightroom. Sama dengan aplikasi sebelumnya, Adobe Lightroom juga dikembangkan oleh Adobe namun lebih banyak digunakan untuk retouch foto. Jadi aplikasi ini sangat pas untuk Anda gunakan.

Dengan Adobe Lightroom Anda dapat menerapkan filter cepat atau secara manual untuk menyesuaikan pewarnaan dan pencahayaan pada sebuah foto. Sedangkan untuk memperjelas foto yang blur, Anda bisa ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi Adobe Lightroom, jika belum punya Anda bisa mendownloadnya di Play Store.
  • Pilih foto yang ingin Anda perjelas lalu pilih Detail pada menu panel.
  • Disini akan ada fitur Sharpening, Radius dan Detail. Geser ke kanan indikator Sharpening hingga angka 147 – 150 untuk menajamkan detail foto.
  • Setelah memberi efek Sharpening lanjutkan dengan menggeser Radius ke angka 3.0. Pengaturan ini untuk menyesuaikan berapa banyak piksel disekitar foto yang disesuaikan dengan Sharpening.
  • Geser indikator Detail hingga maksimal untuk mendapatkan foto yang jelas.
  • Terakhir Anda bisa menggunakan fitur Eksposur pada panel menu untuk lebih memperjelas salah satu warna pada foto.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar berikut ini.

Cara Memperjelas Foto yang Blur dengan Adobe Lightroom

Jangan lupa untuk menyimpan hasil editan foto Anda.

3. VSCO

VSCO

Berikutnya Anda bisa menggunakan aplikasi VSCO. Aplikasi ini juga lumayan powerfull untuk memperjelas foto blur dan sangat pas digunakan untuk pemula berkat fitur presetnya yang langsung dapat mengubah foto.

Selain itu, aplikasi ini juga punya berbagai fitur menarik untuk kebutuhan edit foto mulai dari saturasi, pengaturan kontras, white balance, dll.

Untuk memperjelas foto yang buram mengunakan aplikasi VSCO, berikut caranya:

  • Anda bisa mulai dengan menggunakan fitur Clarity. Fitur ini dalam waktu singkat dapat membersihkan foto dan menghilangkan noise dalam jumlah yang banyak. Ini juga akan memperjelas foto yang blur.
  • Apabila foto tampak lebih jelas lanjutkan dengan fitur Sharpen untuk mempertajam foto.
  • Setelah itu Anda juga bisa menggunakan fitur Kontras dan Eksposur untuk meyempurnakan foto Anda.

4. Afterlight

Afterlight

Mirip dengan aplikasi VSCO, Afterlight juga merupakan salah satu aplikasi edit foto yang dapat Anda gunakan untuk memperjelas foto yang blur. Namun Afterlight punya lebih banyak pengaturan dan fungsionalitas yang lebih kompleks dibandingkan VSCO.

Aplikasi ini dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi VSCO, seperti membuat filter sendiri dan eksposur ganda. Karena alasan itu pula aplikasi ini cocok untuk Anda yang menghabiskan banyak waktu untuk mengedit foto. Namun tidak ada salahnya juga bagi pemula apabila ingin coba menggunakan Afterlight untuk memperjelas foto yang blur.

Jika Anda masih ingin mengedit foto menggunakan aplikasi ini, silahkan download aplikasinya di Play Store terlebih dahulu.

Secara garis besar, ada dua tahap yang perlu Anda lakukan apabila ingin memperjelas foto yang blur menggunakan Afterlight.

Pertama, pertajam foto dengan fitur Sharpening. Anda bisa mengatur Sharpening ini ke anka 100 untuk menajamkan foto.

Kedua, perjelas foto menggunakan Clarify. Namun sayangnya fitur atau tools Clarify di Afterlight ini berbayar alias tidak gratis. Anda perlu upgrade membership ke pro dengan biaya Rp 43.500/bln untuk berlangganan. Biaya itu sepadan apabila tujuan Anda ingin belajar menjadi editor foto yang handal.

Sekarang setelah Anda belajar cara memperjelas foto yang blur di hp Android, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan hasil foto yang blur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *