Join us in Telegram

Cara Membuat Watermark di PicsArt

Dahulu watermark yang ditempatkan dalam sebuah foto hanya bisa kita temukan pada hasil jepretan fotografer profesional untuk memberi tanda dalam setiap karya-karya mereka. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini membuat orang dapat dengan mudah membuat atau menambahkan watermark dalam setiap jepretan foto yang diambil baik itu dari kamera profesional maupun kamera ponsel.

Apabila Anda baru saja terjun dalam dunia fotografi dan tidak ingin setiap hasil karya atau jepretan kamera dari ponselmu diklaim oleh orang lain maka artikel ini akan membantu Anda untuk melindunginya. Dalam artikel ini saya akan memberi panduan kepada Anda bagaimana cara membuat watermark di PicsArt.

Anda mungkin belum familiar dengan PicsArt, oleh karena itu saya akan menjelaskan sedikit tentang aplikasi ini mulai dari kelebihannya dan kenapa orang-orang memilih menggunakan PicsArt untuk melindungi hasil jepretan kamera di ponsel mereka.

Aplikasi PicsArt

PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi editor foto dan video paling populer di dunia dengan jumlah unduhan lebih dari 1 milyar baik itu di Play Store atau AppStore dan mendapat berbagai ulasan positif dari para penggunanya. Jadi tidak akan salah apabila Anda memilih menggunakan aplikasi ini dalam membuat watermark.

Selain faktor popularitas, aplikasi ini memang pada dasarnya sangat powerfull digunakan untuk mengedit foto karena punya berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto, diantaranya:

  • Membuat filter dan efek pada foto.
  • Menghapus dan mengganti latar belakang foto.
  • Membersihkan gambar atau sebuah objek yang tidak Anda inginkan dalam sebuah foto.
  • Menambahkan teks ke dalam foto dengan lebih dari 200 pilihan font.
  • Tersedia jutaan gambar yang bisa Anda gunakan secara gratis.
  • Membuat blur diberbagai objek yang Anda inginkan.
  • Memperindah foto selfie Anda dengan mengubah warna rambut, riasan, dll.
  • Memotong dan membalikkan foto sesuai keinginan Anda.
  • Menambah atau membuat stiker sendiri pada sebuah foto.

Dengan berbagai fitur-fitur lengkap pada aplikasi PicsArt tentu akan memudahkan Anda dalam mengedit sebuah foto dan menjadikannya master piece dalam setiap karya-karya photography Anda.

To the point, sekarang bagaimana cara membuat watermark di PicsArt? Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya menginstall aplikasi PicsArt di ponsel Anda. Selanjutnya baca panduan cara membuat watermark dengan menggunakan PicsArt di bawah ini.

Cara Membuat Watermark di PicsArt

Sebelum membuat watermark di PicsArt pastikan Anda sudah punya gambaran watermark seperti apa yang ingin Anda buat. Selain itu, karena ini akan menjadi identitas dalam setiap karya photography Anda maka buatlah seunik mungkin watermark ini sehingga nantinya orang akan mudah mengenali setiap hasil jepretan Anda.

Jika sudah punya konsepnya, berikut cara membuat watermark di PicsArt:

1. Buka aplikasi PicsArt di ponsel Anda. Setelah itu klik tanda (+) berwarna ungu pada bagian bawah layar ponsel Anda untuk memulai project baru.

2. Apabila Anda sebelumnya sudah mempunyai watermark dan hanya ingin menambahkan watermark dalam setiap foto yang dibuat maka Anda dapat langsung menuju ke cara menambahkah watermark di foto. Namun apabila Anda ingin membuatnya dari nol maka lanjutkan membaca langkah demi langkah dalam artikel ini.

3. Scroll ke bawah pada project Anda hingga menemukan Color Backrounds lalu pilih latar belakang transparan. Latar belakang transparan ini nantinya akan membuat watermark lebih mudah disisipkan ke dalam foto karena tidak akan bercampur dengan warna dari objek lain.

4. Pada menu dilayar bawah ponsel Anda pilih Text untuk menambahkan kata atau tulisan pada project Anda.

5. Tuliskan nama yang Anda inginkan untuk watermark, bisa berupa nama brand atau nama website Anda. Tidak usah dulu memikirkan font ataupun warna karena hal itu dapat Anda lakukan pada langkah selanjutnya.

Selesai menulis, klik tanda centang pada pojok kanan atas layar ponsel Anda.

6. Untuk memilih font, klik ikon Font pada pojok kanan bawah layar ponsel Anda lalu gulir ke kanan untuk memilih font apa yang ingin Anda gunakan. Setelah itu klik Apply pada pojok kanan untuk menerapkan font pada desain watermark Anda.

7. Sekarang Anda bisa mengubah warna pada teks yang sudah dibuat dengan cara klik Color pada menu di pojok kiri layar ponsel Anda untuk memilih warna yang paling sesuai. Setelah memilih warna klik Apply pada pojok kanan atas layar ponsel Anda untuk menerapkan warna tersebut pada project.

8. Sampai di sini Anda sebenarnya sudah tahu cara membuat watermark di PicsArt. Sekarang Anda tinggal mengunduh watermark hasil buatan sendiri di ponsel dengan cara klik tanda panah yang mengarah ke bawah untuk menyimpan watermark tersebut.

Karena latar belakangnya transparan jadi Anda akan mudah untuk menyisipkan watermark yang telah Anda buat pada foto hasil jepretan Anda.

Cara Menambahkan Watermark di Foto

Setelah punya watermark tentunya Anda ingin menyisipkannya pada foto-foto hasil karya Anda. Untuk melakukan hal itu, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi PicsArt di ponsel Anda, setelah itu klik tanda (+) untuk membuka menu.
  2. Pada menu yang sedang aktif klik Edit.
  3. Pilih foto yang ingin Anda pasangkan watermark.
  4. Jika foto sudah terbuka, klik Add Photo pada bagian bawah dilayar ponsel Anda. Pilih watermark yang sudah Anda buat sebelumnya lalu klik Add.
  5. Watermark akan tampil diatas foto Anda dan bebas untuk Anda edit mulai dari ukurang hingga menurunkan opacity agar watermark terlihat transparan.
  6. Jika selesai menambah watermark, klik Apply lalu unduh foto yang telah terpasang watermark.

Demikian artikel cara membuat watermark di PicsArt yang dapat dengan mudah Anda praktekkan. Apabila mengalami kendala selama proses pembuatan watermark di PicsArt, silahkan tinggalkan pertanyaanya Anda pada kolom komentar.

Bagikan:

Leave a Comment